Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Begini Cara Pilih Buah Segar dan Tidak Busuk

Pecinta buah, ini tips penting bagi Anda saat memilih buah di pasar tradisional atau supermarket agar tidak salah pilih.
Luke Andaresta
Luke Andaresta - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  10:02 WIB
Begini Cara Pilih Buah Segar dan Tidak Busuk
Ilustrasi buah segar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli buah tidaklah bisa sembarangan. Selain harus tahu kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, juga penting memilih buah yang masih segar untuk dikonsumsi.

Tapi, tidak semua orang tahu bagaimana cara memilih buah yang segar untuk dibeli. Kadangkala, kita juga tidak paham buah yang mana yang sudah matang atau masih mentah.

Akhirnya mengandalkan si penjual, walau kadangkala juga tidak tepat pilihannya.

Untuk itu, penting juga bagi Anda  tahu bagaimana sih cara memilih buah yang segar dan sudah matang untuk langsung dikonsumsi di rumah.

Mengolah dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih buah yang segar dan matang.

1. Pilih buah yang berwarna cerah

Hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah warna buah. Untuk beberapa buah, warna cerah biasanya memiliki arti kualitas yang baik. Sebaliknya, hindari buah yang warnanya terlalu pucat atau tua, karena itu menandakan bahwa buah belum cukup matang. Adapun, buah yang warnanya terlalu tua menandakan buah sudah mulai busuk.

2. Cium aromanya

Buah yang matang dan berkualitas baik biasanya memiliki aroma yang segar dan cenderung manis, sedangkan buah yang belum matang cenderung beraroma sepat atau bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Selain itu, hindari juga buah yang berbau asam dan menyengat karena kemungkinan buah tersebut telah busuk.

3. Cek kulit buah

Untuk mengetahui apakah buah yang kamu beli sudah matang atau belum, kamu juga mengecek dari kulitnya. Buah yang masih segar biasanya memiliki kulit yang bagus atau tidak rusak, sedangkan buah yang tidak segar biasanya ditandai dengan kulit yang mulai keriput, lembek, bahkan rusak.

4. Perhatikan teksturnya

Hal yang tak kalah penting juga adalah dengan melihat dan memperhatikan tekstur buah. Kamu juga bisa mencoba menekan bagian badan buah. Jika buah sudah matang biasanya memiliki tekstur yang empuk tetapi tidak lembek. Selain itu, sebaiknya hindari buah yang tekstur dagingnya masih keras karena biasanya belum bisa langsung dimakan alias masih mentah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tandan buah segar buah tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top