Snorkling di Pulau Kakaban/indonesia.go.id
Travel

Berbentuk Seperti Pembuka Botol, Pulau Kakaban di Kalimantan Timur Ini Penuh Keunikan

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 10 November 2021 - 20:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Berbicara mengenai destina wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang belum diketahui banyak orang adalah Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki luas 774 hektar dengan pemandangan yang sungguh indah. Sementara kedalaman danaunya 11 hingga 17 meter dan diselimuti alga hijau laut.

Ciri khas dari pulau ini adalah adanya danau besar yang terkurung oleh daratan, membentuk hampir dua pertiga dari pulau ini sehingga berbentuk seperti pembuka botol. Danau payau ini hidup dengan beberapa spesies biota laut endemik, termasuk jutaan ubur-ubur tanpa sengat.

Pulau Kakaban adalah salah satu dari 31 pulau milik kepulauan Derawan, yang meliputi Sangalaki, Maratua dan Derawan. "Kakaban" berasal dari sebuah kata dalam dialek lokal yang berarti "peluk", karena cara pulau berbentuk 9 ini "memeluk" danau di tengahnya. Danau Kakaban telah dinyatakan sebagai cagar alam pemerintah dan telah dinominasikan sebagai World Heritage Zone (Zona Warisan Dunia).

Ekosistem danau ini sangat mirip dengan laut lepas. Air laut yang ada bercampur dengan air hujan dan air tanah sehingga menciptakan habitat unik yang menyebabkan makhluk di dalamnya berevolusi. Salah satu contohnya adalah ubur-ubur kotak. Ubur-ubur jenis ini menyusut hingga hampir sepertiga ukuran normalnya.

Selain itu, ada anemon putih yang telah berevolusi menjadi predator ubur-ubur pasif. Delapan spesies ikan, teripang, bunga karang, kepiting, ular, dan kerang oranye ungu atau kuning juga tinggal di surga biologis ini

Bagaimana cara untuk pergi ke sana? Kamu bisa menaiki pesawat ke Berau, Bandara Kalimarau dengan menaiki satu maskapai penerbangan antara Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, atau Kalstar Aviation.

Sesampainya di Berau, kamu bisa menyewa speedboat ke Pulau Derawan dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Cara selanjutnya jika menggunakan jalur darat akan menempuh waktu perjalanan sekitar 12 sampai 15 jam, menuju Kabupaten Berau dengan menggunakan mobil travel. Jam operasional Pulau Kakaban sendiri dibuka setiap hari selama 24 jam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro