Ilustrasi/Somnomed
Travel

Jangan Lakukan Ini Saat Traveling ke Luar Negeri di Masa Pandemi

Ni Luh Anggela
Rabu, 1 September 2021 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Melakukan perjalanan ke luar negeri dapat menjadi pengalaman yang paling menarik, mengubah hidup dan tak terlupakan yang pernah dialami banyak pelancong. Setiap negara memiliki keunikannya masing-masing, menawarkan pemandangan yang memanjakkan mata, keragaman budaya, dan perspektif yang tidak bisa Anda dapatkan di rumah.
 
Saat akan berlibur ke luar negeri, banyak orang sudah merencanakan ke tempat mana saja yang ingin dikunjungi, dan apa saja yang akan mereka beli ketika berada di sana. Namun, Anda perlu berhati-hati dan memiliki rencana yang matang sebelum bersiap untuk pergi ke luar negeri.
 
Di sini, para ahli mempertimbangkan kesalahan yang harus Anda hindari saat bepergian ke luar negeri, melansir Go Banking Rates, Rabu (1/9/2021).
 
1. Tidak Memverifikasi Pemesanan

Saat Anda bepergian ke luar negeri, Michelle Halpern, pendiri, editor dan fotografer blog perjalanan Live Like It's the Weekend, mengatakan, Anda berisiko lebih besar menghadapi penipuan.
 
"Verifikasi semua pemesanan dan reservasi Anda sebelum berangkat ke negara asing," katanya. "Pastikan Anda mencari akomodasi yang paling sah dan penawaran perjalanan dengan perusahaan terkemuka." Tidak ada salahnya juga berinvestasi di kartu kredit yang tidak membebankan biaya transaksi luar negeri, katanya. "Ini mungkin akan menghemat uang Anda,”
 
2. Lupa Memperbaharui Dokumen Perjalanan

“Jangan percaya ingatan Anda untuk memberi tahu Anda apakah paspor Anda masih berlaku atau tidak,” kata Will Hatton, pendiri dan CEO situs perjalanan hemat Broke Backpacker.
 
Pastikan Anda memperbarui semua dokumen perjalanan Anda untuk menghindari masalah dalam perjalanan Anda. Jangan mengambil risiko bepergian dengan paspor kedaluwarsa, karena Anda dapat ditangkap di negara tujuan Anda.
 
Dia juga merekomendasikan untuk mencadangkan dokumen perjalanan penting ke penyimpanan berbasis cloud Anda seperti visa, ID, polis asuransi perjalanan, paspor, dan rencana perjalanan Anda untuk pergi bersama anggota keluarga atau teman tepercaya di rumah, untuk berjaga-jaga jika hilang atau dicuri.
 
3. Tidak Membeli Asuransi Perjalanan

Pakar yang berbeda memiliki pendapat yang berbeda tentang apakah akan membeli asuransi perjalanan, tetapi Brian Donovan, CEO Timeshatter, merekomendasikannya terutama selama pandemi.
 
“Dengan faktor-faktor yang tidak diketahui dari potensi penguncian, pembatalan perjalanan, karantina, dan rawat inap karena Covid-19, para pelancong perlu memastikan mereka dilindungi, apa pun yang terjadi.” jelasnya.
 
Dia menyatakan bahwa harga asuransi perjalanan secara eksponensial lebih murah jika dibandingkan dengan biaya yang Anda keluarkan apabila berurusan dengan dampak pandemi seperti potensi penguncian, pembatalan perjalanan, karantina, dan rawat inap karena Covid-19.
 
4. Tidak Mengikuti Protokol Keamanan

Chaz Wyland, pendiri SnowmobileHow dan seorang pelancong berpengalaman yang telah mengunjungi puluhan negara, mendesak para pelancong untuk memperhatikan protokol keselamatan yang diperlukan oleh setiap tujuan tertentu.
 
“Setiap negara memiliki aturan berbeda mengenai pengunjung dan Anda mungkin perlu membuktikan bahwa Anda memiliki vaksin, memberikan hasil tes negatif, atau karantina pada saat kedatangan. Tidak mengikuti aturan ini bisa berarti Anda ditolak masuk dan paling buruk Anda akan dijebloskan ke penjara.”
 
5. Tidak Menyelidiki Prosedur dan Aturan Karantina Covid-19

Orang yang divaksinasi bahkan dapat terinfeksi kasus terobosan virus corona.
 
“Jika Anda dites positif saat berlibur, Anda mungkin harus dikarantina, dan itu bisa berarti membayar akomodasi tambahan, membayar biaya perubahan penerbangan, dan bahkan harus mengambil cuti kerja ekstra,” kata Candice Criscione, pendiri MomInItaly.com dan TheTuscanMom.com.
 
Jadi, periksa paket asuransi perjalanan Anda untuk melihat apakah biaya karantina Covid-19 ditanggung. Jika tidak, mungkin baik untuk memiliki dana darurat atau kartu kredit yang tersedia untuk membayar biaya tersebut.
 
6. Pemesanan Lebih dari 2 hingga 3 Bulan Sebelumnya

Sebelum Covid-19 melanda, memesan dari jauh-jauh hari adalah ide yang baik untuk memastikan harga yang lebih baik. Namun, Carlos Grider, pakar perjalanan dan penulis situs ABrotherAbroad.com, mendesak para pelancong untuk tidak memesan lebih dari dua hingga tiga bulan sebelumnya.
 
“Karena penyebaran varian virus corona, hampir setiap negara telah melalui pembukaan kembali diikuti dengan penutupan perbatasan baru dan penguncian. Dari pengamatan saya, dua hingga tiga bulan adalah waktu terjauh yang dapat kami prediksi apakah suatu destinasi akan benar-benar membuka perbatasannya untuk periode yang ditentukan.” katanya.
 
7. Tidak Memesan Mobil Sewaan Terlebih Dahulu

Perusahaan penyewaan mobil adalah korban lain dari pandemi, banyak dari mereka telah mengurangi armada mereka saat pembatasan perjalanan. Akibatnya, beberapa sekarang mengalami kelangkaan mobil dan mengenakan biaya yang lebih tinggi.
 
“Tidak ada yang ingin naik kereta yang penuh sesak saat ini. Pesan lebih awal atau Anda akan mendapatkan harga yang mahal.” kata Criscione.
 
8. Tidak Mengecek Biaya Roaming Paket Seluler Anda

Menelepon, mengirim SMS, dan menggunakan Facetime secara internasional dapat menimbulkan biaya roaming yang mahal. Menurut Allan Borch, pendiri DotcomDollar, Anda harus memeriksa paket ponsel Anda sebelum bepergian ke luar negeri untuk melihat berapa banyak yang dapat Anda bayar.
 
“Pertimbangkan untuk meningkatkan kontrak Anda atau cukup ambil langkah untuk berhati-hati saat berada di luar negeri. Jika Anda perlu menelepon seseorang, gunakan opsi panggilan berbasis internet gratis seperti Zoom, Facebook, atau WhatsApp saat terhubung ke wi-fi hotel Anda daripada melakukan panggilan telepon.” saran Borch.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro