Es krim/wisegeek.com
Kuliner

Es Krim Ternyata Bisa Bikin Tidur Tidak Nyenyak Lho

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perasaan terbaik di dunia adalah mengakhir malam sebelum tidur dengan makanan favorit kita. Es krim adalah salah satu santapan lezat pencuci mulut yang paling pas untuk bersantai.

Es krim juga dapat memberi kita beberapa nutrisi yang diperlukan seperti kalsium, serta memberi kita sedikit kesenangan terkait makanan dari waktu ke waktu.

Namun, ada efek buruk dari makan es krim yang mungkin tidak disadari oleh sebagian orang. Salah satu efek samping utama dari makan es krim, terutama jika Anda menikmatinya sebagai makanan penutup sebelum tidur, adalah dapat mengganggu tidur Anda. 

Dalam Journal of American Heart Association, diet berkualitas rendah dan mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi (terutama dalam bentuk gula tambahan) dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih buruk.

Beberapa temuan baru-baru ini lebih memfokuskan pada tambahan gula menjadi salah satu penyebab utama masalah tidur terkait makanan yang Anda konsumsi.

Sebuah studi terpisah The Journal of Clinical Sleep Medicine menyatakan secara khusus bahwa tambahan gula menyebabkan sulit tidur dengan lebih banyak gangguan sepanjang malam.

Salah satu penjelasan mengapa makan terlalu banyak gula menyebabkan masalah tidur mungkin adalah bahwa makan gula, terutama sebelum tidur, sebenarnya dapat menunda ritme pemrosesan alami tubuh kita.

Dalam sebuah studi dari Journal of Biological Rhythms sekelompok pria dengan kebiasaan tidur teratur makan malam dengan kandungan lebih tinggi karbohidrat dan gula.

Ditemukan, bbahwa detak jantung dan suhu tubuh mereka meningkat hingga 8 jam setelah makan malam yang banyak mengandung karbohidrat.

Ini adalah contoh bagaimana mengonsumsi lebih banyak gula dan karbohidrat memperlambat ritme sirkadian kita. Karena ritme sirkadian kita, kita mengalami tidur terdalam dan terbaik saat suhu tubuh kita turun dan kadar melatonin kita meningkat jika ritme tersebut melambat akan mengarah pada kualitas tidur yang lebih buruk.

Dengan banyak es krim tidak sehat yang rata-rata memiliki jumlah gula yang tinggi, Anda tentu harus waspada dengan ukuran porsi saat Anda makan es krim di malam hari dan ingin mendapatkan istirahat malam yang baik.

Gula yang terkandung dalam Es krim bukan menjadi satu satunya yang membuat kita tidak bisa beristirahat dengan baik.

Misalnya Cokelat, jika anda menyukai Es Krim rasa cokelat anda bisa saja terjaga dalam malam anda, karena Cokelat mengandung kafein dan theobromine , antioksidan alami yang diketahui memiliki efek merangsang. Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, makan es krim cokelat bisa meningkatkan risiko tidur lebih gelisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro