Antigen kit
Travel

Naik Pesawat Tak Wajib PCR, Ini Tarif Tes Antigen Garuda Indonesia, Lion Air dan AirAsia

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 2 November 2021 - 08:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah diberitakan kembali mengubah syarat perjalanan udara atau syarat naik pesawat di Jawa dan Bali. Salah satunya yakni syarat PCR tidak lagi menjadi syarat terbang.

"Untuk perjalanan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang sudah diberlakukan untuk wilayah luar Jawa non Bali," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual, Senin (1/11/2021) dikutip dari Bisnis.

Muhadjir menyampaikan ada juga sorotan mengenai persiapan periode Natal dan Tahun Baru. Pemerintah akan menyiapkan aturan-aturan baru. 

Periode nataru akan diantisipasi oleh seluruh kementerian dan lembaga terkait dengan mengupdate aturan-aturan yang diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19 dan penyebarannya. Di mana aturan tersebut adalah mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, tempat peribadatan dan lain-lainnya," ucap Muhadjir.

Artinya, saat ini bagi penumpang pesawat kembali bisa menggunakan tes antigen sebagai syarat perjalanan.

Bagi Anda yang akan bepergian memakai pesawat, berikut harga tes antigen yang ditawarkan Garuda Indonesia, Lion Air, dan AirAsia:

1. Garuda Indonesia

Untuk penumpang pesawat Garuda Indonesia, ditawarkan harga tes antigen seharga Rp45.000. Harga ini berlaku untuk Jabodetabek, Medan, Pematang Siantar, Tegal, Semarang, Surabaya, Cianjur, Bengkulu.

Sedangkan tes PCR Rp260.000.

Harga khusus tes RT-PCR maupun Antigen dapat dilakukan di klinik/rumah sakit jaringan KPH Lab.

Syarat dan ketentuan berlaku:

Harga khusus tes RT-PCR/Rapid Antigen di atas berlaku untuk seluruh pemegang tiket penerbangan Garuda Indonesia yang masih valid dan aktif dengan cara memesan tes RT-PCR/Rapid Antigen di Kantor Penjualan Garuda Indonesia atau melalui Whatsapp Service AGILine (klik di sini)
Petugas akan memproses pemesanan tes RT-PCR/Rapid Antigen dan pelanggan dapat melanjutkan ke proses pembayaran
Pelanggan akan diberikan service voucher setelah melakukan pembayaran, service voucher dapat ditukarkan di jaringan klinik penyedia layanan tes yang bekerja sama untuk mendapatkan layanan tes sesuai pemesanan
Informasi nama yang tercantum pada service voucher untuk pelayanan tes RT-PCR/Rapid Antigen harus sesuai dengan nama yang tertera pada tiket Garuda Indonesia

Layanan ini berlaku untuk seluruh pemegang tiket Garuda Indonesia yang dibeli/diterbitkan di seluruh channel penjualan Garuda Indonesia dengan periode pemesanan & tanggal penerbangan sesuai ketentuan
Periode Program: sampai dengan 31 Desember 2021
Periode Pemesanan & Periode Penerbangan: 20 September 2021 - 31 Desember 2021

2. Lion Air

Khusus bagi penumpang Lion Air Group, dapatkan kemudahan layanan rapid test antigen COVID-19 dengan harga Rp35.000.

Persyaratan RDT-ANTIGEN Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut:

1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air),

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

2. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket)

3. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RDT-ANTIGEN, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN hingga 3 jam sebelum keberangkatan dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.

4. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.

5. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.

3. AirAsia

Maskapai penerbangan AirAsia menawarkan harga tes antigen mulai dari Rp35.000-Rp75.000.

Perbedaan harga itu tergantung dari pelaksanaan lokasi faskes tempat penumpang melakukan tes. Daftarnya bisa dicek di https://www.airasia.com/aa/pdf/about-us/iaa-rapid-test.pdf.

Syarat & Ketentuan
Pembayaran dilakukan di lokasi pemeriksaan
Pengambilan hasil pemeriksaan (bergantung pada produk dan kebijakan masing-masing fasilitas kesehatan) :
A. Swab Antigen estimasi 20-30 menit setelah pemeriksaan
B. PCR estimasi 1-2 x 24 jam setelah pemeriksaan
Hasil tes berlaku mengikuti standar dan produk dari masing-masing fasilitas kesehatan (penumpang disarankan mendapatkan konfirmasi dari fasilitas kesehatan atas masa berlaku hasil tes)
Calon Penumpang harus memastikan hasil tes telah tersedia di aplikasi PeduliLindungi sebelum keberangkatan
Jika hasil pemeriksaan positif, pasien akan disarankan untuk menghubungi Hotline COVID-19 nasional atau melakukan karantina mandiri, tergantung dari kondisi fisik pasien
Kode PNR hanya dapat digunakan satu kali
Peraturan & ketentuan dapat diubah sewaktu-waktu oleh pihak AirAsia
Semua praktik medis, hasil dan segala teknisnya akan menjadi tanggung jawab penuh semua mitra Fasilitas Kesehatan
Ketentuan lainnya mengikuti peraturan dan undang-undang yang berlaku dari pemerintah
Daftar fasilitas dan harga layanan dapat berubah sewaktu-waktu, unduh selalu untuk mendapatkan informasi paling terkini atau hubungi langsung fasilitas kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro