Pantai Patong, Phuket/Reuters
Travel

Bangkok Buka Akses Masuk Turis yang Sudah Disuntik Vaksin Covid

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 September 2021 - 08:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Thailand berencana untuk membuka kembali Bangkok untuk pengunjung yang divaksinasi penuh pada Oktober, kata para pejabat Jumat, ketika kerajaan itu berusaha menyelamatkan industri pariwisata yang dihantam oleh pandemi.

Sebelum Covid, pariwisata merupakan seperlima dari pendapatan nasional Thailand tetapi pembatasan perjalanan yang diberlakukan untuk memerangi virus membuat banjir pengunjung asing yang biasa berkurang hingga hampir tidak ada, berkontribusi pada kinerja ekonomi terburuk dalam lebih dari 20 tahun.

Kerajaan terus maju dengan rencana untuk membuka kembali meskipun ada gelombang infeksi ketiga yang mematikan, didorong oleh varian delta.

Otoritas Pariwisata Thailand mengatakan bahwa mulai 1 Oktober, wisatawan asing yang ditusuk sepenuhnya akan dapat mengunjungi Bangkok dan empat provinsi lainnya tanpa menjalani karantina hotel selama dua minggu.

Sebaliknya, lima wilayah - juga termasuk provinsi Chiang Mai, Chon Buri, Phetchaburi dan Prachuap Khiri Khan - diharapkan mengikuti model "kotak pasir" dari jenis yang diujicobakan sejak Juli di pulau liburan Phuket.

Di bawah skema sandbox, wisatawan harus tinggal di area tertentu selama tujuh hari setelah kedatangan dan mengikuti tes covid.

Kemudian pada bulan Oktober, 21 tujuan lagi akan ditambahkan ke daftar termasuk Chiang Rai, Sukhothai dan liburan tepi laut populer Rayong.

Tetapi gelombang ketiga dan paling mematikan di Thailand belum sepenuhnya mereda, dan badan pariwisata memperingatkan bahwa rencana itu bisa berubah.

Thailand melewati tahun 2020 relatif tanpa cedera oleh covid, mencatat jumlah infeksi yang rendah, tetapi sejak April varian Delta telah bertahan dan kasus telah melonjak menjadi lebih dari 1,3 juta, dengan hampir 14.000 kematian.

Lebih dari 29.000 pengunjung internasional yang divaksinasi lengkap mengunjungi pantai di Phuket di bawah skema kotak pasirnya, menghasilkan pendapatan hampir US$50 juta menurut juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana.

Tiga pulau Thailand lainnya juga dibuka kembali Samui, Tao, dan Phangan dengan pembatasan yang sedikit lebih berat.

Satu awan yang menggantung di atas rencana kebangkitan pariwisata Thailand adalah saran perjalanan dari negara-negara lain yang mencegah calon wisatawan untuk berkunjung.

Inggris dan Amerika Serikat telah memperingatkan agar tidak bepergian ke Thailand karena meningkatnya jumlah kasus dan tingkat vaksinasi yang rendah.

Sekitar 16 persen populasi Thailand telah menerima dua dosis vaksin virus corona, kata gugus tugas Covid pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro