Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bakpia Mutiara, Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Bisa Dibeli Online

Bakpia Mutiara Jogja sendiri memiliki berbagai varian yang dijual, mulai dari bakpia basah dengan rasa kacang hijau, keju spesial, kumbu hitam, cokelat spesial, green tea, hingga oleh-oleh khas lainnya dari DIY – Jawa Tengah
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 November 2021  |  14:55 WIB
Bakpia mutiara
Bakpia mutiara

Bisnis.com, JAKARTA - Mendengar kata bakpia, tentu kita sudah sangat familiar dengan kota Yogyakarta bukan?

Bakpia memang menjadi salah satu oleh-oleh khas dari kota Yogyakarta yang sering diburu para wisatawan. 

Salah satu pengrajin bakpia populer di Yogyakarta, yaitu Bakpia Mutiara. Bakpia Mutiara Jogja ini terkenal akan cita rasanya yang enak, memiliki tekstur lembut, tahan lama meski tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi sangat pas dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau orang-orang tercinta.

Merek bakpia ini mulai diproduksi sejak tahun 2008, saat itu Bakpia Mutiara Jogja masih menjadi usaha rumahan yang hanya dijalani oleh Bapak Suyut dan sang Istri. Pemilik Bakpia Mutiara Jogja dan istri-nya, saat itu hanya mampu memproduksi bakpia sekitar 40 dus sehari.

Namun, karena kegigihannya setelah melewati berbagai perjuangan yang ditempuh. Kini, Bapak Suyut yang dikenal sebagai Pak Yudi, telah memiliki sekitar 80 orang karyawan, 1 pabrik tempat produksi bakpia di daerah Klaten, dan 8 cabang toko Bakpia Mutiara Jogja yang tersebar di beberapa lokasi di kota Yogyakarta dan Klaten.

Pak Yudi mengungkapan alasan ia memproduksi bakpia sendiri, karena sebelumnya ia sempat membuka toko dan menjual bakpia yang saat itu belum ia produksi sendiri. Namun, bakpia tersebut merupakan titipan dari supplier untuk dijual di tokonya. Saat itu, bakpia titipan dari supplier-nya hanya mampu bertahan rata-rata 3-4 hari. Setelah 3-4 hari biasanya bakpia sudah berjamur, tengik dan mengeras, sedangkan peminat dari bakpia tersebut sangat tinggi dan bakpia basah juga menjadi produk andalan yang paling banyak dicari pembeli.

“Jadi kita mencari ide dan mencoba resep bakpia basah yang enak yang bisa bertahan lama dan empuk. Setelah melalui try and error berkali-kali, akhirnya kita bisa memproduksi bakpia basah yang tahan hingga 7-9 hari di suhu ruangan dan rasanya tetap enak,” ungkap Yudi.

Yudi juga mengungkapkan, banyak pelanggan yang menilai Bakpia Mutiara Jogja rasanya enak lembut, renyah, dan tidak pero (pero artinya saat digigit isinya berhamburan dan berjatuhan sehingga kadang membuat malas makan bakpia), sehingga beliau semakin mantap untuk mengembangkan usahanya.

Bakpia Mutiara Jogja sendiri memiliki berbagai varian yang dijual, mulai dari bakpia basah dengan rasa kacang hijau, keju spesial, kumbu hitam, cokelat spesial, green tea, hingga oleh-oleh khas lainnya dari DIY – Jawa Tengah. Saat ini, Bakpia Mutiara Jogja juga sedang mengadakan promosi iPhone pada halaman website-nya di www.bakpiamutiarajogja.com/iphone, yang tidak boleh ketinggalan setiap bulannya. Karena Bakpia Mutiara Jogja sering mengadakan undiannya setiap 1 bulan sekali.

Untuk pecinta bakpia yang belum bisa berkunjung langsung ke daerah Yogyakarta maupun Klaten tapi ingin menyantap Bakpia Mutiara Jogja ini, tentu tidak perlu khawatir. Karena Bakpia Mutiara Jogja juga bisa dipesan secara online yang aman dan tahan lama untuk dikirim ke luar kota tanpa perlu khawatir produknya kadaluwarsa. Anda dapat memesan di berbagai marketplace terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, maupun Blibli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta bakpia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top