Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Fakta Unik Se’i, Kuliner Khas NTT yang Viral dan Bikin Nagih

Se’i ternyata juga menyimpan cerita unik di balik kelezatannya. Berikut 5 fakta unik mengenai Se’i dari RAJA SE’I.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  14:19 WIB
Raja Sei
Raja Sei

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan, tren kuliner sedang diramaikan dengan Sei.

Makanan khas Nusa Tenggara Timur ini, sedang viral di media sosial. Se’i sendiri merupakan daging asap yang diolah dengan bumbu tertentu dan menghasilkan cita rasa yang kaya dan bikin nagih.

Tak hanya bisa dicicipi langsung di NTT, kamu juga bisa menikmati Sei yang lezat di beberapa restoran yang ada di Ibu Kota. Salah satu restoran yang memiliki specialty menu Sei lezat adalah RAJA SE'I, restoran Se’i milik public figure Rizky Billar. RAJA SE’i sendiri telah memiliki 30 outlet yang tersebar di Jabodetabek dan berhasil mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mengembangkan dan melestarikan kuliner Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu mencari cara untuk memudahkan masyarakat mengonsumsi makanan ini,” kata Christopher Sebastian Iskandar, owner RAJA SE’I dalam keterangan tertulisnya.

Seperti makanan khas daerah lainnya yang kerap memiliki cerita unik, Se’i ternyata juga menyimpan cerita unik di balik kelezatannya. Berikut 5 fakta unik mengenai Se’i dari RAJA SE’I.

Berasal Dari Nusa Tenggara Timur (NTT)

Tak hanya memiliki lanskap alam yang menakjubkan, NTT juga punya kuliner khas yang lezat. Se’i merupakan makanan hasil olahan khas dari Kabupaten Rote Ndao, sebuah kabupaten yang ada di wilayah NTT. Kabupaten Rote Ndao merupakan kabupaten paling selatan di Negara Republik Indonesia dan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kupang.[1]

Arti Kata Se’i

Se’i sendiri berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang. Se’i adalah makanan khas suku Rote, penduduk asli Pulau Rote. Makanan ini kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dan populer hingga luar negeri.

Aroma dan Tekstur Yang Memorable

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat NTT untuk mempertahankan kualitas daging sapi. Sistem pengasapan ini juga menjadi salah satu faktor dibalik kelezatan Se’i dan menghasilkan aroma yang harum, tekstur yang empuk, dan rasanya yang lezat.

Makin Nikmat dengan Sambal dan Sayuran

Sama halnya dengan makanan lain yang makin lezat saat dibuat pedas, Se’i pun makin nikmat jika dikombinasikan dengan sambal. Salah satu sambal yang kerap dikombinasikan dengan Se’i adalah Sambal lu’at yang terbuat dari campuran cabai, jeruk nipis, dan daun lu’at. Tak hanya sambal, pelengkap lain seperti tumis bunga pepaya menjadikan Se’i semakin nikmat. Alternatif sambal yang juga bisa menjadi pilihan adalah sambal matah dan sambal terasi.

Se’i Kekinian

Dalam beberapa waktu terakhir, Se’i viral di media sosial, terutama oleh anak-anak muda. Kegemaran anak muda akan Se’i kemungkinan ada kaitannya dengan kombinasi-kombinasi unik dari Se’i yang menyesuaikan dengan tren sekarang. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top