Menuju Gunung Everest dari Nepal/iciclesadventuretreks.com
Travel

5 Pendakian Paling Berbahaya di Dunia, Berani Mencoba?

Ni Luh Anggela
Jumat, 15 Oktober 2021 - 19:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi beberapa orang yang menyukai pendakian, ini bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Beberapa rute benar-benar menarik dan menantang.

Mulai dari mendaki anak tangga besi yang sudah berkarat, mendaki sambil menghindari hewan-hewan liar, mendaki dengan melawan kebutuhan fisiologis Anda akan oksigen di ketinggian, hingga melalui jalan setapak yang sempit, semuanya bisa menjadi bagian dari pengalaman.
 
Untuk Anda pecandu adrenalin, mungkin Anda akan tertarik dengan beberapa pendakian yang dapat memicu vertigo ini. Namun, pastikan agar Anda berada dalam kondisi terbaik Anda dan tidak takut ketinggian untuk menempuhnya.
 
Dari Nepal hingga Montana, berikut lima pendakian paling mematikan di dunia, melansir Fodors Travel :

1. Everest Base Camp, Nepal

Perjalanan Himalaya yang ikonik ini harus menempati urutan teratas dalam daftar pendakian berbahaya. Jalan menuju Everest tidak terlalu sulit. Tapi itu berbahaya. Antara tiga hingga 15 orang meninggal setiap tahun di pendakian jalannya yang dingin. Jelas, trekking ke ketinggian 16.800 kaki di atas permukaan laut akan membawa risiko.
 
Sebagai permulaan, udara pegunungan yang tipis. Anda dapat mulai merasakan efek ketinggian pada 6.000 kaki di atas permukaan laut. Pada ketinggian 10.000 kaki, Anda akan merasa mual, lelah, dan sesak napas.

Tetapi pada saat Anda mencapai gletser Khumbu, Anda berisiko mengalami kasus HAPE atau HACE (edema paru atau serebral ketinggian tinggi) yang mengancam jiwa tergantung pada toleransi Anda. Belum lagi cuaca yang tidak menentu atau risiko jatuh setelah didorong dari jalan setapak oleh seekor keledai.

2. The Precipice, Taman Nasional Acadia, Maine

Pendakian tiga mil Precipice dimulai dengan beberapa batu kecil saat Anda memanjat tebing dan berkembang menjadi pendakian seperti gym di hutan.
 
Saat Anda memanjat tangga vertikal buatan manusia yang terbuka, hanya dapat digambarkan sebagai panjat tebing informal, satu kesalahan langkah atau pegangan tangan yang licin dapat membuat Anda jatuh ratusan kaki hingga tewas. Banyak orang di Taman Nasional Acadia telah mengalami nasib itu.
 
The Precipice membutuhkan kewaspadaan dan kepercayaan diri yang konstan saat Anda bergerak menuju puncak jalur pendakian paling berbahaya di Maine.

3. Angels Landing, Taman Nasional Zion, Utah

Angel's Landing adalah pendakian paling berbahaya di Amerika Serikat. Pendakian ke Scout's Lookout, yang dikenal sebagai “Wuss Out Point”, menawarkan pemandangan jembatan darat dan memberi Anda satu kesempatan terakhir untuk memilih kewarasan sebelum berkomitmen penuh ke puncak. Anehnya, bahaya sebenarnya tidak datang dari ketidakmampuan Anda, melainkan dari padatnya pengunjung.
 
Zion adalah salah satu taman nasional paling populer di Amerika Serikat dan pada pertengahan pagi, jembatan darat akan penuh sesak dengan pejalan kaki. Anda akan diminta untuk tidak hanya menjaga pijakan Anda tetapi juga mengatur langkah untuk melintasi bagian jalan yang terbuka hampir tidak cukup lebar untuk satu orang.

4. Gunung Taung Wine, Myanmar

Gunung Taung Wine menawarkan pemandangan panorama sawah hijau dan monolit batu kapur yang tak tertandingi di kawasan ini, tetapi mendaki puncak bergerigi ini tidak akan mudah.
 
Anda akan diminta untuk menavigasi jalan tanah yang tidak ditandai dari kursi sepeda motor, melintasi jalan biksu yang curam dan sering membingungkan melalui hutan yang dipenuhi ular paling berbisa di dunia (tepatnya 39 spesies), dan dengan hati-hati menaiki tangga logam reyot yang berkelok-kelok, bertelanjang kaki, ke kuil di puncak.
 
Perang saudara, reptil yang mematikan, tebing curam, dan jalan setapak yang tidak terawat membuat Gunung Taung Wine salah satu yang paling berbahaya dalam daftar ini.

5. Highline Highline, Taman Nasional Gletser, Montana

Highline Trail di Taman Nasional Glacier bergelombang melintasi 12 mil dari sisi tebing yang terbuka dan menawarkan kesempatan untuk melihat kambing gunung, domba tanduk besar, dan beruang hitam yang merupakan penduduk di taman itu. Tapi kedekatannya dengan satwa liar itulah yang membuat jalur ini sangat berbahaya.
 
Faktanya, Taman Nasional Glacier memegang rekor pengunjung taman terbanyak yang tewas dalam serangan beruang. Tapi bukan hanya beruang yang menimbulkan risiko bagi pejalan kaki. Domba dan kambing yang agresif atau kaget yang menuruni jalan setapak di sisi tebing yang tipis dapat secara tidak sengaja (atau sengaja) menjatuhkan pejalan kaki dari langkan (pagar penghalang setinggi pinggang) yang berbahaya.
 
Untuk menambah suasana yang sudah berbahaya, jalur Montana yang panjang ini juga rentan terhadap perubahan cuaca yang terkadang membawa salju atau hujan rintik-rintik secara tidak terduga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro