Ilustrasi/acorazzi.com
Travel

Kasus Covid-19 Melonjak, Pariwisata Eropa Kembali Redup

Ni Luh Anggela
Rabu, 28 Juli 2021 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Negara-negara tujuan populer bergulat dengan varian Covid-19 yang melonjak, tetapi upaya tambal sulam dan menit-menit terakhir dari upaya saat musim puncak berlangsung mengancam untuk menggagalkan musim panas lainnya.
 
Di Prancis, negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, pengunjung situs budaya dan wisata minggu ini dihadapkan pada persyaratan baru untuk izin khusus Covid-19 .
 
Untuk mendapatkan izin, melansir Travel Weekly, Rabu (28/7/2021), yang datang dalam bentuk kertas atau digital, orang harus membuktikan bahwa mereka telah divaksinasi sepenuhnya atau baru saja pulih dari infeksi, atau menghasilkan tes virus negatif. Penggunaan pass bisa diperpanjang bulan depan ke restoran dan kafe.
 
Italia mengatakan bahwa pada Kamis (29/7/2021) orang akan memerlukan izin serupa untuk mengakses museum dan bioskop, makan di dalam restoran dan kafe, dan masuk ke kolam renang, kasino, dan berbagai tempat lainnya.
 
Di Menara Eiffel, turis yang tidak siap, mengantri untuk tes virus cepat sehingga mereka bisa mendapatkan izin untuk mengunjungi landmark Paris. Johnny Nielsen, yang berkunjung dari Denmark bersama istri dan dua anaknya, mempertanyakan kegunaan aturan Prancis.
 
"Jika saya dites sekarang, saya bisa pergi tetapi kemudian saya (bisa) mendapatkan corona di antrian di sini," kata Nielsen, meskipun dia menambahkan bahwa mereka tidak akan mengubah rencana mereka karena itu.
 
Juan Truque, seorang turis dari Miami, mengatakan dia tidak divaksinasi tetapi mengikuti tes sehingga dia bisa melakukan perjalanan ke Prancis melalui Spanyol bersama ibunya.
 
"Sekarang mereka memaksa Anda untuk memakai masker dan melakukan hal-hal serupa yang dikenakan kepada Anda. Bagi saya, itu adalah pelanggaran terhadap kebebasan Anda." kata Juan.
 
Industri perjalanan dan pariwisata vital Eropa sangat ingin menebusnya setelah bencana 2020. Kedatangan turis internasional ke Eropa tahun lalu turun hampir 70 persen, dan untuk lima bulan pertama tahun ini, mereka turun 85 persen, menurut UN World Tourism Organization .
 
Pelancong Amerika, Jepang, dan China tidak yakin akan mungkin untuk mengunjungi dan bergerak bebas di Eropa, kata Komisi Perjalanan Eropa. Kedatangan internasional diperkirakan akan tetap di hampir setengah level 2019 mereka tahun ini, meskipun permintaan domestik akan membantu menutupi kekurangan tersebut.
 
Kantor statistik Inggris menangguhkan data penumpang internasional bulanannya, karena dikatakan tidak cukup banyak orang yang datang "untuk memberikan perkiraan yang kuat."
 
Amerika Serikat minggu ini meningkatkan peringatan perjalanannya ke Inggris ke level tertinggi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan orang Amerika untuk menghindari bepergian ke negara itu karena risiko tertular varian Covid-19, sementara Departemen Luar Negeri AS menaikkan tingkat peringatannya menjadi "jangan bepergian" dari "pertimbangkan kembali perjalanan" sebelumnya yang tidak terlalu parah.
 
Namun, beberapa negara menunjukkan tanda-tanda rebound.
 
Spanyol, negara yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, menerima 3,2 juta wisatawan dari Januari hingga Mei, sepersepuluh dari jumlah pada periode yang sama tahun 2019. Namun kunjungan melonjak pada Juni dengan 2,3 juta kedatangan, angka bulanan terbaik sejak awal pandemi, meski masih hanya 75 persen dari angka dua tahun lalu.
 
Menteri Luar Negeri Spanyol untuk Pariwisata, Fernando Valdes, memuji pengerahan paspor vaksin Covid-19 digital Uni Eropa pada Juni karena memiliki "dampak positif" pada kedatangan asing. Itu, dan langkah Inggris untuk mengizinkan perjalanan yang tidak penting, "memungkinkan kami memulai musim panas 2021 dalam kondisi terbaik," katanya.
 
Aplikasi UE memungkinkan penduduk blok untuk menunjukkan bahwa mereka telah divaksinasi, dites negatif, atau pulih dari virus.
 
Di Yunani, di mana infeksi Covid-19 juga meningkat tajam, pihak berwenang telah secara terbuka menyatakan keprihatinan bahwa memperlambat tingkat vaksinasi dapat merugikan industri pariwisata yang sedang berjuang, dimana merupakan sumber perekonomian Yunani. Pihak berwenang telah memperketat pembatasan untuk turis dan penduduk yang tidak divaksinasi, melarang mereka masuk ke semua tempat makan dan hiburan dalam ruangan.
 
Menteri Pembangunan Adonis Georgiadis mendesak industri perjalanan untuk tampil berani.
 
"Sangat penting agar kita tidak memberi kesan bahwa kita telah kehilangan kendali atas pandemi ini," kata Georgiadis pekan lalu.
 
Beberapa negara memicu kekacauan dengan perubahan menit terakhir pada aturan masuk.
 
Keputusan Denmark untuk meningkatkan Inggris ke daftar "merah" negara-negara dengan pembatasan perjalanan yang lebih ketat, membuat warga non-Denmark yang saat ini berada di Denmark dilarang untuk berkunjung tanpa tujuan yang layak, yang tidak termasuk pariwisata.
 
Sementara itu, pemerintah Inggris secara tak terduga mengumumkan bahwa pelancong yang datang dari Prancis masih harus melakukan karantina diri hingga 10 hari karena kekhawatiran tentang varian beta, membuat frustrasi pelancong, dan membuat marah industri pariwisata dan pemerintah Prancis.
 
Emma dan Ben Heywood, pemilik dari perusahaan perjalanan petualangan Undiscovered Montenegro di Inggris, mengatakan permintaan pemesanan melonjak setelah pemerintah Inggris mengatakan dalam pengumuman yang sama akan berhenti menasihati agar tidak bepergian ke negara-negara dalam "daftar kuning" dan mencabut aturan isolasi diri untuk pelancong yang kembali.
 
Pasangan itu mengatakan pemesanan musim panas lalu turun menjadi 10 persen dari level biasanya tetapi sekarang mereka berada di 30 persen dan meningkat dengan cepat. Montenegro memiliki tingkat infeksi yang relatif rendah dan persyaratan masuk yang santai.
 
"Sangat sulit menjaga semua orang tetap up to date dengan apa yang diperlukan untuk pergi kemanapun, dengan begitu banyak negara dan begitu banyak aturan berbeda yang terlibat," kata Ben Heywood.
 
"Ini benar-benar ladang ranjau. Setengah dari email yang saya kirim sekarang adalah orang-orang berkata, 'Kami ingin datang. Apa yang perlu kami lakukan?'"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro