Dendeng/huffingtonpost.com
Kuliner

10 Rekomendasi Makanan Sehat Cocok Dibawa Traveling

Meuthia Novianthree Nafasya
Senin, 2 Agustus 2021 - 20:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama dalam perjalanan traveling, makanan sangat diperlukan khususnya perjalanan darat mungkin mudah mendapatkan makanan. Namun, bagaimana apabila tujuan travelling Anda merupakan tempat yang sulit untuk menemukan makanan? 

Makanan yang kerap dijumpai pun adalah makanan cepat saji yang sebenarnya tidak sehat untuk kesehatan dan tidak tahan lama. Menurut jurnal di American Journal of Lifestyle Medicine, makanan cepat saji akan membuat Anda merasa lesu. 

 Untuk pengemudi tetap waspada dan fokus menyetir kerap memakan keripik atau permen sehingga tidak akan merasa bosan. Melansir dari everydayhealth, berikut rekomendasi makanan sehat yang cocok untuk perjalanan Anda dibandingkan dengan memakan sekantong keripik atau permen. 

1. Dendeng 

Daging sapi kering dengan bumbu merupakan salah satu favorit bagi sebagian orang. Brenda Braslow, seorang ahli gizi mengatakan seseorang dapat memilih daging sapi, kalkun, dan salmon dengan berbagai rasa yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat mirip. Setiap merek memiliki kandungan natrium, protein, dan lemak yang berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca dengan cermat sebelum membeli. 

2. Buah Blueberry

Saat musim panas, blueberry menjadi pilihan musiman yang baik untuk perjalanan Anda. Secangkir blueberry hanya mengandung sekitar 85 kalori. Seseorang yang mengonsumi blueberry akan mendapatkan 3,6 gram serat makanan dan 14,6 miligram vitamin C. 

3. Keju Seukuran Cemilan

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) keju yang dibekukan akan bertahan selama dua jam. Kemudian menurut USDA, keju mozarella ukuran 28 gram bagian skim dengan kelembaban rendah memiliki 80 kalori dan 7 gram protein serta 150 miligram kalsium yang menjadikannya makanan yang baik untuk kesehatan. 

4. Potongan Sayur Segar

Untuk camilan rendah kalori dan bergizi, disarankan memilih sayuran irisan segar berwarna-warni seperti paprika, wortel, seledri, dan mentimun. Paprika merah mengandung vitamin C yang sangat baik dengan 118 miligram per cangkir. 

5. Anggur 

Satu porsi anggur merah atau hijau sekitar 100 gram mengandung kurang dari 70 kalori. Cucilah anggur, simpan dalam tas atau wadah yang tertutup kemudian makan. Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian bagi Anda yang membawa anak-anak dalam perjalanan. 

6. Kacang 

Kacang mengandung nutrisi yang padat, tetapi juga padat kalori. Oleh karena itu perhatikan ukuran porsinya. Misalnya, satu porsi almond atau 23 buah kacang dapat berkisar antara 160 hingga 200 kalori. 

7. Selai Kacang 

Selai kacang tersedia dalam beberapa jenis seperti almond, jambu mete, kacang tanah, atau berbagai campuran lainnya. Saat dikemas dalam sebuah kemasan, selai kacang dapat dibawa dengan mudah. Didalamnya juga terdapat tambahan protein yang baik atau beberapa merek juga bebas gula dan garam. 

8. Buah Kering 

Banyak pilihan buah kering yang dapat Anda bawa dalam perjalanan seperti kismis, mangga, nanas, dan aprikot. Buah kering tidak memakan banyak tempat dan tidak berantakan. Tergantung pada apa yang dipilih, buah kering dapat memberikan sejumlah besar nutrisi termasuk kalium dan serat. Satu ons kismis mengandung sekitar 85 kalori. 

9. Popcorn 

Popcorn yang sudah dikemas cocok untuk dibawa perjalanan. Menurut American Heart Association dan USDA melaporkan bahwa 2 cup popcorn tanpa garam mengandung sekitar 2,4 gram serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

10. Makanan Campuran 

Campuran yang seimbang dari tiga makanan yakni biji-bijian, buah kering, dan kacang-kacangan juga menjadi pilihan. Namun, tetap harus memperhatikan ukuran porsinya karena padat kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro