Duta Besar RI Priyo Iswanto (kanan) melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Hon. E.P Chet Greene di Kantor Pemerintahan Antigua & Barbuda dalam rangka mengucapkan selamat atas Hari Kemerdakaan ke-38 Antigua & Barbuda  dan membahas peningkatan kerjasama di bidang politik, perdagangan dan people-to-people contact bagi kedua negara/Dok.-Kemenlu
Travel

Hore! Berkunjung ke Antigua dan Barbuda, WNI Kini Bebas Visa

Thomas Mola
Sabtu, 28 Agustus 2021 - 18:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga negara Indonesia atau WNI kini bisa berkunjung tanpa visa selama 30 hari ke Antigua dan Barbuda sejak Agustus 2021. Keputusan pemberian bebas visa tersebut dilandasi pertimbangan atas asas resiprositas dan semakin membaiknya hubungan bilateral antara Indonesia dan AB.

Sebelumnya, Indonesia telah memberikan kebijakan bebas visa kepada warga negara Antigua dan Barbuda untuk mengunjungi Indonesia, sebagaimana diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 21/2016.

Menteri Luar Negeri Antigua dan Barbuda E. Paul Chet Green menandatangani instrumen bebas visa bagi WNI pada 27 Agustus 2021 sebagai tindak lanjut dari keputusan sidang kabinet AB pada November 2019 yang memutuskan untuk memberikan fasilitas bebas visa kepada semua Warga Negara Indonesia.

Paul Chet mengatakan pemberlakuan bebas visa ini merupakan apresiasi kepada Indonesia dan Duta Besar Priyo Iswanto atas upaya meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Antigua dan Barbuda yang telah dirintis sejak tahun 2017.

“Pemerintah Antigua dan Barbuda berminat untuk meningkatkan kerja sama yang lebih konkret dengan Indonesia antara lain dalam kerja sama di sektor perdagangan, pariwisata, pertanian dan kelautan, serta pendidikan,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (28/8/2021).

Dengan pemberlakuan bebas visa bagi WNI oleh negara Antigua dan Barbuda maka seluruh negara akreditasi di wilayah kerja Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bogota (Kolombia, Antigua dan Barbuda, Barbados, dan St. Kitts dan Nevis) telah memberlakukan bebas visa bagi WNI.

Antigua dan Barbuda adalah sebuah negara kepulauan berpenduduk sekitar 95.000 orang yang terletak di Laut Karibia bagian timur. Kepulauan ini adalah bagian dari Kepulauan Antilles Kecil, dan berbatasan dengan Guadeloupe di sebelah selatan, Montserrat di barat daya, Saint Kitts & Nevis di barat, dan Saint Barthelemy di barat laut.

Indonesia dan Antigua & Barbuda mulai membuka hubungan diplomatik pada 23 September 2011. Indonesia memandang Antigua dan Barbuda sebagai mitra penting di kawasan Karibia.

Priyo Iswanto, Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, merangkap Antigua dan Barbuda serta Saint Christopher dan Nevis mengatakan keputusan Pemerintah Antigua dan Barbuda merupakan pemahaman yang sangat baik atas perkembangan yang terjadi di Indonesia dan insentif ini akan dapat lebih meningkatkan hubungan dan kerja sama yang lebih luas antara kedua negara.

Dalam upaya meningkatkan kerja sama kedua negara, Pemerintah Indonesia telah memberikan peningkatan kapasitas antara lain di bidang penanggulangan bencana dan menawarkan beasiswa bagi pelajar Antigua dan Barbuda untuk belajar singkat di Indonesia.

Selain itu, baru-baru ini Pemerintah Indonesia telah memberikan bantuan dana hibah kemanusiaan untuk mendukung proyek Community Connect senilai Rp1,27 miliar. Proyek tersebut adalah bagian dari program Build Back Better yang dicanangkan Pemerintah Antigua dan Barbuda untuk daerah yang terkena bencana Badai Irma tahun 2017.

Guna meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, Pemerintah AB telah menyetujui pengangkatan Paul E. Ryan sebagai Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Saint John´s, Antigua.

Penunjukan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 8 November 2019. Paul E. Ryan telah memulai menjalankan tugasnya sebagai konsul kehormatan setelah menerima Surat Tauliyah (Exequatur) pada 4 Desember 2019 yang ditandatangani oleh Gubernur Jenderal Antigua dan Barbuda yang bertindak atas nama Ratu Elizabeth II.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro