Bone broth
Kuliner

Manfaat Konsumsi Bone Broth untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pernahkah Anda mendengar bone broth? Mungkin masih ada yang awam dengan istilah ini.

Tapi, mengkonsumsi Bone broth menjadi tren bagi sejumlah kalangan dewasa ini.

Tren ini berkembang di sejumlah negara seperti di Eropa dan Amerika Serikat.

Dirangkum dari berbagai sumber, Bone broth sebenarnya bukan hal baru dalam dunia kuliner dan kesehatan. Bone broth merupakan sejenis kaldu yang biasa dibuat dari daging dan tulang sapi.

Masyarakat Indonesia biasa memakan sup kaldu sapi dengan campuran seperti wortel, emping dan sebagainya. Namun, yang membedakan Bone Broth dengan kaldu yang biasa kita konsumsi adalah waktu proses produksi bone broth yang cukup lama.

Jika biasanya dalam membuat kaldu kita memasak hanya beberapa jam saja, namun untuk membuat bone broth kita harus merebus tulang beserta daging selama 24 jam bahkan lebih.

Dilansir dari Healthline, bone broth merupakan kaldu tulang yang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan.

Kaldu yang sangat bergizi ini biasanya digunakan dalam sup, saus, dan saus. Ini juga baru-baru ini mendapatkan popularitas sebagai minuman kesehatan.

Anda dapat membuat kaldu tulang menggunakan tulang dari hampir semua hewan seperti sapi, sapi muda, kalkun, domba, banteng, kerbau, daging rusa, ayam, atau ikan.

Sumsum dan jaringan ikat seperti kaki, kuku, paruh, rempela, atau sirip juga dapat digunakan.

Salah satu produsen Bone broth di Indonesia Brothnco menyebut bahwa dalam memproduksi bone broth pihaknya bisa menghabiskan waktu perebusan tulang dan daging 24 – 48 jam. Lamanya proses perebusan ini bertujuan untuk mengeluarkan semua nutrisi yang terkandung dalam tulang dan daging.

Christina menyebut bahwa tren mengkonsumsi Bone broth sudah berkembang di Indonesia. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi bone broth memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu proses diet.

Christina menjelaskan bahwa banyak konsumennya yang justru direkomendasi oleh praktisi kesehatan untuk mengkonsumsi bone broth dalam menjaga kesehatan secara alami atau diet karena kandungan kalori yang tergolong kecil, bebas dari bahan pengawet, logam berat, antibiotik atau bahan tambahan lainya.

Christina Tanuwidjaya CEO Brothnco menyebut di luar negeri, trend bone broth sangat diminati karena segala kebaikan bone broth sangat baik untuk kesehatan, diet dan juga kecantikan.

Di luar negeri salah satu dokter yang terkenal merekomendasikan masyarakat untuk meminum bone broth guna menjaga kesehatan dan diet salah satunya Dr. Kellyan Petrucci. Mengkonsumsi bone broth menurut Dr Kelly, disebutkan dapat memperbaiki kebocoran usus (leaky gut), memelihara fungsi sendi, mencerahkan kulit dan melancarkan fungsi pencernaan serta masih banyak lagi manfaatnya.

“Untuk Brothnco kami menjaga kualitas produk. Mulai dari waktu yang tidak sebentar 24-48 jam untuk proses masaknya saja. Hal ini untuk memaksimalkan nutrisi dari tulang dan daging bisa diperoleh. Sehingga untuk total produksinya bisa memakan waktu berhari-hari,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro