Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wedhangan Q, dari Jamu Pinggir Jalan Rambah Konsep Ready to Drink

Wedhanganqu, menjual jamu via digital agar memudahkan penjual dan pembeli membeli minuman tradisional itu dalam konsep ready to drink.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Oktober 2021  |  16:55 WIB
Wedhangan Q - instagram
Wedhangan Q - instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Berawal dari mbok jamu yang berjualan di sekitaran sekolah, Wedhangan Q menghadirkan jamu dalam bentuk botol/kemasan Ready To Drink (RTD). Mbok jamu yang biasanya berjualan di sekolah lalu difasilitasi untuk membuka kanal penjualan secara digital.

Ketika akhirnya mbok jamu memutuskan untuk pulang kampung akibat situasi PPKM yang berkepanjangan, Wedhangan Q tetap meramu dan meracik jamu untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Rempah dan rimpang khas Indonesia menjadi incaran negara-negara Eropa di era penjelajahan Dunia Baru. Kunyit, kayu manis, jahe, pala, cengkeh, lada, menjadi primadona perdagangan di Venesia pada waktu itu. Secara ilmiah kemudian terbukti bahwa rempah dan rimpang tidak hanya memiliki kesan eksotis, mewah, mistis, bahkan erotis tetapi ternyata mengandung khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia.

Sudah dipastikan ketika meminum wedhang rempah, maka tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani hari. Di masa pandemic ini, kebiasaan minum jamu ini dianggap mampu meningkatkan ketahanan tubuh. Kesadaran untuk mencegah daripada mengobati ternyata mampu membawa kita kembali merujuk ke kearifan budaya minum jamu yang acap tersingkirkan oleh kemudahan dan kepraktisan beragam minuman kekinian.

Berdasarkan inspirasi sejarah, budaya, dan kearifan lokal itulah Wedhangan Q membuka dapur/outlet fisik dimana pelanggan bisa menikmati ramuan dan hidangan khas rempah dan rimpang khas Nusantara. Jamu boleh dianggap jadul, namun pengalaman eksplorasi rasa autentik Indonesia akan terus berkembang mengikuti zaman.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, Dapur Wedhangan Q menawarkan produk makanan dan minuman racikan berbahan dasar rempah dan rimpang, diantaranya yang menjadi andalan adalah Es Kunyit Asem Nanas, Es Gula Asem Pedas, Kunyit Latte, Teh Talua, Spaghetti Opor Terong dan Tempe Unyu, Open Toast Tempe Asinan, dan Nasi Sate Lilit.

Dapur Wedhangan Q adalah sebuah upaya mengangkat produk-produk jamu kemasan Ready To Drink (RTD) sebelumnya. Diharapkan Dapur Wedhangan Q, yaitu outlet fisik Wedhangan Q, akan menawarkan pengalaman baru yang memperkaya wawasan kita dalam mengapresiasi jamu dan rasa khas rempah dan rimpang Nusantara dalam bentuk makanan dan minuman.

Tidak Semata merayu melali rasa di lidah, tetapi juga melalui beragam sensasi visual, ambience, dan wangi harum ramuan rempah dan rimpang yang menyeruak dari Dapur Wedhangan Q.

Harga yang ditawarkan untuk menu di Dapur Wedhangan Q ini terjangkau, bahkan terbilang cukup murah untuk Kawasan Kemang dengan harga minuman berkisar Rp. 15.000,- sampai Rp40.000,- dan untuk makanan Rp35.000,- sampai Rp75.000,-. Dengan hadirnya Dapur Wedhangan Q, diharapkan masyarakat Jakarta pada umumnya dan khususnya komunitas multinasional yang berada di Jakarta memiliki ruang eksplorasi dan apresiasi baru atas kekayaan rasa yang dimiliki bangsa Indonesia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner jamu
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top