Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Caminito del Rey, Jalan Setapak Ekstrem di Dinding Jurang

Caminito del Rey berasal dari awal abad ke-20. Dibangun di antara air terjun Gaitanejo dan El Chorro untuk membawa material dan pekerja pemeliharaan ke bendungan pembangkit listrik tenaga air setempat.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 22 November 2021  |  15:52 WIB
Caminito del Rey - spain.info
Caminito del Rey - spain.info

Bisnis.com, JAKARTA — Caminito del Rey pernah dianggap sebagai salah satu tempat yang paling berbahaya di dunia. Jalan setapak yang berada di dinding jurang ini terletak di Malaga, Spanyol.

Kini seluruh rute telah dipulihkan dengan hati-hati. Meskipun sekarang jauh lebih aman, satu hal tidak berubah adalah pengalaman unik berjalan-jalan di sepanjang jalan setapak yang menggantung lebih dari 100 meter di atas tebing terjal. Pemandangannya yang tak terlupakan ini membuat para pengunjung menyukainya sekaligus untuk menguji adrenalin.

Caminito del Rey berasal dari awal abad ke-20. Dibangun di antara air terjun Gaitanejo dan El Chorro untuk membawa material dan pekerja pemeliharaan ke bendungan pembangkit listrik tenaga air setempat. Pada tahun 1921, Raja Alfonso XIII secara resmi membuka teknik ini, mengambil jalan setapak ke bendungan Conde de Guadalhorce, dan sejak itu dikenal sebagai Caminito del Rey atau "jalan kecil Raja".

Rute Caminito del Rey sangat menantang dari awal hingga akhir. Melintasi tebing, ngarai, dan lembah besar. Kemudian melintasi lanskap Desfiladero de los Gaitanes, sebuah ngarai yang diukir oleh sungai Guadalhorce, dengan tembok setinggi 700 meter.

Daerah ini juga dihuni oleh berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Para pengunjung dapat melihat burung dataran tinggi seperti burung nasar Mesir, burung nasar griffon, atau elang emas, dan mamalia seperti babi hutan dan ibex Iberia.

Jalurnya linier dan hanya mengambil satu arah, menuruni dari utara ke selatan, sebagian di jalur pegunungan dan sebagian lagi di jalan setapak yang ditangguhkan. Panjangnya 7,7 kilometer dan memakan waktu sekitar 3-4 jam berjalan kaki, dari awal di kota Ardales hingga pintu keluar di Álora.

Di awal kamu harus memasuki area resepsionis yang terdapat restoran, beberapa area parkir, dan juga pemberhentian terakhir bus antar-jemput yang membentang di antara ujung utara dan selatan jalan setapak.

Titik awalnya adalah terdapat dua jalur yang mengarah ke kabin kontrol dan bendungan Gaitanejo. Pertama jalur resmi yang lebih panjang yaitu 2,7 kilometer. Dimulai dari Sillón del Rey, satu set bangku batu, meja dan kursi yang pernah digunakan oleh Alfonso XIII, atau melalui terowongan di sebelah restoran. Jalur lainnya lebih pendek, hanya 1,5 kilometer dimulai dengan terowongan pejalan kaki yang lebih kecil 200 meter sebelum restoran.

Di kabin kontrol, pengunjung akan diberi helm pelindung dan diperiksa apakah sepatunya cocok untuk dikenakan. Titik pandang di bendungan Gaitanejo adalah pemandangan gua tempat tinggal Sierra Parda, yang pernah menjadi rumah bagi staf yang bekerja di pembangkit listrik tenaga air.

Setelah mencapai jalan setapak, perjalanan dilanjutkan melalui ngarai Gaitanejo, ngarai yang dikenal sebagai Tajo de las Palomas, dan jembatan gantung, Puente del Rey. Selanjutnya, jalan setapak memasuki ngarai Los Gaitanes melalui jalan setapak yang digantung 100 meter di atas tanah.

Di bentangan ini para pengunjung dapat melihat berbagai pemandangan, yaitu  pohon juniper berusia seratus tahun yang tumbuh di antara bebatuan, "pantai fosil" dengan fosil periode Jurassic, dan balkon kaca yang menonjol dari jalan setapak. Jalur berlanjut ke bentangan terakhir yang berjarak 2,1 kilometer berjalan kaki menuruni bukit ke stasiun kereta api di El Chorro.

Bagaimana? Tertarik untuk menguji adrenalin di sini?


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata traveling
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top