Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Fakta Atacama Desert, Gurun Tertua dan Terkering di Dunia

Berikut 10 fakta menarik mengenai Gurun Atama yang menarik disimak, jika suatu saat Anda ingin mengunjunginya.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 November 2021  |  15:44 WIB
10 Fakta Atacama Desert, Gurun Tertua dan Terkering di Dunia
Gurun Atacama - NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Atacama desert atau Gurun Atacama adalah sebuah dataran tinggi yang terletak di Amerika Selatan.

Dalam bahasa Spanyol, Desierto de Atacama, terdiri dari sebidang tanah seluas 1.000 kilometer di pantai Pasifik, sebelah barat pegunungan Andes.

Menurut perkiraan, Gurun Atacama menempati 105.000 kilometer persegi, atau 128.000 kilometer persegi jika lereng bawah Andes yang tandus disertakan. Sebagian besar gurun terdiri dari medan berbatu, danau garam (salares), pasir, dan lava felsic yang mengalir ke arah Andes.

Berikut 10 fakta mengenai Gurun Atama yang menarik disimak seperti dilansir dari quasarex:

1. Gurun Terkering di Dunia

Studi yang dilakukan oleh NASA telah menyimpulkan bahwa gurun ini adalah gurun terkering di dunia. Empat tahun telah tercatat tanpa curah hujan. Bukti menunjukkan bahwa Gurun Atacama mungkin tidak memiliki curah hujan yang signifikan dari tahun 1570 hingga 1971.

2. Curah Hujan Kecil

Curah hujan rata-rata di wilayah ini adalah sekitar 1 mm per tahun. Beberapa lokasi di gurun tidak pernah memiliki curah hujan sama sekali. Secara geografis, kegersangan Atacama dijelaskan karena terletak di antara dua rantai pegunungan (Andes dan Kosta Chili) dengan ketinggian yang cukup untuk mencegah adveksi kelembaban baik dari Samudra Pasifik atau Atlantik.

3. Tanah yang Steril

Andes dan Kosta Chili, pegunungan yang mengelilingi gurun ini menciptakan penyumbatan kelembaban. Sehingga Gurun Atacama menjadi semacam zona kematian bagi tumbuh-tumbuhan, merampas tanah air dan nutrisi.

4. Suplai Natrium Nitrat Terbesar di Dunia

Wilayah ini merupakan penyuplai natrium nitrat alami terbesar, yang antara lain dapat digunakan untuk memproduksi pupuk dan bahan peledak. Pasokan natrium nitrat terbesar, juga dikenal sebagai emas putih, di Gurun Atacama

5. Tanah Terestrial

Sampel tanah dari wilayah ini sangat mirip dengan sampel dari Mars. NASA menggunakan gurun ini untuk menguji instrumen untuk misi ke planet merah. Gurun Atacama juga telah digunakan sebagai lokasi syuting adegan Mars, terutama dalam serial televisi Space Odyssey: Voyage to the Planets.

6. Sengketa Tanah

Pada akhir 1800-an, Chili dan Bolivia memperdebatkan tanah ini di Perang Pasifik. Karena kedua negara mengklaim sebagai pemilik sah dari wilayah ini yang, seperti disebutkan di atas, memiliki potensi pertambangan yang sangat besar. Pada akhir perang, akhinya Chili menguasai seluruh wilayah.

7. Suhu Ekstrim

Pada siang hari, suhu di gurun bisa mencapai sekitar 40º C dan pada malam hari suhu ini bisa turun hingga 5º C. Iklimnya luar biasa sepanjang tahun, dengan lebih dari 90% hari cerah. Selama 10 hingga 12 malam setiap bulan kamu dapat melihat bintang-bintang bersinar dengan udara segar dan sedikit awan.

8. Mumi Chinchorro

Sisa-sisa mumi buatan tertua telah ditemukan di Gurun Atacama. Mumi-mumi ini mendahului mumi Mesir ribuan tahun, dan kurangnya kelembaban yang ekstrim membantu dalam pengawetan sampel-sampel ini. Mumi paling awal yang telah ditemukan di Mesir bertanggal sekitar 3000 SM, sedangkan mumi tertua yang ditemukan dari Gurun Atacama bertanggal sekitar 7020 SM.

9.  Kehadiran Salju

Meskipun ini adalah gurun terkering di dunia dan suhu tinggi di siang hari, puncak-puncak tertinggi di gurun ini tertutup oleh salju. Hal ini terjadi karena pada puncak tertinggi gurun, suhu tingginya tidak terlalu parah.

10. Astronomi

Gurun Atacama adalah salah satu dari sedikit lokasi di dunia dengan 300+ hari langit cerah dalam setahun, tanpa polusi cahaya dan ketinggiannya, menjadikannya tempat terbaik di dunia untuk observatorium. Dalam beberapa tahun terakhir, gurun ini telah menjadi rumah bagi teleskop darat terbesar di dunia, ALMA, di mana studi tentang pembentukan bintang dilakukan dengan bantuan gambar yang ditangkap oleh 66 teleskop radio.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata tgurun
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top