Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berbentuk Seperti Pembuka Botol, Pulau Kakaban di Kalimantan Timur Ini Penuh Keunikan

Ciri khas dari pulau ini adalah adanya danau besar yang terkurung oleh daratan, membentuk hampir dua pertiga dari pulau ini sehingga berbentuk seperti pembuka botol. Danau payau ini hidup dengan beberapa spesies biota laut endemik, termasuk jutaan ubur-ubur tanpa sengat.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 November 2021  |  20:59 WIB
Snorkling di Pulau Kakaban - indonesia.go.id
Snorkling di Pulau Kakaban - indonesia.go.id

Bisnis.com, JAKARTA— Berbicara mengenai destina wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata yang belum diketahui banyak orang adalah Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki luas 774 hektar dengan pemandangan yang sungguh indah. Sementara kedalaman danaunya 11 hingga 17 meter dan diselimuti alga hijau laut.

Ciri khas dari pulau ini adalah adanya danau besar yang terkurung oleh daratan, membentuk hampir dua pertiga dari pulau ini sehingga berbentuk seperti pembuka botol. Danau payau ini hidup dengan beberapa spesies biota laut endemik, termasuk jutaan ubur-ubur tanpa sengat.

Pulau Kakaban adalah salah satu dari 31 pulau milik kepulauan Derawan, yang meliputi Sangalaki, Maratua dan Derawan. "Kakaban" berasal dari sebuah kata dalam dialek lokal yang berarti "peluk", karena cara pulau berbentuk 9 ini "memeluk" danau di tengahnya. Danau Kakaban telah dinyatakan sebagai cagar alam pemerintah dan telah dinominasikan sebagai World Heritage Zone (Zona Warisan Dunia).

Ekosistem danau ini sangat mirip dengan laut lepas. Air laut yang ada bercampur dengan air hujan dan air tanah sehingga menciptakan habitat unik yang menyebabkan makhluk di dalamnya berevolusi. Salah satu contohnya adalah ubur-ubur kotak. Ubur-ubur jenis ini menyusut hingga hampir sepertiga ukuran normalnya.

Selain itu, ada anemon putih yang telah berevolusi menjadi predator ubur-ubur pasif. Delapan spesies ikan, teripang, bunga karang, kepiting, ular, dan kerang oranye ungu atau kuning juga tinggal di surga biologis ini

Bagaimana cara untuk pergi ke sana? Kamu bisa menaiki pesawat ke Berau, Bandara Kalimarau dengan menaiki satu maskapai penerbangan antara Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, atau Kalstar Aviation.

Sesampainya di Berau, kamu bisa menyewa speedboat ke Pulau Derawan dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Cara selanjutnya jika menggunakan jalur darat akan menempuh waktu perjalanan sekitar 12 sampai 15 jam, menuju Kabupaten Berau dengan menggunakan mobil travel. Jam operasional Pulau Kakaban sendiri dibuka setiap hari selama 24 jam.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pulau destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top