Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Resep Makan Alpukat yang Sehat dan Lezat Ala Atlet Olimpiade

Saat memilih yogurt untuk sajian alpukat, pilihlah yogurt Yunani atau Skyr yang polos atau tanpa pemanis. Kedua jenis yogurt ini menawarkan probiotik yang menyehatkan usus serta jumlah protein yang cukup.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 03 Agustus 2021  |  09:15 WIB
Alpukat dengan telur dan roti panggang
Alpukat dengan telur dan roti panggang

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat alpukat untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

Dikutip dari alodokter, buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Karena kesehatannya, banyak orang sengaja memasukkan alpukat dalam menu harian mereka, termasuk para atlet olimpiade Tokyo 2020.

Menurut EatThis, NotThat, Alpukat kaya dengan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) yang merupakan komponen utama untuk memperbaiki otot, serta kaya elektrolit seperti kalium dan magnesium yang dapat membantu mengaktifkan otot dan mencegah terjadinya kram.

"Tubuh kita menggunakan kalium untuk mendukung fungsi ginjal dan jantung, kontraksi otot, dan transmisi saraf dan sangat penting untuk mengisi kembali kadar kalium setelah berolahraga karena kita kehilangan elektrolit dalam keringat," kata Lauren Harris-Pincus, ahli gizi dan penulis The Protein-Packed Breakfast Club.

Serat prebiotik dalam alpukat juga berperan dalam kesehatan usus yang selain menjaga metabolisme teratur, juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh kita loh, Genhype.

Lantas, siapa saja atlet olimpiade yang memasukkan alpukat ke dalam diet harian? Berikut daftarnya dan cara mereka mengolah alpukat menjadi sajian yang lezat :

1. Naomi Osaka makan roti panggang alpukat dengan salmon asap.

Untuk sarapan, pemain tenis Naomi Osaka menyiapkan alpukat dengan roti gandum hitam panggang lengkap dengan topping salmon asap dan smoothie yang terdiri dari kangkung, bayam, dan kiwi.

Salmon asap, memberikan sedikit natrium ekstra yang baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengisi kembali natrium yang hilang melalui keringat serta protein dan lemak sehat untuk perbaikan otot.

2. Brooke Raboutou, Maggie Steffens, Mia Manganello suka roti panggang alpukat dengan telur

Makanan sederhana yang terdiri dari alpukat, roti panggang, dan telur rebus ini sepertinya menjadi favorit semua orang.

Atlet Amerika Serikat Brooke Raboutou mengatakan kepada US Magazine bahwa dia biasanya memulai harinya dengan roti panggang alpukat dengan telur. Atau, dia makan roti panggang mentega almond dengan pisang.

Sementara Maggie Steffens biasanya menyiapkan roti multigrain, setengah alpukat, segenggam kecambah, dua hingga tiga potong tomat, dan satu hingga dua telur goreng atau rebus yang dilumuri minyak zaitun.

Di sisi lain, Mia Manganello akan menyusun sepotong roti panggang dengan alpukat dan telur, di atasnya dengan bumbu bagel, Everything but The Bagel Sesame Seasoning, dari Trader Joe's atau beberapa irisan paprika merah untuk menambah rasa.

3. Kaleo Maclay makan roti panggang alpukat dengan oatmeal atau yogurt

Pemain bola voli paralimpiade Kaleo Maclay menikmati makan roti panggang alpukat, oatmeal, dan yogurt untuk sarapan.

Tip: saat memilih yogurt, pilihlah yogurt Yunani atau Skyr yang polos atau tanpa pemanis. Kedua jenis yogurt ini menawarkan probiotik yang menyehatkan usus serta jumlah protein yang cukup.

4. Katie Ledecky menambahkan alpukat ke salad ayam dan pasta.

Setelah perenang Katie Ledecky selesai dengan pelatihan fisik atau dryland training, seperti angkat beban dan core training, dia biasanya mengkonsumsi caesar salad porsi ganda lengkap dengan ayam dan alpukat.

5. Chris Mazder sarapan sandwich telur dengan alpukat

Atlet luge ini biasanya mengonsumsi sandwich telur dengan alpukat sebagai sarapan tinggi gizi, bersama dengan semangkuk yogurt tawar dengan madu, biji chia, dan biji rami. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner alpukat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top