Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu
Travel

10 Tempat dengan Nama Terpanjang di Dunia

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 19 November 2021 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Penamaan sebuah tempat menjadi penting agar mudah diingat orang banyak.

Bahkan ada nama tempat yang hanya memiliki satu huruf agar penulisan alamat cukup cepat dan mudah. Namun bagaimana dengan nama-nama tempat dengan nama terpanjang?

Berikut 10 nama tempat terpanjang di dunia dilansir dari Mental Floss, beserta asal-usulnya.

1.    Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu di Selandia Baru

Nama tempat terpanjang di dunia membutuhkan tanda yang cukup besar karena memiliki 85 huruf dan mengacu pada sebuah bukit di Pulau Utara Selandia Baru yang dinamai menurut legenda lokal yang terkenal. Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu adalah ungkapan Maori yang diterjemahkan menjadi “tempat Tamatea, pria dengan lutut besar, yang meluncur, mendaki dan menelan gunung, yang dikenal sebagai 'landeater', memainkan serulingnya kepada kekasihnya.” Tamatea adalah nama seorang pejuang legendaris Selandia Baru, dan musik yang dia mainkan adalah untuk meratapi kehilangan saudaranya dalam pertempuran. Taumata juga merupakan istilah tradisional Maori untuk bukit atau puncak.

2.      Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch di Wales

Nama tempat terpanjang kedua di dunia adalah 58 huruf, terletak di pulau Ynys Môn (dikenal sebagai Anglesey dalam bahasa Inggris), di lepas pantai Wales. Namanya diterjemahkan menjadi "St. Gereja Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air yang deras dan Gereja Saint Tysilio di gua merah.” Nama asli desa itu adalah Llanfair Pwllgwyngyll yang diperpanjang pada tahun 1860-an dalam upaya untuk menarik lebih banyak wisatawan ke daerah tersebut. Situs resmi desa ini juga mengklaim sebagai URL terpanjang di dunia.

3.      Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg di Massachusetts

Nama tempat terpanjang di Amerika Serikat ini adalah sebuah danau di Webster, Massachusetts. Penduduk setempat sangat bangga dengan nama danau yang terdiri dari 45 huruf itu. Bahkan, upaya untuk mengubahnya di tahun 1950-an dibatalkan. Danau ini adalah ekspresi Nipmuc, bahasa itu milik penduduk asli Nipmuc yang sekarang bernama Massachusetts. Danau ini dinamai setelah kedatangan penjajah dari Inggris, dan itu diterjemahkan menjadi "penebang pisau Inggris dan Indian Nipmuck di perbatasan atau tempat pemancingan netral."

4.      Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein di Afrika Selatan

Di Provinsi Barat Laut Afrika Selatan, kamu akan menemukan sebuah peternakan bernama panjang ini. Sebuah nama Afrikaans yang berarti “Mata air di mana dua ekor kerbau disembelih dengan satu tembakan.” (Nama itu juga mengilhami judul sebuah lagu oleh musisi Afrika Selatan Anton Goosen.) Bahasa Afrikaans telah menghasilkan sejumlah kata panjang lainnya, yang terpanjang adalah 136 huruf: Tweedehandsemotorverkoopsmannevakbondstakingsvergaderingsameroeperstoespraakskrywerspersverklaringuitreikingsmediakonferensieaankondiging yang artinya “pengumuman di konferensi pers yang dapat direferensikan tentang pidato penyelenggara pada pertemuan pemogokan serikat dealer mobil bekas.”

5.      Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea di Spanyol

Tempat ini adalah sebuah desa di wilayah Navarra, Spanyol. Panjangnya 39 huruf, dan dalam bahasa Inggris namanya berbunyi sebagai “The low field of high pen of Azpilkueta” yang artinya bidang rendah dari dataran tinggi Azpilkueta.  Nama ini diambil dari bahasa Basque (juga dikenal sebagai Euskara) yang merupakan bahasa tertua di Eropa. Ini juga merupakan misteri linguistik. Basque tidak memiliki hubungan yang diketahui dengan bahasa lain, dan ahli bahasa tidak dapat melacak asal-usulnya. Oleh karena itu ia dikenal sebagai "bahasa yang terisolasi."

6.      Teritsiputeritsipuolilautatsijänkä di Finlandia

Rawa yang memiliki nama panjang dengan 35 huruf ini tidak memiliki arti. Rawa ini terletak di daerah Savukoski di Lapland, Finlandia, daerah hutan belantara paling terpencil di negara ini. Ada rusa kutub 10 kali lebih banyak yang hidup di sana daripada manusia. Sebuah bar di wilayah itu kemudian diberi nama yang sama. Itu dibuat untuk tanda pub yang menarik, tetapi ditutup pada tahun 2006.

7.      Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik di Kanada

Nama tempat terpanjang di Kanada adalah danau untuk memancing ikan trout. Tercermin dalam nama 31 hurufnya, ekspresi bahasa Cree yang berarti “tempat ikan trout liar ditangkap dengan cara memancing dengan kail”. Dalam beberapa tahun terakhir, ada desakan di wilayah Manitoba di Kanada untuk mencatat nama asli daerah tersebut dan mencocokkannya kembali dengan lokasi yang kemudian diganti namanya.

8.      Venkatanarasimharajuvaripeta di Indonesia

Dengan terjemahan Kota Venkatanarasimharaju, tempat ini adalah sebuah stasiun kereta api di negara bagian Andhra Pradesh di India. Nama sepanjang 28 huruf adalah ekspresi Telugu, bahasa yang digunakan di seluruh negara bagian. Terkadang diperpanjang hingga 31 huruf, karena penduduk setempat sering menyebut stasiun tersebut sebagai Srivenkatanarasimharajuvaripeta. Meskipun ini adalah stasiun kereta api nama tunggal terpanjang di India, nama terpanjang yang melibatkan banyak kata adalah Puratchi Thalaivar Dr. M.G. Ramachandran Central Railway Station terletak di Tamil Nadu.

9. Bovenendvankeelafsnysleegte di Afrika Selatan

Karoo, wilayah gurun di Afrika Selatan, adalah wilayah luas yang mencakup bagian negara yang setara dengan seluruh Jerman. Sebuah peternakan di wilayah ini memegang gelar nama tempat terpanjang kesembilan di dunia. Itu terletak 3028 kaki (923 meter) di atas permukaan laut, dan nama 27 hurufnya adalah ekspresi Afrikaans yang diterjemahkan menjadi "ujung atas lembah yang terpotong."

10.  Mamungkukumpurangkuntjunya di Australia

Nama terpanjang kesepuluh ini merupakan nama tempat tunggal terpanjang di Australia. Tempat ini adalah sebuah bukit di Kawasan Konservasi Adat Antara-Sandy Bore di Australia Selatan. Nama 26 huruf tersebut diterjemahkan menjadi “tempat setan buang air kecil” dan berasal dari bahasa Aborigin Pitjantjatjara, yang dituturkan di wilayah tersebut oleh orang Pitjantjatjara (yang juga menyebut diri mereka sebagai Anangu).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro