Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rekomendasi Wisata Kebugaran untuk Liburan Tahun 2022

Wisata kebugaran atau yang dikenal juga sebagai wellness tourism, didefinisikan sebagai  aktivitas utama yang dilakukan traveller untuk mengunjungi tempat-tempat kebugaran.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 November 2021  |  11:22 WIB
Wisata Kebugaran - pegipegi
Wisata Kebugaran - pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata kebugaran menjadi tren di era pandemi.

Ini karena banyak orang yang mulai memperhatikan masalah kesehatan agar terhindar dari penyakit terutama covid-19.

Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis wisata kebugaran. Menurut data kemenkes, sebuah buku panduan perjalanan bernama Lonely Planet sempat menetapkan Indonesia di rangking 7 sebagai “Top 10 Countries Best in Travel” pada tahun 2018. 

Perjalanan wisata menjadi bagian yang tak pernah terlepas dalam kehidupan. Identik dengan kesan beristirahat dan rileks sejenak, kini tak sedikit dari masyarakat yang berwisata untuk mulai mencari pengalaman yang berbeda. Baik untuk mendapatkan ketenangan dari ingar bingar perkotaan, menguatkan nilai spiritualitas, atau melakukan perjalanan yang berdampak pada sustainable tourism.

Wisata kebugaran atau yang dikenal juga sebagai wellness tourism, didefinisikan sebagai  aktivitas utama yang dilakukan traveller untuk mengunjungi tempat-tempat kebugaran. Seperti spa, relaksasi, kuliner sehat, dan masih banyak lagi lainnya. Aktivitas ini bertujuan dalam menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, dan mendapatkan keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa.

Sejak tahun 2019, destinasi wisata kebugaran sebenarnya sudah mulai dikembangkan pada saat itu. Sekarang, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong kembali pengembangan wellness tourism untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Bertepatan dengan pandemi COVID-19 yang melanda, demikian juga wisata kebugaran cenderung mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi.

Rekomendasi Destinasi yang Wajib Anda Jelajahi rekomendasi Pegipegi :

1. Wisata Yoga La Joya, Bali

Apakah Anda pernah merasakan yoga dikelilingi langsung dengan pemandangan alam? Kalau belum, Anda dapat mencoba wisata yoga di La Joya, Bali. Terletak di daerah Jimbaran, Anda dapat mengikuti kelas yoga baik untuk pemula maupun profesional. Anda akan disambut dengan ketenangan dan keasrian berkat suasana plus pemandangan yang menghadap langsung ke pantai dan tumbuhan hijau nan subur saat berolahraga. 

Lokasi: La Joya - Balangan Resort, Jalan Pantai Balangan, Jimbaran, Bali 

2. Wisata Spa Jeeva Klui Resort, Lombok

“Santai dan menyegarkan”, dua kata yang tepat menggambarkan pengalaman wisata di Jeeva Klui Resort. Memiliki fasilitas bernama Jeevaniya Spa, Anda akan merasakan tubuh, pikiran, dan jiwa serasa di re-charge kembali. Terapi spa dapat dipadukan dengan berbagai layanan lain seperti lulur, pijat tradisional, manicure, hingga sauna. Anda juga akan disuguhkan ruang spa yang menghadap langsung ke Selat Lombok dan pegunungan Bali. 

Lokasi: Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

3. Wisata Pemandian Air Panas Maribaya, Lembang

Kalau Anda ke Bandung, pasti banyak orang yang menyarankan untuk mampir ke Lembang. Berjarak sekitar 10 km dari pusat Bandung, ada satu tempat yang justru menawarkan sensasi hangat di tengah dinginnya kota ini, yaitu Pemandian Air Panas Maribaya. Anda bisa menikmati berendam dengan air hangat yang berkhasiat. Sebab dengan kandungan belerang yang ada, pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Lokasi: Jalan Maribaya No. 105/212, Langensari, Lembang, Jawa Barat

4. Wisata Jamu Desa Kiringan, Yogyakarta

Dikenal sebagai penghasil produk jamu, Desa Kiringan menjadi salah satu wisata favorit yang ada di Kabupaten Bantul. Warga setempat turut menanam tanaman obat untuk mempermudah perolehan bahan baku produksi jamu. Alhasil, setiap jamu akan dibuat dengan bahan herbal pilihan dan diracik secara langsung. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba minuman kesehatan yang berkhasiat. Anda juga dapat menikmati nuansa khas pedesaan selama berwisata di sini. 

Lokasi: Dusun, Kiringan, Canden, Jetis, Bantul, Yogyakarta

5. Wisata Edu Rekreasi Rumah Atsiri Indonesia, Tawangmangu

Indonesia dengan segala rupa tumbuhannya, memang terkenal dengan macam-macam keindahan tanaman. Di daerah Tawangmangu, Jawa Tengah, ada sebuah tempat yang menyediakan edukasi terkait flora, yaitu Wisata Edu Rekreasi Rumah Atsiri Indonesia. Di sini, ada workshop yang Anda dapat ikuti seperti pembuatan essential oil, hand sanitizer, lilin aromaterapi, dan lain-lain berbahan dasar tanaman atsiri. Produk yang Anda buat juga dapat dibawa pulang. Setelah mencium wewangian yang menenangkan, sepulangnya dari sini Anda akan merasa semakin rileks. 

Lokasi: Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu, Jawa Tengah

6. Wisata Kuliner Fedwell, Jakarta

Di tengah pandemi COVID-19, Anda pastinya perlu menjaga pola hidup yang sehat. Dalam artian, makanan yang dikonsumsi harus dengan nutrisi cukup agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Sejak tahun 2018, Fedwell hadir sebagai restoran trendy yang menyajikan makanan sehat. Setiap satu porsi makanan yang Anda pesan di sini dipastikan mencakup karbohidrat, lemak sehat, dan serat yang cukup. Tidak perlu khawatir karena rasa makanannya tetap nikmat dan tentu membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Lokasi: Senopati - Jalan Senopati No. 82, Selong, Jakarta Selatan dan Sudirman -  Jalan K.H. Mas Mansyur Kav 121, Karet Tengsin, Jakarta Pusat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata kebugaran
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top