Ilustrasi-Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/7/2020)./ANTARA-Fakhri Hermansyah
Travel

Simak 5 Tips Terhindar dari Covid-19 Saat Naik Transportasi Publik

Dinda Aulia Ramadhanty
Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat mulai banyak menaiki transportasi publik selama pelonggaran PPKM. Simak tips yang bisa diaplikasikan untuk mencegah penularan virus corona selama bepergian.

Ada beberapa tips yang wajib diperhatikan saat bepergian untuk mencegah penularan virus coronaMengutip dari smartcity.jakarta.go.id, Rabu (27/10/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman dalam menaiki transportasi publik:

  1. Memakai masker dengan benar

Masker sudah menjadi benda wajib setiap ke luar rumah umum termasuk saat menggunakan transportasi umum. Masker memiliki fungsi untuk mencegah penularan Covid-19.

Gunakanlah masker minimal 3 lapis untuk melindungi saluran pernapasan dari penyebaran virus corona di udara.

  1. Tidak berbicara selama berada di transportasi umum

Baik berbicara dengan sesama penumpang dan melalui HP menjadi aktivitas yang dilarang selama pandemi di transportasi umum.

Sebab penularan Covid-19 dapat terjadi melalui droplet yang keluar dari mulut ketika bersin maupun berbicara.

  1. Jaga jarak dengan penumpang 

Bila sedang mengantre naik kereta, bus dan pesawat, sebaiknya jaga jarak dengan penumpang lain. Menjaga jarak dengan penumpang lain menjadi cara ampuh untuk mencegah penularan Covid-19.

  1. Jaga kebersihan tangan 

Hal ini dilakukan dengan rajin mencuci tangan di tempat yang disediakan di beberapa halte atau stasiun, atau juga dapat menggunakan hand sanitizer. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, serta permukaan area yang sering disentuh banyak orang selama berada di halte, stasiun, dan di dalam kendaraan

  1. Menggunakan jaket dengan penutup kepala

Langkah ini dapat memaksimalkan perlindungan dari Covid-19 misalnya dengan menggunakan jaket bertudung. Tetaplah memakai masker dan laksanakan tips lainnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro