Warga Yunani merayakan kemenangan memilih No di Athena, Minggu (5/7/2015)./REUTERS
Travel

9 Kota Paling Tua dan Epik di Bumi

Janlika Putri Indah Sari
Jumat, 13 Agustus 2021 - 19:27
Bagikan

Kirkuk, Balkh, dan Athena

4. Kirkuk, Irak – 2.200 SM

Kota Kirkuk, lebih dari 100 mil di utara Baghdad dan tepat di selatan Erbil pernah memiliki banyak arti strategis bagi orang Babilonia dan Media. Kota itu tetap penting hingga hari ini karena kekayaannya yang besar dalam minyak bumi.

Kirkuk menjadi basis operasi bonafide untuk industri minyak Irak. Neskipun telah banyak berubah sejak zaman kuno, Kirkuk juga masih memiliki reruntuhan yang berusia 5.000 tahun.

Sayangnya, seperti banyak sejarah, keindahan dan nilainya telah dikaburkan oleh ekstremisme dan konflik modern.

5. Balkh, Afghanistan – 1.500 SM

Dikenal sebagai Ibu Kota oleh orang Arab dan Baktra oleh orang Yunani, Balkh terletak di Afghanistan utara. Balkh adalah pusat ibadah untuk agama seperti Islam, Buddha, dan Zoroastrianisme dan di zaman modern kota itu menjadi produsen utama kapas di wilayah tersebut.

Karena sejarah keagamaannya, landmark seperti Masjid Hijau dan Masjid Khost cenderung menjadi perhentian yang paling sering dikunjungi wisatawan.

6. Athena, Yunani – 1.400 SM

Athena telah mempertahankan basis wisata yang relatif besar karena warisannya sebagai kelahiran demokrasi. Acropolis, Parthenon, Kuil Olympian, Zeus, Athena, dan monumen lainnya menjadikan Athena tujuan populer bagi penggemar sejarah yang suka melihat reruntuhan kuno dan artefak yang terkait dengan pendiri ideologis Barat.


Athena telah terus dihuni selama kira-kira 5.000 tahun. Dalam beberapa dekade terakhir, kota ini telah mengalami upaya yang signifikan untuk memodernisasi, dengan bandara baru dan sistem metro. Kedua faktor ini sangat penting dalam memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2004, sebuah acara yang secara keseluruhan merupakan sukses besar bagi kota tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro