Kue bulan/pixabay.com
Kuliner

5 Fakta Kue Bulan, Punya Filosofi Mendalam

Aliftya Amarilisya
Selasa, 21 September 2021 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mooncake Festival tahun 2021 jatuh tepat pada Selasa (21/9/2021) ini.

Untuk merayakannya, keturunan Tionghoa biasanya mengirimkan kue bulan kepada keluarga, teman, maupun kolega.

Seperti namanya, kue tersebut berbentuk bulat dengan lekuk-lekuk di sepanjang sisinya. Sementara di bagian atas, terdapat pola ukiran dan kaligrafi khas China.

Menariknya, dilansir dari Delishably, kue bulan ternyata memiliki peran yang penting dalam festival tersebut. Tak sekadar menjadi kudapan, ia juga mempunyai filosofi dan makna mendalam bagi masyarakat China.

Nah, berikut sejumlah fakta menarik tentang kue bulan atau mooncake.

1. Telah dibuat lebih dari 1000 tahun yang lalu

Kue tradisional yang disebut sebagai Yue Bing ini dipercaya berasal dari dinasti Dinasti Song (960-1279). Lalu, pada masa pemerintahan Kaisar Dinasti Tang Xizong (873-888), ia menjadi makanan yang disuguhkan kepada tamu kerajaan. Tradisi membuat kue bulan ini kemudian berlanjut pada Dinasti Ming (1368-1644) hingga saat ini.

2. Dikaitkan dengan legenda dewi bulan dalam mitologi China

Ada banyak versi legenda mengenai kue bulan. Salah satunya, ia dikaitkan dengan Chang Er atau Dewi Bulan Tiongkok dan dianggap sebagai simbol keabadian.

Dikisahkan, terdapat seorang pemanah bernama Hou Yi yang berhasil memanah 9 dari 10 matahari. Ia kemudian dihadiahi ramuan untuk kehidupan abadi oleh Penguasa Langit.

Ramuan itu harus dibagi dengan istrinya, Chang Er, agar mereka bisa hidup berdampingan selamanya. Akan tetapi, Chang Er justru meminumnya hingga habis, lalu overdosis. Pada saat yang sama, Chang Er merasa melayang ke langit. Ia lalu terdampar di bulan dan menjadi Dewi Bulan.

Sementara itu, untuk mengobati kerinduan akan istrinya, maka setiap tanggal 15 bulan 8, Hou Yi menanti Chang Er dengan menyantap kue bulan.

3. Digunakan sebagai pembawa pesan rahasia

Dilansir dari Quarts, kue ini kerap digunakan untuk mengantar pesan kepada orang Han yang ingin menggulinkan rezim Mongol.

Ada dua versi cerita bagaimana pesan rahasia itu dikemas. Pertama, melalui empat buah kue yang di kemas dalam satu kotak. Untuk membaca pesannya, ia perlu perlu dipotong-potong lalu disusun kembali. Kedua, melalui sebuah kertas yang dimasukkan di tengah-tengah kue.

4. Simbol makanan keluarga

Umumnya, kudapan manis ini tidak disantap secara utuh, tetapi dipotong menjadi beberapa bagian. Tujuannya agar semua anggota keluarga bisa menikmatinya bersama-sama. Oleh karenanya, tak heran jika kue ini pun menjadi simbol makanan keluarga.

5. Memiliki berbagai jenis kulit

Kue dengan diameter berkisar 10 cm dan ketebalan 4-5 cm ini dilapisi dengan kulit tipis sekitar 2-3 mm. Di pasaran sendiri, umunya terdapat tiga jenis kulit mooncake.

Pertama, chewy yang mana terbuat dari bahan-bahan sirup gula kental, lye water, tepung, dan minyak. Lalu, flaky yang dibuat dari minyak dan tepung. Kemudian, tender yang mana paling banyak dipakai di provinsi China dan Taiwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro