Iustrasi trip bisnis/istimewa
Travel

Kiat Aman Cegah Penularan Covid Saat Trip Bisnis

Ni Luh Anggela
Kamis, 2 September 2021 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 sempat membuat banyak orang harus berpikir dua kali untuk bepergian, begitu pula dengan perjalanan bisnis.

Jika Anda harus melakukan perjalanan bisnis selama masa pandemi, ada beberapa cara untuk menjaga diri Anda tetap aman. Meskipun vaksinasi penuh terhadap Covid-19 membantu, masih dapat dimengerti jika Anda merasa cemas selama perjalanan.
 
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terpapar virus. Baik Anda melakukan perjalanan darat, udara maupun laut, berikut adalah beberapa tips aman yang perlu Anda ingat, melansir Inc., Kamis (2/9/2021).
 
1. Ambil rute langsung dan hindari kontak langsung

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari singgah dan beberapa perubahan pesawat untuk mencapai tujuan Anda jika Anda akan terbang. Jika Anda menginap di hotel selama beberapa malam, carilah hotel di dekat tujuan Anda yang dapat Anda datangi dengan berjalan kaki atau bahkan bersepeda. Usahakan agar perjalanan Anda tetap sederhana dengan perubahan sesedikit mungkin.
 
Terbang siang hari pada pertengahan minggu biasanya tidak sepadat penerbangan pagi atau sore hari (walaupun kemungkinan akan lebih mahal). Anda juga dapat mempertimbangkan mengemudi mobil ke tujuan Anda atau terbang ke bandara yang lebih kecil yang tidak terlalu padat.

2.  Beri waktu ekstra

Sebaiknya, beri diri Anda waktu ekstra saat bepergian, terutama bila mungkin ada penundaan tambahan, pembatasan atau bahkan penerbangan yang dibatalkan. Karena di tengah situasi pandemi yang tidak pasti ini, semua hal yang tidak Anda harapkan dapat terjadi.
 
3. Persiapkan semuanya dengan baik

Beberapa bandara memiliki layanan dan jam terbatas. Beberapa maskapai juga membatasi layanan makanan dan minuman mereka. Jika Anda sedang diet, ada baiknya untuk merencanakannya karena mungkin tidak ada pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.
 
Ada baiknya untuk membawa masker ekstra, pembersih tangan, dan pakaian ekstra jika terjadi paparan. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa maskapai melarang masker kain. Pastikan untuk memeriksa persyaratan maskapai dan tujuan Anda untuk membantu Anda merencanakannya dengan tepat.
 
Jika perjalanan Anda lebih dari beberapa hari, periksa protokol keamanan akomodasi dan kebijakan pembersihan. Anda juga perlu untuk membawa tisu tambahan untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh.
 
4. Periksa persyaratan maskapai dan tempat tujuan

Anda mungkin perlu mengunggah dokumen vaksinasi atau bukti tes Covid-19 negatif untuk bepergian. Tes ini sering dilakukan dalam 72 jam terakhir. Rencanakan dengan tepat untuk membuat pengaturan agar tes Anda tiba tepat waktu.
 
Karena informasi ini sering diperbarui, sebaiknya periksa tujuan dan metode perjalanan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang diperlukan.
 
5. Miliki rencana cadangan

Jika Anda terinfeksi virus corona saat bepergian, buatlah rencana untuk rumah Anda dan tujuan Anda. Cari seseorang yang dapat mengelola rumah Anda saat Anda pergi jika ternyata penerbangan Anda di tunda, atau Anda jatuh sakit dan harus dikarantina.
 
6. Tetap fleksibel

Pandemi atau tidak, perjalanan bisa membuat frustasi ketika hal yang tidak terduga terjadi. Varian virus corona mungkin mengharuskan Anda untuk menyesuaikan rencana secara tidak terduga. Meskipun merupakan ide yang baik untuk memiliki asuransi perjalanan, cakupannya mungkin terbatas dan bervariasi sehubungan dengan pandemi.
 
Saat mempertimbangkan media mana yang akan digunakan saat bepergian, pertimbangkan kebijakan pembatalan dan pengembalian uang, terutama jika Anda akan mengunjungi tempat dengan jumlah kasus yang tinggi. Jika perjalanan Anda bersifat opsional, pertimbangkan jumlah kasus dan rawat inap di tempat tujuan Anda.
 
Tentu saja, jika memungkinkan, mendapatkan vaksinasi, menerapkan kebersihan yang baik, menerapkan jarak sosial, dan memakai masker dapat membantu Anda tetap aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro