Kopi. /Arah Kopi
Kuliner

Coffee Lover, Begini Tips Menyimpan Kopi, Tergantung Jenisnya

Ni Luh Anggela
Senin, 25 Oktober 2021 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Beberapa orang bahkan selalu mengawali harinya dengan menyeduh Kopi karena manfaatnya yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.
 
Jika Anda membeli dan menyimpan Kopi, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama Kopi bisa bertahan setelah dibeli. Sayangnya, penelitian ilmiah dan panduan keamanan pangan tentang penyimpanan Kopi yang tepat masih kurang. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang penyimpanan dan keamanan Kopi.
 
Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menyimpan semua jenis Kopi, yang tentunya didukung oleh bukti dan panduan dari situs web merek Kopi.
 
Melansir Healthline, Senin (25/10/2021), jika disimpan dengan benar, biji Kopi utuh bahkan Kopi bubuk bisa bertahan lama. Karena Kopinya kering, varietas yang Anda beli untuk digunakan di rumah kemungkinan tidak akan mengembangkan jamur atau bentuk kerusakan lain yang berasal dari kelembaban.
 
Namun, umur simpan Kopi bervariasi menurut metode persiapannya.
 
Secara umum, Kopi yang belum diseduh lebih tahan lama dibandingkan Kopi yang diseduh. Tempat Anda menyimpan Kopi, baik di konter atau di dapur, lemari es, atau freezer  juga membuat perbedaan.
 
Jika Kopi tidak disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara, kesegaran dan rasanya bisa mulai menurun. Suhu dingin di lemari es atau freezer dapat memengaruhi rasa Kopi kering, tetapi juga dapat mengawetkan Kopi untuk waktu yang lebih lama.

1. Biji kopi utuh

Biji kopi panggang yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaiknya. Sementara itu, biji yang sudah dibuka disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Menjauhkan biji kopi dari panas dan cahaya akan membuatnya tetap segar selama 1 hingga 3 minggu.

2. Kopi giling

Mirip dengan biji kopi, paket kopi bubuk yang belum dibuka akan tetap segar sampai tanggal terbaik dari produsen.
 
Kopi yang sudah dibuka atau baru digiling harus disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu kamar. Pastikan agar jauh dari panas, cahaya, dan kelembaban. Untuk kesegaran maksimal, konsumsi dalam 1 hingga 2 minggu.

3. Brewed hot coffee dan espresso

Brewed hot coffee dan espresso terasa paling enak saat dikonsumsi sesaat setelah diseduh. Dalam beberapa jam, rasa akan mulai menurun. Anda dapat menyimpan kopi yang diseduh di lemari es dalam wadah tertutup selama beberapa hari, tetapi rasanya tidak akan enak seiring waktu.

4. Cold brew

Konsentrat minuman dingin bertahan 7 hingga 10 hari dalam wadah tertutup di lemari es. Minuman dingin yang sudah dicampur dengan air tetap segar selama sekitar 3 hingga 4 hari, kecuali jika mengandung susu atau krimer  bila disimpan dengan cara yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro