Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapan Black Friday 2021 Berlangsung?

Black Friday adalah salah satu hari belanja tersibuk di AS. Ada dua teori populer mengapa hari setelah Hari Thanksgiving disebut Black Friday.
Ayyubi Kholid Saifullah
Ayyubi Kholid Saifullah - Bisnis.com 04 November 2021  |  19:09 WIB
Pesta diskon - Istimewa
Pesta diskon - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Black Friday berasal dari Amerika Serikat. Karena Thanksgiving selalu jatuh pada Kamis keempat di bulan November, Jumat berikutnya sering dianggap sebagai hari libur tidak resmi.  

Karena banyak orang tidak bekerja, toko-toko menurunkan harga hanya untuk satu hari, untuk memulai musim Natal. 

Black Friday adalah salah satu hari belanja tersibuk di AS. Ada dua teori populer mengapa hari setelah Hari Thanksgiving disebut Black Friday. Salah satu teori adalah bahwa roda kendaraan dalam lalu lintas padat pada hari setelah Hari Thanksgiving meninggalkan banyak tanda hitam di permukaan jalan, yang mengarah ke istilah Black Friday.

Teori lainnya adalah bahwa istilah Black Friday berasal dari cara lama pencatatan akun bisnis. Kerugian dicatat dengan tinta merah dan keuntungan dengan tinta hitam. Banyak bisnis, terutama bisnis kecil, mulai menghasilkan keuntungan sebelum Natal. Banyak yang berharap untuk mulai menunjukkan keuntungan, ditandai dengan tinta hitam, pada hari setelah Hari Thanksgiving.

Toko-toko di Inggris sejak itu mengikuti tren ini dan secara bertahap pada tahun 2010 dan 2013 Black Friday secara bertahap membangun momentum di Inggris. Pada tahun 2014, Black Friday menjadi puncak hari penjualan online pra-Natal

Tahun ini, Black Friday jatuh pada hari Jumat 26 November 2021. Namun, dalam beberapa tahun terakhir banyak penjual mulai menawarkan penawaran dari awal bulan.

Meluncurkan penjualan Black Friday awal adalah upaya untuk mendorong orang melakukan belanja liburan mereka dari sekarang dan menghindari penundaan pengiriman. Walaupun, menyebabkan beberapa mengubah penamaannya menajadi 'November Hitam'.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diskon belanja online
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top