Suasana Auckland , Selandia Baru./Antaranews.
Travel

Selandia Baru Masuk Daftar Negara Terbaik untuk Peradaban Manusia

Ni Luh Anggela
Jumat, 30 Juli 2021 - 16:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selandia Baru, Islandia, Inggris, Tasmania dan Irlandia adalah tempat yang paling cocok untuk bertahan dari keruntuhan masyarakat global, menurut sebuah penelitian.
 
Para peneliti mengatakan peradaban manusia "dalam keadaan berbahaya" karena masyarakat yang sangat saling berhubungan dan intensif energi yang telah berkembang dan kerusakan lingkungan yang disebabkannya.
 
Runtuhnya bisa timbul dari guncangan, seperti krisis keuangan yang parah, dampak krisis iklim, perusakan alam, pandemi yang bahkan lebih buruk daripada Covid-19 atau kombinasi dari semuanya, kata para ilmuwan.
 
Untuk menilai negara mana yang paling tahan terhadap keruntuhan seperti itu, melansir The Guardian, Jumat (30/7/2021), negara-negara diberi peringkat menurut kemampuan mereka untuk menanam makanan bagi penduduk mereka, melindungi perbatasan mereka dari migrasi massal yang tidak diinginkan, dan memelihara jaringan listrik dan beberapa kemampuan manufaktur. Pulau-pulau di daerah beriklim sedang dan sebagian besar dengan kepadatan penduduk rendah berada di urutan teratas.
 
Para peneliti mengatakan studi mereka menyoroti faktor-faktor yang harus ditingkatkan oleh negara-negara untuk meningkatkan ketahanan. Mereka mengatakan bahwa masyarakat global yang menghargai efisiensi ekonomi merusak ketahanan, dan bahwa kapasitas cadangan diperlukan untuk ada di sektor pangan dan vital lainnya.
 
Miliarder telah dilaporkan membeli tanah untuk bunker di Selandia Baru dalam persiapan untuk kiamat. “Kami tidak terkejut Selandia Baru ada dalam daftar kami,” kata Prof Aled Jones, dari Institut Keberlanjutan Global, di Universitas Anglia Ruskin, di Inggris.
 
Jones megatakan, mereka cukup terkejut melihat Inggris dalam daftar. Penduduknya padat, secara tradisional melakukan outsourcing manufaktur, belum menjadi yang tercepat untuk mengembangkan teknologi terbarukan, dan hanya menghasilkan 50 persen makanannya sendiri saat ini. Tetapi Inggris memiliki potensi untuk menahan guncangan.
 
Studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Sustainability, mengatakan peradaban industri intensif energi yang membentang di seluruh dunia yang menjadi ciri era modern mewakili situasi anomali ketika dianggap bertentangan dengan sebagian besar sejarah manusia.
 
Studi tersebut juga mengatakan, bahwa karena kerusakan lingkungan, sumber daya yang terbatas, dan pertumbuhan populasi,“Literatur (akademik) melukiskan gambaran peradaban manusia yang berada dalam keadaan berbahaya, dengan risiko besar dan yang berkembang di berbagai bidang usaha manusia.”
 
Tempat-tempat yang tidak mengalami "efek paling mengerikan dari keruntuhan sosial dan karena itu mampu mempertahankan populasi yang signifikan" telah digambarkan sebagai "perahu sekoci yang runtuh", kata studi tersebut.
 
Selandia Baru ditemukan memiliki potensi terbesar untuk bertahan hidup relatif tanpa cedera karena energi panas bumi dan hidroelektriknya, lahan pertanian yang melimpah dan kepadatan populasi manusia yang rendah.
 
Jones mengatakan kerugian pangan global yang besar, krisis keuangan, dan pandemi telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir, dan “kami beruntung bahwa semuanya tidak terjadi pada saat yang sama – tidak ada alasan nyata mengapa semuanya tidak dapat terjadi di tahun yang sama".
 
Dia menambahkan, “Ketika Anda mulai melihat peristiwa ini terjadi, saya menjadi lebih khawatir tetapi saya juga berharap kita dapat belajar lebih cepat daripada yang kita miliki di masa lalu bahwa ketahanan itu penting. Dengan semua orang berbicara tentang 'membangun kembali dengan lebih baik' dari pandemi, jika kita tidak kehilangan momentum itu, saya mungkin lebih optimis daripada sebelumnya.”
 
Dia mengatakan pandemi virus corona telah menunjukkan bahwa pemerintah dapat bertindak cepat saat dibutuhkan. “Sangat menarik seberapa cepat kita dapat menutup perbatasan, dan seberapa cepat pemerintah dapat membuat keputusan untuk mengubah banyak hal.”
 
Namun dia menambahkan, “Dorongan untuk ekonomi yang tepat waktu, semakin efisien, bukanlah hal yang ingin Anda lakukan untuk ketahanan. Kita perlu membangun beberapa kelonggaran dalam sistem, sehingga jika ada kejutan maka Anda memiliki kemampuan untuk merespons karena Anda memiliki kapasitas cadangan.
 
“Kita perlu mulai lebih memikirkan ketahanan dalam perencanaan global. Tapi jelas, hal yang ideal adalah keruntuhan cepat tidak terjadi.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro