Ilustrasi seorang barista menunjukkan kopi buatannya/Freepik.com
Kuliner

Mengenal Jenis Kopi di Indonesia dan Karakteristiknya

Setyo Puji Santoso
Rabu, 10 November 2021 - 10:39
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Siapa yang tidak kenal kopi, minuman yang identik dengan warna hitam pekat dan kaya manfaat ini pasti setiap orang sudah pernah mencicipinya.

Di Indonesia sendiri, dikenal sebagai produsen kopi terbesar di dunia.

Sehingga tak heran jika terdapat berbagai jenis kopi yang memiliki cita rasa dan karakteristik yang berbeda pula.

Berikut ini sederet jenis kopi di Indonesia yang perlu diketahui.

Kopi Toraja

Di daerah paling barat di Indonesia, terdapat dua jenis kopi yang diproduksi, yaitu kopi jenis Arabika dan Robusta. Sedangkan yang paling terkenal dari Aceh adalah kopi Gayo Arabika-nya yang digadang-gadang sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.

Dikutip dari laman nescafe.com, karakteristik yang paling kuat milik kopi Aceh Gayo ini adalah aromanya yang sangat tajam.

Selain itu, kopi Gayo tidak memberi bekas rasa pahit yang lekat di lidah setelah meminumnya, berbeda dengan kebanyakan jenis kopi lainnya yang meninggalkan aftertaste pahit. Inilah alasan mengapa banyak orang sangat menikmati kopi Aceh Gayo.

Kopi Lampung

Berbeda dengan Aceh Gayo yang lebih terkenal dengan jenis kopi Arabikanya, kopi Lampung justru sangat mengunggulkan kopi jenis Robusta.

Karakteristik yang sangat terasa dari kopi nusantara asal Lampung teksturnya yang halus, namun rasanya yang cukup kuat. Metode dry processing yang digunakan dalam pengolahan biji kopi Lampung ini pun diyakini sebagai asal mula cita rasa dan karakteristik yang kuat di dalamnya.

Kopi Jawa

Produksi biji kopi Jawa umumnya dilakukan dengan metode wet processing sehingga cita rasanya mungkin sedikit berbeda dan tidak sekuat biji kopi yang dihasilkan di Sumatera atau Sulawesi.

Meskipun begitu, jenis kopi Arabika ini sangat dinikmati karena rasanya yang dinilai ‘seimbang’.

Tingkat keasaman yang medium dan kekentalan yang nggak terlalu pekat menjadi serta semilir aroma rempah yang dihasilkan, membuat ciri khas sendiri saat menenggaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro