Wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah./JIBI-Nurul Hidayat
Travel

Ini Dia 3 Wahana Baru Bertenaga Listrik di Kawasan Candi Borobudur

Nina Atmasari
Kamis, 23 September 2021 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Setelah andong, jeep dan VW, kini ada alat transportasi unik untuk menjelajahi pedesaan di kawasan wisata Candi Borobudur, yaitu otopet, happy otopet, dan happy bike atau sepeda listrik.

Diketahui, wahana baru itu digagas oleh Borobudur Scooter Electric yang ada di Desa Borobudur.

“Ketiganya sama-sama wahana bertenaga listrik, namun masing-masing akan memberikan sensasi yang berbeda-beda bagi yang menggunakannya,” kata Nanang Sipon Prakoso, pengelola di Borobudur Scooter Electric, dikutip dari Harianjogja.com pada Kamis (23/9/2021).

Nanang lalu menjelaskan bahwa otopet memiliki ban lebih keras dibanding happy otopet, sehingga ia hanya digunakan untuk jarak pendek dan medan yang lebih halus. Adapun biaya sewa untuk otopet adalah Rp10.000 per 15 menit.

Sementara itu, happy otopet adalah otopet bertenaga listrik yang memiliki ban angin lebih besar sehingga lebih nyaman untuk digunakan jarak lebih jauh. Rute yang sama juga digunakan untuk happy bike.

Namun, dua jenis transportasi ini berbeda pada posisi pengendara, yaitu terdapat tempat duduk pada happy bike. Selain itu, jika happy otopet hanya bisa digunakan untuk satu orang, happy bike bisa digunakan untuk memboncengkan anak-anak. 

Lalu, adapun paket rute yang ditawarkan kepada wisatawan sendiri terbagi menjadi dua. Pertama, adalah durasi 1,5 jam dengan mengunjungi tiga destinasi, terdiri UMKM batik khas Borobudur, studio payung, dan spot foto Mandala Borobudur. 

Selanjutnya yang kedua, memiliki durasi tiga jam dengan tambahan destinasi, yaitu UMKM madu dan gerabah, serta bisa ditambah makan.

Kemudian, untuk tarifnya, pada durasi pendek dibanderol Rp250.000 per pax, sedangkan durasi panjang Rp350.000 per pax.

“Untuk penggunaan, minimal dua pax. Khusus rombongan di atas 10 pax, bisa menggunakan jasa guide,” jelas Nanang.

Lepas dari itu, saat ini Borobudur Scooter Electric sendiri sudah memiliki 20 happy otopet, 20 happy bike, dan 50 otopet. Rencananya, pengelola masih akan terus menambah ketiga jenis kendaraan tersebut agar bisa digunakan oleh lebih banyak wisatawan yang datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nina Atmasari
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro