Hydrosaurus Amboinesis
Travel

Wah Ada 'Dinosaurus' Mini di Indonesia, Begini Penampakannya

Ayyubi Kholid Saifullah
Selasa, 31 Agustus 2021 - 18:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Zaman dinosaurus mungkin saja sudah hilang berjuta tahun lalu. Tapi masih ada dinosaurus mini yang bisa Anda saksikan di Indonesia. Kok bisa?

Dia adalah soa-soa atau kadal air adalah biawak dengan nama ilhmiah Hydrosaurus Amboinesis yang memiliki panjang 75 CM termaksuk bagian ekornya.

Dikutip dari akun instagram balai taman nasional Aketajawe Lolobata biawak itu biasa disebut sebagai dinosaurus mini.

"Ada dinosaurus mini nih di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata #tnal. Yup, dinosaurus kecil ini didokumentasikan oleh Kak Santa saat kegiatan inventarisasi satwa liar di Resort Tayawi. Serem apa lucu? Hehe... Warga sini menyebutnya dengan soa-soa layar dengan nama ilmiah Hydrosaurus amboinensis. Sukanya memang bermain di dekat air tapi juga suka memanjat pohon tinggi lho Hobata. So, jangan suka renang dan manjat ya, nanti di kejar sama soa-soa ini....hihihi," tulis mereka di akun instagramnya.

Soa-soa berasal dari Indonesia Timur, warga disana menyebutnya dengan nama soa-soa layar. bintang ini senang bermain di dekat air. Tidak hanya itu, soa-soa juga terampil berenang dan memanjat pohon tinggi.

Soa-soa tinggal di pohon-pohon yang tumbuh di sekitar aliran sungai atau kolam. Berbeda dengan Soa-Soa remaja. Mereka sering ditemukan di hidup diparit-parit. Namun seiring dengan kerusakan tempat tinggalnya, populasi soa-soa ikut menurun dengan pesat. Di Pilipina, Soa-soa sudah punah seiring ketidaknyamanan habitat mereka karena penebangan hutan.

Mereka diburu untuk diambil telur nya, oleh karena itu, soa-soa masuk dalam kategori satwa liar yang dilindungi

Tetapi, jangan khawatir, kita masih tetap dapat melihat dan menemukan soa-soa layar di Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Maluku Utara sebagai inventarisasi satwa liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro