Nelayan melintas saat matahari tenggelam di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018)./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Travel

Cek Bujet Liburan ke Labuan Bajo, Kota Surga di Ujung Barat Pulau Flores

Ayyubi Kholid Saifullah
Kamis, 16 September 2021 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di ujung paling barat pulau Flores terdapat sebuah surga dunia untuk para wisatawan yang suka menjelajahi alam. Labuan bajo memiliki banyak keajaiban yang dapat membuat Anda ingin lebih lama lagi disana.

Awalnya Labuan Bajo hanyalah tempat pemancingan kecil, tetapi berkembang menjadi pintu gerbang ke banyak tujuan eksotis di Nusa Tenggara Timur.

Taman Nasional Komodo menjadi salah satu yang memberikan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Flores.

Namun, tidak hanya pulau komodo, ada pulau-pulau lainnya di Taman Nasional Komodo yang juga menjadi rumah bagi satwa liar yang mempesona di darat maupun di bawah air seperti Pulau Rinca dan Pulau Padar

Harga tiket masuk untuk ketiga pulau ini juga sangatlah terjangkau.

Untuk Pulau Komodo, bagi Warga Negara Asing (WNA) 150.000 ketika weekday dan Rp. 225.000 ketika weekend. Sedangkan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) saat Weekday adalah Rp. 5.000 Dan Weekend adalah Rp. 7.500.

Untuk pulau Rinca harga tiket masuk lokasi wisata adalah Rp 25.000/ orang belum temasuk biaya ranger yang anda butuhkan untuk memandu wisata anda selama menjelajahi pulau Rinca.

Untuk Pulau Padar dikenai biaya Rp5.000 untuk para wisatawan domestik. Biaya yang dikeluarkan tersebut masih belum mencakup aktivitas lainnya seperti snorkeling, trekking dan bermain dengan satwa liar.

Selain Taman Nasional Komodo beserta dengan pulau-pulau nya. Labuan Bajo juga dikenal sebagai kota matahari terbenam. Anda dapat menemukan banyak pemandangan luar biasa di langit.

beberapa destinasi menarik seperti Gua Cermin yang terletak hanya 4 kilometer dari Labuan Bajo.

Anda dapat melihat batu reflektif bersinar pada Anda di beberapa bagian, oleh karena itu, goa tersebut dinamakan "Goa Batu Cermin”.

Adapun untuk biaya tiket masuk Goa ini adalah Rp 10.000 dan juga Rp20.000 untuk biaya tour guide.

Terdapat juga Gua yang didalamnya memiliki danau yang bisa Anda pakai untuk berenang. Terletak di Desa Ranko, Gua ranko adalah keajaiban alam yang menghadirkan air biru dan sinar matahari yang menyinari langsung ke arah danaunya.

Tiket untuk masuk Gua rangko adalah Rp10.000 per orang.

Dari beberapa tempat wisata tersebut, masih banyak lagi surga yang tersimpan di pulau Flores. seperti tidak mungkin Anda menghabiskan waktu untuk menikmati kekayaan alam yang dimiliki oleh Labuan bajo dalam waktu sehari.

Dengan itu, para wisatawan membutuhkan tempat menginap untuk beristirahat agar besok hari nya bisa kembali melanjutkan penjelajahan.

Namun, jika Anda mencari penginapan yang kaya akan pemandangan dan dekat dengan pulau-pulau yang menakjubkan sepanjang pantai Wae Cicu yang terdapat deretan hotel dan resor bisa menjadi pilhan Anda.

Rata-Rata harga hotel dan resor di labuan bajo khusus nya di daerah wae Cicu sekitar Rp100.000 sampai dengan Rp7.000.000 per kamar.

Akses menju Labuan Bajo tidak begitu sulit, terapat 3 jalur (Darat, Udara, Laut) yang dapat digunakan untuk sampai ke kota tempat matahari terbenam.

Jika ingin melewati jalur udara untuk mencapai labuan bajo Anda bisa turun di Bandara komodo dengan penerbangan lanjutan atau langsung.

Biaya yang harus dipersiapkan untuk membeli tiket pesawat sekitar Rp1.000.000 - 2.000.000 per orang.

Melalui darat, wisatawan dapat melintasi Pulau Flores namun kemungkinan akan mahal karena menghubungkan Labuan Bajo di wilayah paling barat dengan bagian timurnya.

Sebuah bus juga terdapat dari daerah Denpasar, Bali yang akan membawa Anda menuju ke Bima, Sumbawa. Di Bima, Anda akan menuju ke Sape. Di sana Anda bisa naik feri ke Labuan Bajo.

Sedangkan melalui Laut, Ada beberapa jadwal kapal yang akan berangkat ke Labuan Bajo.

Kapal Tilongkabila dari PELNI berlayar dari Makassar di Sulawesi Selatan ke Labuan Bajo. dengan biaya Rp 200.000 per orang

Kapal Leuser berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya di Jawa Timur.

Dari Pelabuhan Benoa di Bali, Anda juga bisa naik Leuser untuk menuju Labuan Bajo. dengan biaya Rp 230.000 per orang

Kapal Wilis berangkat dari Makassar, dan membawa Anda dari Larantuka di Flores Timur ke Labuan Bajo. Dengan biaya Rp 225.000 per Orang

namun jalur lau memakan waktu yang lebih panjang walaupun akan menghemat biaya anda jauh seperti Anda melalui jalur udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro