Garuda Indonesia Bermasker /Garuda Indonesia
Travel

Anak-anak Bisa Naik Pesawat Tanpa Pendamping, Ini Aturannya dari Garuda, Lion dan AirAsia

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 2 Oktober 2021 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah maskapai ternyata memfasilitasi Unaccompanied Minor atau penumpang anak-anak tanpa pendamping selama perjalanan.

Selama ini belum banyak pula yang mengetahui kalau anak-anak di bawah umur bisa bepergian tanpa orang tuanya. Nah, bagaimana bila Anda juga dihadapkan dalam kondisi tidak bisa bepergian dengan anak, dan terpaksa melepas anak terbang sendiri di pesawat?

Peraturan yang mengatur mengenai anak-anak dapat naik pesawat sendiri tanpa pendamping diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PMP) No.185/2015. Aturan tersebut menyebutkan anak-anak tanpa pendamping dapat diangkut sebanyak-banyaknya 10 persen dari total kapasitas pesawat yang digunakan per penerbangan. Adapun usia anak yang diperbolehkan terbang tanpa pendamping adalah yang berusia 6-12 tahun.

Adapun kewajiban maskapai yang memberikan layanan anak-anak terbang tanpa pendamping wajib: Menyediakan petugas yang menangani anak-anak tanpa pendamping (unaccompanied minor) pada proses pre-flight, in-flight, dan post flight, termasuk transit atau transfer. Membuat berita acara serah terima dari keluarga yang mengantar kepada petugas, dan dari petugas kepada keluarga yang menjemput.

Membuat berita acara serah terima antar-petugas pada setiap titik layanan (service point). Memberikan pelabelan tanda UM pada penumpang anak-anak tanpa pendamping dan pada bagasi kabin dan tercatat.

Berikut ini juga ada sejumlah maskapai nasional yang mengakomodir layanan tersebut dengan sejumlah persyaratan. Cek Maskapai dan Persyaratannya di bawah ini:

Lion Air Group

Adapun batasan usia untuk anak-anak yang terbang dengan pesawat tanpa didampingi orangtua untuk maskapai Lion Air adalah anak yang berusia 6-12 tahun.

Sejumlah prosedurrnya adalah orangtua/orang dewasa mengantar anak yang bersangkutan ke bandar udara guna mengisi formulir secara lengkap, termasuk mengisi siapa penjemput anak secara jelas. Nantinya saat di pesawat mereka akan mendapatkan prioritas tempat duduk di row atau baris bagian depan. Setelah itu saat pesawat mendarat, crew akan mengantarkan anak tersebut ke petugas darat, selanjutnya si anak akan diantar ke penjemput sesuai identitas yang tertera.

UM ini akan mendapatkan tanda khusus (pengenal) yang menyertakan atau menjelaskan bahwa yang bersangkutan adalah terbang tanpa pendamping.

Garuda Indonesia

Dalam laman resminya, Garuda Indonesia menerangkan penumpang anak-anak tanpa pendamping dengan syarat berusia antara 6-7 tahun dapat bepergian tanpa pendamping pada penerbangan langsung dari asal ke tujuan tanpa pergantian pesawat. Serta berusia antara 8-12 tahun dapat bepergian tanpa pendamping, baik pada penerbangan non-stop maupun penerbangan lanjutan (dengan atau tanpa pergantian pesawat).

Kondisi Penerimaan

1. Anak-anak tanpa pendamping harus dalam keadaan sehat saat bepergian.

2. Anak-anak tanpa pendamping harus memiliki dokumen perjalanan yang sah, paspor, sertifikat kesehatan, visa, dll.

3. Menyertakan nama orang yang akan menjemput di terminal kedatangan

AirAsia

Dalam websitenya, AirAsia menegaskan anak-anak berumur di bawah 12 tahun dilarang bepergian sendiri kecuali jika mereka ditemani oleh seseorang yang pada hari keberangkatan berumur 18 tahun ke atas. Anak-anak harus di sebelah orang yang menemani mereka semasa berpergian.

Sedangkan anak-anak berumur diantara 12 hingga 16 tahun ke bawah pada hari keberangkatan akan dianggap sebagai Young Passengers Travelling Alone (YPTA). Dimana mereka tidak diperbolehkan duduk di barisan pintu darurat. Juga anak-anak akan diterima dalam pengangkutan hanya setelah orangtua atau wali menandatangani Release and Indemnity Form for Acceptance of YPTA / Formulir Pelepasan Ganti Rugi untuk Penerimaan YPTA (tersedia di konter check-in). Namun, tentu saja orang tua atau wali harus tetap berada di bandara hingga penerbangan berangkat.

Ini untuk memastikan bahwa anak tersebut tidak ditinggalkan tanpa penjagaan jika terjadi keterlambatan atau pembatalan penerbangan. Serta pra-boarding atau layanan meet-and-assist akan disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro