Uluwatu/Istimewa
Travel

15 Wisata Selancar Terbaik di Indonesia

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:02
Bagikan

Bagian 2

6. Yogyakarta: Wediombo

Ombak besar dan pemandangan yang menakjubkan, pantai Wediombo adalah surga lain bagi peselancar yang bersemangat. Terletak di pantai selatan Desa Jepitu di Gunung Kidul, sekitar 75 km dari Yogyakarta, yang merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia.

Mengendarai ombak pantai Wediombo yang indah adalah kesenangan bagi peselancar dari seluruh dunia, yang paling baik dijelajahi sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Pantai ini sering digunakan sebagai tempat kompetisi selancar dan merupakan tujuan selancar nomor dua paling populer di Indonesia. Selain berselancar, aktivitas menarik lainnya untuk dinikmati di pantai eksotis ini beragam mulai dari snorkeling, berjemur, dan memanjakan kegemaran Anda akan makanan laut.

7. Jawa Timur: Banyuwangi

Beberapa pantai di Indonesia memang terkenal memiliki potensi ombak yang memikat para pecinta selancar di seluruh dunia. Di ujung paling ujung timur pulau Jawa, ada satu kota yang menjadi destinasi wisata selancar yang wajib dikunjungi para peselancar, yaitu kota Banyuwangi. Kota ini telah menjadi tuan rumah beberapa kompetisi selancar internasional dan terkenal memiliki pantai yang dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder” yang lebih dikenal dengan G-Land atau Pantai Plengkung.

G-Land tide roll rata-rata terdiri dari tujuh lapisan dan mencapai ketinggian enam meter pada musim ombak yang baik, yaitu sekitar bulan April sampai Agustus. Pantai lain di Banyuwangi yang juga disukai para peselancar adalah Pantai Pulau Merah, dan Pantai Pulau Tabuhan. Jelajahi petualangan selancar super seru di ketiga pantai di Banyuwangi.

8. Jawa Timur: Pacitan

Masih di pulau Jawa, pergilah ke Jawa Timur dan bersiaplah untuk terpukau dan dapatkan pengalaman berselancar yang tak terlupakan di Pacitan, kurang lebih 2,5 jam perjalanan dari Yogyakarta. Kota kecil di tepi pantai ini semakin populer sebagai salah satu tujuan selancar yang paling banyak dikunjungi di akhir pekan untuk semua jenis peselancar, pemula hingga ahli/profesional.

Ada empat spot surfing di kawasan Pacitan, yang pertama adalah Pantai Watukarung. Terletak di desa Watukarung, air pasang di pantainya bisa mencapai hingga 4 meter, dengan banyak karang di tengah pantai yang mungkin lebih cocok untuk peselancar yang lebih ahli. Pemula dapat menikmati pengalaman berselancar yang lebih aman di Pantai Teleng Ria yang terletak sangat dekat dengan pusat kota. Garis pantai pantai ini panjangnya sekitar 2,5 kilometer. Area ini juga cocok untuk non-surfer yang lebih menyukai aktivitas menyenangkan seperti camping, outbond atau wisata lainnya. Pantai ketiga adalah Pantai Srau yang terletak di Desa Candi dimana wisatawan bisa menikmati berselancar sekaligus memanjakan diri menikmati indahnya pemandangan pantai dari perbukitan dan karang di sekitar pantai. Last but not least adalah Pantai Soge, yang terletak di Sidomulyo yang memiliki ombak tinggi yang menarik untuk dijelajahi para peselancar.

9. Bali: Uluwatu

Tidaklah sempurna jika kita mengecualikan destinasi peselancar legendaris ini! Pantai Uluwatu Bali memikat dengan ombak ikoniknya yang menjadikannya surga peselancar mutlak.

Uluwatu juga terkenal dengan candi Hindu abad ke-11 yang spektakuler yang disebut Pura Luhur Uluwatu. Bagi para peselancar, Uluwatu adalah rumah bagi lima tempat istirahat teratas (Bombie, Racetrack, Temples, Peak and Outside Corner). Itu juga dekat dengan istirahat dan pantai top lainnya termasuk Padang Padang, Bingin, Dreamland, Impossibles dan Suluban. Dengan semua pilihan istirahat ini, Uluwatu adalah tempat yang sempurna untuk pengalaman berselancar terbaik saat Anda mengunjungi Indonesia.

10. Bali: Nusa Penida dan Nusa Lembongan

Selain Uluwatu, destinasi selancar dunia lainnya di Bali adalah trio Kepulauan Nusa yang terdiri dari: Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Nusa Penida adalah yang terbesar dari ketiganya, Nusa Lembongan dihiasi dengan tiga istirahat utama, dengan yang keempat di Nusa Ceningan, tetapi setiap pulau Nusa memiliki pemandangan unik yang menakjubkan dan rumah bagi beberapa ombak kelas dunia.

Di antara terumbu karang yang menghiasi Kepulauan Nusa adalah Taman Bermain, Laserasi, dan Bangkai Kapal yang paling cocok untuk berselancar saat air pasang. Pemburu ombak dapat menikmati pengalaman selancar yang menyenangkan sepanjang tahun, tetapi penduduk setempat mengatakan bahwa ombaknya sangat bagus pada bulan April dan Oktober. Pemandangan menakjubkan gunung berapi Bali, air sebening kristal dan berbagai ombak, naik perahu ke tempat-tempat, adalah semua pengalaman berselancar ajaib yang ditawarkan Pulau Nusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro