Pantai di Karimunjawa/traveldudes.com
Travel

Sensasi Berenang Bersama Hiu di Pulau Karimunjawa

Ayyubi Kholid Saiffulah
Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak beberapa tahun lalu, pulau kecil yang terletak di bagian utara jawa, Indonesia terkenal sebagai  surga bagi para penyelam scuba  karena pesona bawah lautnya.

Untuk mencapai pulau ini, perjalanan bus langsung 12 jam dari Jakarta (Stasiun Rawamangun) ke Jepara (dalam kota Semarang). Kemudian dilanjut dengan kapal feri bernama KMP Muria  menuju Pulau Karimunjawa yang memakan waktu sekitar 6 jam.

Perjalanan panjang itu terbayarkan dengan pemandangan matahari terbenam, matahari terbit yang indah, makanan laut yang dimasak oleh penduduk setempat, snorkeling, island hopping, bersantai di pantai dan bahkan berenang bersama Hiu.

Keindahan alam bawah laut yang masih belum terjamah membuat pulau ini dijuluki sebagai  Surga Kecil di Jawa Utara. Pulau ini juga masuk dalam  5 besar dunia bawah laut terindah di Indonesia .

Ada beberapa pulau di Karimunjawa dan masing-masing menawarkan pengalaman berbeda untuk dinikmati. Waktu terbaik untuk mengunjungi Karimunjawa adalah pada bulan Oktober, waktu dimana Anda dapat mengunjungi semua pulau.

Dilansir dari Traveldudes.com Kamis (14/10/2021) Berikut keistimewaan pulau karimunjawa

  1. Ada penduduk lokal yang tinggal di pulau itu, jadi ada mobil, sepeda motor, toko lokal yang menjual sembako dan mereka menjual  mutiara asli  untuk suvenir juga dengan harga murah.
  2. Pulau Karimunjawa sangat ideal bagi para backpacker. Karena tidak ada hotel mewah kecuali  Kura-Kura Resort  yang dimiliki secara pribadi oleh seorang ekspatriat. Ada  homestay dan motel  serta  penginapan di tengah laut yang disebut Wisma Apung  (konsepnya mirip dengan resort di Maladewa, tetapi dengan cara yang sangat sederhana dan tradisional). Biaya hidup yang harus dikeluarkan juga sangat murah.
  3. Karimunjawa juga dapat dicapai  secara tidak langsung dengan penerbangan. Anda harus pergi ke kota Semarang dengan penerbangan . Kemudian naik bus ke Jepara yang memakan waktu 2 jam kemudian naik angkutan umum untuk menuju pelabuhan, kemudian naik kapal feri (membutuhkan waktu 3 atau 6 jam tergantung feri yang Anda naiki) ke Karimunjawa.  
  4. Ada  kapal feri ekspres  bernama  Kartini yang hanya memakan waktu 3 jam dari Jepara ke Karimunjawa.
  5. Ferry tidak beroperasi setiap hari dan memiliki kapasitas penumpang yang terbatas. Pastikan untuk  melakukan pemesanan terlebih dahulu  dan selalu cek jadwalnya.
  6. Ada beberapa travel agent yang menyediakan  paket tour, saya rasa sebaiknya anda menggunakan ini, jika anda ingin menjelajahi pulau ini seperti yang saya lakukan. Biasanya paket wisata dimulai dari Jepara, mereka menyediakan perahu untuk island hopping, makanan sehari-hari, dan juga alat snorkeling/diving plus pemotretan bawah air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro