Andy Saputra di Selandia Baru
Travel

YouTuber Andy Saputra Berbagi Cerita Kehidupan di Selandia Baru

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 30 September 2021 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah melonjaknya pemakaian tv digital, orang kini lebih suka menonton youtube daripada televisi konvensional.

Tren ini memunculkan banyak youtuber di dunia. Beragam jenis video blog ditampilkan. Mulai dari memasak hingga kehidupan sehari-hari.

Vlog di Youtube ini, banyak dijadikan kanal bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri dalam berbagi pengalaman kehidupannya tinggal di negara orang. Salah satunya adalah YouTuber bernama Andy Judah Saputra.

Andy yang asal Surakarta ini sudah tinggal di Selandia Baru sejak tahun 2013 hingga saat ini. Melalui platform YouTube dengan nama channel Andy Saputra, Andy ingin membagikan inspirasi, cerita, perjuangan, dan kehidupannya di New Zealand bersama keluarganya. 

Bila kamu juga seseorang yang terpesona dengan keindahan the land of the long white cloud Selandia Baru dengan pemandangan pegunungan tinggi, pantai yang bersih, langit yang cerah, warga yang ramah, negara rendah polusi, alam yang super cantik, plus ingin merasakan petualangan di negara tempat syuting The Hobbit itu, maka kamu bisa menontonnya melalui kanal YouTube Andy Saputra—tepatnya dalam playlist khusus NZ Life Vlog. 

Andy juga membagikan tips tentang cara mendapatkan resident visa Selandia Baru bagi orang Indonesia, pengalaman sekolah di luar negeri, gaya hidup, dan tantangan selama tinggal di negeri Aotearoa tersebut.

Andy Saputra adalah salah satu dari orang beruntung yang bisa berhasil mewujudkan mimpinya untuk tinggal dan menetap di luar negeri dengan kehidupan yang cemerlang. 

Cerita di mulai dari tahun 2006, Andy bekerja sebagai Technical Director di salah satu perusahaan teknologi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Andy merasa perkembangan bisnisnya di Indonesia jauh dari ekspektasinya. 

Hingga pada tahun 2013, Andy berpikir untuk pindah ke negara lain seperti Australia, Kanada, Norwegia, atau New Zealand. Akhirnya, Andy pun memutuskan untuk mulai mengadu nasib di Selandia Baru karena itu adalah negara yang memesona, aman, serta dinilai memiliki syarat dan ketentuan yang tidak terlalu rumit bagi orang asing yang ingin menetap di sana. 

Andy menempuh pendidikan jurusan IT selama 2 tahun untuk mendapatkan student visa di New Zealand. Setelah lulus di akhir tahun 2015, Andy mendapat work visa yang berlaku selama 2 tahun. Hanya kurang dari 1 tahun tepatnya pada pertengahan tahun 2016, Andy sudah berhasil mendapatkan visa penduduk (resident visa) dikarenakan sudah memiliki pekerjaan tetap, dikutip dari kanal YouTube-nya. Andy juga memberikan tips mudah cara mendapatkan resident visa hanya dengan bekerja kurang dari satu tahun di sana, yaitu dengan mengambil pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Misal lulusan IT, maka harus mendapat jenis pekerjaan IT juga. Andy menambahkan bahwa orang yang ingin bermigrasi ke Selandia Baru harus mendapatkan pekerjaan permanen dan bertahan di sana hingga mendapat resident visa. 

"Tantangan hidup di Selandia Baru sebagai pendatang adalah awalnya merasa homesick dalam 3-6 bulan pertama, kangen juga makanan Indonesia, terkadang ada keterbatasan bahasa, dan harus adaptasi budaya namun semuanya bisa diimbangi dengan baik. Sementara senangnya hidup di NZ adalah akses kesehatan dan pendidikan gratis, udara yang segar dan minim polusi, serta pemegang visa resident akan mendapat subsidi biaya hidup bila kehilangan pekerjaan atau menganggur walaupun tidak ada yang mau begitu”, ujar Andy Saputra dalam keterangan tertulisnya.

Awalnya Andy sudah memiliki akun YouTube di tahun 2010 dan suka membagikan konten-konten terkait bidang otomotif, gaming, dan konten random lainnya. Setelah menikah dan memiliki anak dengan sang istri Thirza Saputra di tahun 2017, Andy dan istri mulai merekam momen kebersamaan mereka dan membagikan seperti apa kehidupannya di Selandia Baru untuk keluarga, teman-teman, hingga mendapat banyak dukungan dari orang Indonesia lainnya yang ternyata tertarik dengan New Zealand. 

Mulai dari konten travelling keluarga di beberapa destinasi paling indah di Selandia Baru, termasuk kegiatan liburan di musim dingin di mana Andy mengajari anaknya Jayden bermain ski di Whakapapa Ski Area, Mt. Ruapehu, membuat boneka salju, dan naik gondola sambil menikmati pemandangan pegunungan bersalju.

Keluarga Saputra juga merekam keseruannya saat berkunjung ke McDonald's paling keren sedunia di Taupo, Selandia Baru. Restoran cepat saji tersebut berada di dalam bekas pesawat South Pacific Airline DC3 yang sudah tidak aktif lagi, jadi bisa menikmati makanan seperti sedang terbang di pesawat.

Salah satu konten video paling mengharukan adalah saat Andy Saputra membagikan momen kelahiran anak keduanya pada Desember 2020 menggunakan metode water birth (proses persalinan di dalam air) untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan. Andy juga memberikan gambaran bagaimana fasilitas kesehatan di New Zealand lengkap dengan pemandangan indah di sekitar rumah sakit tersebut. "Sebuah pengalaman berharga menemani proses kelahiran Jensen anak kami, walaupun tanpa ditemani sanak keluarga kami karena awal pandemi COVID-19", dikutip dari video YouTube Andy Saputra berjudul Water birth in New Zealand: Jensen Joseph Saputra. 

Selain itu, keluarga Andy Saputra juga membuat konten series yang merekam aksi lucu dan menggemaskan anak-anaknya: Jayden Saputra sang putra sulung bersama Jensen Saputra sang adik. Menunjukan bagaimana mereka bermain, belajar, mencoba makanan khas Indonesia di NZ, mengenal budaya baru, dan menjelajah berbagai spot menarik yang tak terlupakan di New Zealand. 

Memperkenalkan Keindahan Selandia Baru pada Masyarakat Indonesia

Terletak di barat daya Samudera Pasifik, New Zealand memang negara yang sangat memesona dan tercatat sebagai salah satu pusat destinasi wisata paling top di dunia. “Memiliki 4 musim, summer tidak terlalu panas, di autumn daun berguguran dan terlihat indah di perkotaan, winter yang dingin namun tetap hangat bersama keluarga, dan spring yang sejuk” kata Andy Saputra. Silakan kunjungi South Island NZ untuk mendapat pengalaman salju dan ski paling menakjubkan selama musim dingin, atau pergi ke North Island untuk menikmati musim dingin yang sejuk dan membahagiakan. 

Selandia Baru juga pernah dinobatkan oleh Global Peace Index tahun 2018 sebagai negara paling aman di dunia. Tidak heran kenapa Andy Saputra, istri, dan kedua anaknya merasa begitu tenang dan damai hidup di sana, seperti yang terekam dalam berbagai konten video di YouTube-nya. 

"Melalui konten YouTube NZ Life Vlog saya, semoga cerita kami bisa memberi inspirasi dan dinikmati oleh masyarakat luas atau penduduk lokal di NZ yang memiliki pasangan orang Indonesia”, kata Andy Saputra.

Bila tertarik dengan New Zealand mulai dari budaya, pekerjaan, rekomendasi sekolah, biaya hidup, tempat wisata, kehidupan masyarakat lokal, tips mendapatkan visa penduduk, dan hal-hal di antaranya, silakan sapa Andy Saputra di kanal YouTube tersebut. Andy Saputra akan tetap rajin mengunggah konten-konten di YouTube-nya tentang kehidupan di New Zealand untuk menghibur sekaligus memberi inspirasi untuk para pendukungnya di media sosial. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro