Deretan kursi di kereta api eksekutif/Istimewa
Travel

Ini Lho Keuntungan Liburan Naik Kereta Dibandingkan Mobil atau Pesawat

Ayyubi Kholid Saifullah
Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kereta api merupakan transportasi massal lokomotif berbasis rel, yang berdiri sejak tahun 1945. Dan kini, Kereta api menjadi salah satu transportasi darat yang disukai oleh masyarakat indonesia. Bagaimana tidak? Anda dapat sampai ketujuan yang terbilang jauh, tetapi dengan biaya yang masih terjangkau.

Untuk pemesanan tiket pun sekarang jauh lebih mudah. Kini, hanya memanfaatkan telepon genggam, Anda sudah dapat memesan tiket kereta Anda.

Sudah banyak situs web ataupun aplikasi gratis yang melayani pemesanan salah satunya tiket kereta.

Selain itu, masih banyak informasi menarik seputar kereta api. Dikutip dari rilis Pegipegi, berikut beberapa info terbaru terkait kereta api yang seru untuk Anda ketahui.

Fasilitas yang Ditawarkan PT KAI

Kereta api memiliki sub kelas sebagai preferensi kenyamanan yang ditawarkan untuk para penumpangnya – kelas Ekonomi, Premium, Bisnis, Eksekutif, serta Sleeper.

Selama perjalanan, Anda juga akan disambut dengan pemandangan indah yang bisa memanjakan mata secara gratis. Setiap kereta telah dilengkapi dengan AC, TV, dan toilet duduk di setiap gerbong.

test COVID-19 di stasiun KAI sudah cukup mudah dan murah. Hanya dengan membawa kode booking yang sudah lunas, KTP, dan bukti vaksinasi, maka Anda dapat melakukan rapid test Antigen dengan tarif Rp45.000 saja.

Layanan dan Inovasi terbaru terus diluncurkan. Diulang tahunnya yang ke-76, KAI memberikan inovasi meningkatkan pelayanan dengan meng-upgrade lima kereta sehingga mengalami percepatan waktu tempuh. Di antaranya:

1. Argo Wilis (PP Bandung - Surabaya Gubeng)
waktu tempuh menjadi 9 jam 55 menit (sebelumnya 10 jam 43 menit).

2. Argo Taksaka (PP Gambir - Yogyakarta) 
Waktu tempuh 6 jam 25 menit (sebelumnya 7 jam 34 menit).

3. Argo Dwipangga (PP Gambir - Solo Balapan) 
Waktu tempuh menjadi 7 jam 4 menit (sebelumnya 8 jam 7 menit).

4. Argo Lawu (PP Gambir - Solo Balapan) 
Waktu tempuh menjadi 7 jam 4 menit (sebelumnya 8 jam 7 menit).

5. KA Argo Bromo Anggrek (PP Gambir - Surabaya Pasar Turi)
Waktu tempuh menjadi 8 jam 10 menit (sebelumnya 8 jam 30 menit).

Tersedia layanan Wi-Fi gratis dan tidak hanya itu terdapat live cooking yang akan menyediakan menu yang fresh dan ramah di kantong.

Selain fasilitas, layanan, dan inovasi terbaru, PT. KAI juga membuat regulasi terbaru mengenai Syarat & Ketentuan Naik Kereta Api (Jarak Jauh) demi menjaga keamanan dan kenyamanan setiap penumpangnya.

Dilansir dari kai.id, berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum bepergian dengan kereta api:

1. Menunjukkan hasil RT-PCR 2x24 jam atau Antigen 1x24 jam;

2. Telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan menunjukkan kartu vaksinasi (usia 12 tahun ke atas);

3. Anak di bawah umur 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan antar batas wilayah administrasi provinsi/kabupaten/kota;

4. Traveller dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang tidak dapat di vaksin, dapat melampirkan surat keterangan bahwa belum/tidak dapat vaksinasi COVID-19;

5. Menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis dengan benar, yaitu bagian hidung dan mulut tertutup;

6. Memakai pakaian pelindung (jaket atau lengan panjang) sebelum melakukan perjalanan;

7. Sedang berada dalam kondisi sehat, yaitu tidak melebihi 37,3 derajat celcius;

8. Menerapkan protokol kesehatan 6M selama di stasiun ataupun di dalam kereta;

9. Dilarang untuk berbicara secara langsung maupun melalui telepon sepanjang perjalanan;

10. Tidak diperkenankan untuk makan/minum selama perjalanan singkat, yaitu kurang dari dua (2) jam. Pengecualian jika penumpang ingin mengkonsumsi obat-obatan;

11. Jika hasil test Antigen atau RT-PCR negatif, namun calon penumpang menunjukkan gejala tidak sehat, maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan;

12. Bagi calon pelaku perjalanan, yang tidak memiliki atau tidak dapat menunjukkan surat RT-PCR atau Antigen dengan hasil negatif, tidak memiliki sertifikat vaksin, atau surat tanda registrasi kerja dapat membatalkan tiket maksimal tujuh hari dari tanggal tiket dengan refund sebesar 100%.

Anda dapat juga mencari promo agar perjalanan lebih hemat, Pegipegi memberikan penawaran untuk tiket kereta api dan hotel dengan harga promo

Buat Anda yang berencana bepergian naik kereta, akan ada promo Pegipegi Time hingga 50% plus diskon tambahan dari berbagai bank juga. Periode promo ini berlangsung sampai dengan 24 Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro