Ilustrasi perempuan siap-siap bepergian saat pandemi Covid-19/Freepik
Travel

5 Tips Liburan Akhir Tahun Aman saat Pandemi Covid-19

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 10 November 2021 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pelonggaran level PPKM di beberapa wilayah membuat minat masyarakat untuk berwisata kembali meningkat. Simak 5 tips liburan akhir tahun agar tetap aman saat pandemi Covid-19.

Liburan atau traveling selama masa pandemi sangat berbeda dengan yang biasa kita lakukan. Pasalnya, ada protokol kesehatan tambahan yang harus kita lalui sebelum berwisata, seperti melampirkan sertifikat vaksinasi, bukti hasil tes PCR atau antigen Covid-19, serta karantina untuk mencegah penularan virus Corona.

Karena itu, penting bagi Anda dan keluarga mengikuti aturan dan protokol kesehatan terbaru untuk memastikan perjalanan yang aman.

Berikut 5 tips dari para ahli gara Anda dan keluarga dapat menjalani liburan akhir tahun yang aman saat pandemi Covid-19 seperti dikuti dari Travel Daily Media, Rabu (10/11/2021).

1. Pastikan Level Covid-19 di Daerah Tujuan Wisata

Meskipun sudah divaksinasi, Anda wajib memastikan tingkat atau level Covid-19 di daerah tujuan wisata, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Jika angka Covid-19 tinggi, hal tersebut menimbulkan risiko lebih besar bagi Anda dan keluarga tertular virus Corona.

2. Ketahui Batasan

Saat berada di tempat tujuan, Anda akan mendapati pembatasan aktivitas atau level PPKM yang mungkin berbeda dari tempat tinggal Anda. Cari tahu syarat akivitas di wilayah tersebut, termasuk aturan makan di tempat (dine in), pusat perbelanjaan, atraksi atau tempat wisata, dan aturan lainnya.

3. Rencanakan Tes Covid-19 (PCR atau Antigen)

Sebelum pergi liburan akhir tahun, Anda harus memastikan kebutuhan hasil tes Covid-19 sebagai salah satu syarat perjalanan. Cek kembali aturan yang berlaku sebelum melakukan tes PCR atau Antigen lewat informasi resmi, baik dari pemerintah maupun maskapai penerbangan.

Perencanaan yang matang bisa mengurangi kecemasan dan menghemat biaya karena Anda tidak perlu melakukan tes Covid-19 pada menit-menit terakhir.

4. Jaga Jarak di Pesawat

Mengacu pada data, virus Covid-19 tidak mudah menyebar di dalam pesawat. Pasalnya, udara terus disaring dan bersirkulasi di kabin. Namun, penerbangan yang padat dapat mempersulit jaga jarak (social distancing) sehingga penting untuk membatasi kontak dan mengenakan masker selama penerbangan.

Alih-alih menggunakan boarding pass kertas atau menyerahkannya kepada staf untuk diperiksa, pilihlah boarding pass elektronik yang dapat Anda tampilkan melalui gadget.

5. Pilih Aktivitas Aman

Pilihlah aktivitas yang aman setelah tiba di destinasi wisata. Saat memasuki dan meninggalkan fasilitas atau tempat apa pun, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan bersih setidaknya selama 20 detik menggunakan air sabun atau hand sanitizer. Jangan lupa untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan sanitasi selama liburan akhir tahun ini.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro