Danau Tengkorak
Travel

Fenomena Danau Tengkorak di India Masih Jadi Misteri, Berani Berkunjung?

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 9 Agustus 2021 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada puncak gunung Himalaya di Kumaun barat, terletak Danau Roopkund yang sering disebut Danau Kerangka. Himalaya sendiri berada di ketinggian 16.500 kaki di atas permukaan laut dan terletak di lembah bersalju di dasar Trishul.

Hanya ketika salju mencair selama beberapa bulan di musim panas sekitar Agustus dan September, kerangka itu bisa terlihat. Sebagian besar kerangka terpelihara dengan baik, beberapa dengan daging masih menempel. Kerangka itu adalah sisa-sisa jasad dari sekitar 600-800 manusia.

Dilansir dari travelawaits, Senin (9/8/2021) danau itu sendiri tidak besar, hanya lebarnya 130 kaki dan dalamnya 8 kaki, tetapi keindahannya memesona. Sinar lembut sinar matahari mengintip di atas pegunungan yang tertutup salju, menerangi danau dan lereng di sekitarnya yang dipenuhi ratusan tulang manusia.

Untuk mencapai danau adalah perjalanan pulang pergi yang menantang. Membutuhkan waktu selama seminggu dengan jarak 33 mil dari Taman Nasional Nanda Devi. Kondisi danau tergantung pada musim dan cuaca. Danau membeku hampir sepanjang tahun, mengembang dan menyusut.

Rahasia mengerikan danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjaga hutan Inggris pada tahun 1942, selama Perang Dunia II. Dia awalnya mengira kerangka itu milik tentara Jepang yang jatuh yang mencoba menyerang melalui India. Pemeriksaan lebih dekat oleh tim penyelidik Inggris, membuktikan tulang itu jauh lebih tua.

Danau Roopkund relatif tidak sulit diakses karena jalan kases dan danau sering tersembunyi di bawah salju hampir sepanjang tahun. Setelah penemuan awal mereka, tulang-tulang itu dilupakan selama Perang Dunia II dan kemudian ketika India memperoleh kemerdekaannya (1947).

Lalu pada pertengahan 1950-an penelitian lebih lanjut dilakukan, tetapi pada saat itu, longsoran salju dan gempa bumi telah menggeser banyak dari apa yang telah ditemukan. Beberapa tulang yang tersebar dikumpulkan dan dianalisis, tetapi tidak banyak wawasan yang diperoleh.

Selama lebih dari setengah abad, para ilmuwan dan antropolog telah mempelajari sisa-sisa kerangka, membingungkan kisah mereka. Siapa orang-orang ini? Dari mana mereka berasal? Kapan mereka mati? Bagaimana mereka mati? Banyak teori telah diajukan selama bertahun-tahun seperti dari epidemi, tanah longsor, gempa bumi, ritual bunuh diri, hantu, dan banyak lagi.

Namun, satu teori menunjukkan bahwa sekitar 870 tahun yang lalu, Raja Jasdal dan istrinya melakukan ziarah untuk memenangkan hati Nanda Devi, manifestasi dari dewi Hindu Parvati. Sang ratu melahirkan seorang anak dalam perjalanan, membuat marah sang dewi, yang merasa ini telah menodai tanah sucinya, dan raja membawa serta penari dan kemewahan lainnya yang semakin membuat marah Parvati, jadi dia memunculkan badai salju yang dahsyat, membunuh raja, istrinya. , dan semua pelayannya.

Teori lain menunjukkan bahwa sisa-sisa kerangka itu adalah tentara India yang telah mencoba dan gagal untuk menyerang Tibet pada tahun 1841. Para prajurit yang dipukul mundur dipaksa untuk menemukan jalan pulang melalui Himalaya, banyak yang tewas di sepanjang jalan. Namun teori lain mengatakan bahwa daerah itu adalah semacam kuburan bagi korban epidemi.

Studi awal tentang kerangka di Danau Roopkund menyimpulkan sebagian besar korban adalah orang dewasa setengah baya yang tinggi. Meskipun tidak ada bayi atau anak-anak, beberapa jenazah adalah wanita lanjut usia. Semua tampaknya memiliki kesehatan yang cukup baik. Studi awal mengarah pada asumsi umum bahwa kerangka itu berasal dari sekelompok orang yang meninggal dalam satu insiden bencana selama abad ke-9.

Pada tahun 2004, tim National Geographic melakukan perjalanan ke Roopkund dan menemukan sekitar 30 kerangka. Ketinggian danau dan suhu es telah mengawetkan sebagian besar sisa-sisa, dengan beberapa kerangka masih memiliki rambut dan daging yang menempel. Ahli genetika India yang melakukan tes DNA menyimpulkan bahwa kerangka itu berusia sekitar 1.200 tahun. Studi ini menjelaskan sedikit tentang apa yang mungkin terjadi, tetapi misteri itu masih jauh dari terpecahkan.

Sebuah studi selama lima tahun, yang melibatkan 28 rekan penulis dari 16 institusi di India, Amerika Serikat, dan Jerman, mempertanyakan semua asumsi sebelumnya tentang sisa-sisa tulang di Danau Roopkund. Para ilmuwan melakukan penanggalan karbon dan menganalisis secara genetik sisa-sisa 38 mayat yang ditemukan di danau. Sementara beberapa sisa memang berusia sekitar 1.200 tahun, para ilmuwan menemukan orang mati secara genetik beragam dan kematian mereka dipisahkan dalam waktu sebanyak 1.000 tahun.

Studi ini menemukan kerangka mewakili orang yang beragam. Beberapa tetap memiliki genetika yang mirip dengan orang Asia Selatan saat ini, sementara yang lain tampaknya terkait erat dengan orang yang tinggal di Eropa saat ini, khususnya pulau Kreta Yunani. Apakah orang-orang yang beragam ini melakukan perjalanan ke danau dalam kelompok-kelompok kecil selama beberapa ratus tahun? Apakah mereka mati dalam peristiwa terpisah? Apakah beberapa dari mereka mati dalam satu peristiwa? Sementara beberapa kematian kuno mungkin merupakan akibat dari satu peristiwa bencana tunggal selama ziarah, bagaimana bisa kehadiran orang-orang Mediterania timur di sebuah danau terpencil di pegunungan tertinggi India dapat dijelaskan?

Begitu banyak pertanyaan dan begitu sedikit jawaban. Setelah bertahun-tahun, masih belum jelas apa yang terjadi di Danau Roopkund.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro