Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alternatif Liburan Seru di tengah Pandemi? Coba Sewa Campervan

Berkemah menggunakan campervan mulai populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut tentu saja tak terlepas dari masifnya pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol di Jawa dan Sumatra.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 November 2021  |  10:50 WIB
Daihatsu Granmax yang telah disulap menjadi Campervan siap menemani liburan akhir pekan.  - Bisnis/Rezha Hadyan
Daihatsu Granmax yang telah disulap menjadi Campervan siap menemani liburan akhir pekan. - Bisnis/Rezha Hadyan

Bisnis.com, JAKARTA — Berkemah menggunakan campervan bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang bisa Anda coba bersama keluarga atau sahabat.

Berkemah menggunakan campervan mulai populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut tentu saja tak terlepas dari masifnya pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol di Jawa dan Sumatra.

Tak sedikit keluarga yang menyulap mobil miliknya menjadi sebuah campervan. Tentu saja, mobil yang dapat diubah menjadi campervan adalah mobil dengan kabin luas seperti minibus.

Tak perlu khawatir jika Anda tak punya minibus atau tak punya dana cukup untuk menyulapnya jadi campervan. Karena kini sudah tersedia layanan penyewaan campervan dengan harga cukup terjangkau.

Bahkan, campervan tersebut bisa Anda kendarai sendiri atau disewa tanpa pengemudi. Dengan demikian, liburan kalian bisa menjadi lebih aman dan nyaman karena sifatnya privat.


Ruang kabin Daihatsu Granmax yang telah disulap menjadi campervan. /Bisnis-Rezha Hadyan

Salah satu layanan penyewaan campervan yang ada di Tanah Air adalah Jakarta Campervan. Jakarta Campervan punya 10 campervan berbasis Daihatsu Granmax yang bisa disewa dengan harga Rp750.000 per hari.

Menurut Yoyok, pemilik Jakarta Campervan, campervan miliknya dapat disewa kemana saja dengan minimal waktu penyewaan dua hari atau 2x24 jam. Tentu saja, biaya tersebut belum termasuk dengan bahan bakar dan biaya lain-lainnya yang harus dikeluarkan selama perjalanan atau saat berada di tempat wisata.

"Lepas kunci, jadi biar lebih privat. Mobilnya ini basisnya [Daihatsu] Gran Max bertransmisi otomatis. Jadi lebih mudah dikendarai oleh siapa saja," tuturnya kepada Bisnis di sela-sela penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2021 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11/2021).

Adapun, fasilitas yang tersedia dalam campervan tersebut adalah karaoke, microwave, kitchen set lengkap dengan tempat mencuci peralatan makan (kitchen sink), lemari pendingin, dan pendingin udara. Campervan tersebut bisa digunakan untuk tidur oleh empat orang dewasa apabila sofa yang di bagian belakang dilipat sepenuhnya.

"Ini tidak ada toiletnya karena bukan motorhome. Kalau yang lengkap [fasilitasnya] itu namanya motorhome. Bagian atapnya mobil kami ini juga ada pop-up-nya atau bisa dibuka," paparnya.



Campervan dilengkapi dengan dapur kecil untuk menambah kenyamanan selama perjalanan. /Bisnis-Rezha Hadyan

Yoyok menyebut tak ada syarat khusus bagi siapapun yang ingin menyewa campervan di Jakarta Campervan. Dia mengaku punya cara tersendiri untuk mengetahui mana calon penyewa yang akan menggunakan mobilnya untuk berlibur atau keperluan lain.

"Biasanya kami wawancara dulu, kalau ada yang mencurigakan atau kami enggak sreg ya ditolak halus. Misalnya, orang yang nanya maksimal kapasitas berapa bisa buat banyak orang dan mengaku mau menginap di hotel itu kami tolak. Itu biasanya dipakai buat angkut orang banyak bukan menginap," ungkapnya.

Sebagai catatan, di campervan milik Jakarta Campervan semuanya tidak menyediakan genset. Kebutuhan listrik dipasok melalui kabel khusus dari sumber listrik terdekat saat mobil diparkir.

"Di beberapa tempat sudah ada campevan site, contoh yang bagus ada di Sariater. Nah itu ada saluran buat listriknya. Harapannya yang seperti itu makin banyak. Karena kalau pakai genset ini sudah berisik terus polusi juga," paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daihatsu Liburan GIIAS 2021
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top