Ilustrasi tarian Indonesia di Embassy Festival Belanda/kemlu.go.id
Kuliner

Kuliner dan Tarian Indonesia Hadir di Embassy Festival Belanda

Ni Luh Anggela
Senin, 6 September 2021 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Embassy Festival kembali digelar pada 3 hingga 4 September 2021 lalu di Lange Voorhout, Den Haag. 

KBRI Den Haag juga turut meramaikan festival ini dengan menggelar paviliun Indonesia. Mereka menampilkan tarian “Gandrung Bandung mix Kompang” yang  merupakan gabungan dari tari Bali dan Jaipongan. Tarian karya koreografer Amina Tanoewidjaja itu dibawakan oleh Kelompok Tari InaDance, salah satu grup tari diaspora Indonesia di Belanda.
 
Indonesia menjadi satu-satunya negara dari ASEAN di festival tersebut. Selain Indonesia, India, Finlandia, Ukraina, Rusia, Mesir, Tunisia, Kenya, dan Ethiopia juga turut berpartisipasi dalam Embassy Festival.
 
Tidak hanya tarian Indonesia, ragam kuliner khas Indonesia seperti nasi goreng, sate ayam, jajanan pasar, dan es cendol juga disajikan dalam festival ini.
 
Duta Besar RI untuk Belanda, Mayerfas menyatakan partisipasi Indonesia pada Embassy Festival merupakan upaya diplomasi kuliner dan budaya Indonesia yang pertama kali dilakukan secara fisik di masa pandemi Covid-19.
 
“Setelah lebih dari setahun promosi kuliner dan budaya dilakukan secara online, partisipasi Indonesia di Embassy Festival memberikan kesempatan kepada masyarakat Belanda untuk menikmati makanan dan seni budaya Indonesia secara langsung,”  jelas Dubes Mayerfas, melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (6/9/2021).
 
Embassy Festival merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2012, dan sempat diselenggarakan secara virtual pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19. Setelah diberlakukannya relaksasi kebijakan pencegahan Covid-19 oleh Pemerintah Belanda pada pertengahan tahun 2021, kota Den Haag kembali menyelenggarakan Embassy Festival dengan format unique seated cultural dining experience.
 
Tahun ini, Embassy Festival dihadiri lebih dari 700 pengunjung. Pengunjung yang hadir harus telah divaksin dan dibagi ke tiga slot berdurasi masing-masing 2,5 jam. Pengunjung duduk di 1 meja per keluarga dan memesan makanan secara daring serta menyaksikan penampilan seni dari tempat duduknya. Format ini memastikan protokol kesehatan Covid-19 tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro