Warga melintas di sekitar gerbang jalan tol Salatiga yang berlatar belakang gunung Merbabu di Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (8/6)./Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Travel

Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka, Ini Syarat Bagi Pengunjung

Aliftya Amarilisya
Jumat, 8 Oktober 2021 - 12:19
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Setelah ditutup selama beberapa waktu lantaran meningkatnya kasus Covid-19, jalur wisata wisata pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka Sabtu (9/10/2021) besok.

Melalui Surat Edaran Nomor: PG.16/T.35/TU/EVLAP/10/2021 tentang Uji Coba Kegiatan Wisata Taman Nasional Gunung Merbabu Wilayah Kabupaten Magelang, pembukaan dilakukan untuk objek wisata pendakian Suwanting dan Wekas, serta wisata non pendakian Grenden, Top Selfie, dan Grenjengan Kembar.

Adapun pelaksanaan kegiatan wisata sendiri akan dilakukan dengan mematuhi tujuh Prinsip Dasar Persiapan Menuju Tatanan Kenormalan Baru sebagaimana diatur dalam Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2020.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berkunjung, mereka diharuskan untuk melakukan pendaftaran melalui mekanisme booking online.

Pendaftaran sendiri bisa dilakukan melalui alamat www.tngunungmerbabu.org pada menu pendaftaran online.

Selain itu, pihak pengelola juga akan melakukan skrining kepada setiap wisatawan. Oleh karenanya, para pengunjung pun diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Tak kalah penting, izin pendakian sendiri tetap mempertimbangkan kondisi cuaca. Apabila tidak memungkinkan, maka Balai Taman Nasional Gunung Merbabu akan melakukan peninjauan ulang.

Lepas dari itu, sejak Selasa (5/10/2021) lalu, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu juga telah membuka seluruh objek wisata pendakian dan non pendakian di wilayah Semarang, kecuali objek wisata Kalipasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro