Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip 4 Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia

Jaringan kereta bawah tanah tertua ketiga di dunia, yang satu ini dibuka pada Desember 1896. Salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia, Glasgow tentu saja merupakan tujuan liburan yang luar biasa.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  09:36 WIB
London Underground
London Underground

Bisnis.com, JAKARTA - Kereta bawah tanah adalah transportasi yang sudah ada di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dengan MRT nya.

MRT di Indonesia baru beroperasi beberapa tahun, namun di negara lain, alat transportasi ini sudah digunakan berpuluh tahun lamanya.

Lantas, kereta bawah tanah manakah yang tertua? berikut daftarnya dilansir dari Times of India :

1. Kereta Bawah Tanah London

Sistem kereta bawah tanah tertua di dunia, London Underground, adalah kereta bawah tanah yang pertama kali dibuka pada Januari 1863.

Ini adalah sistem kereta bawah tanah tersibuk ke-12 di dunia. Kereta pertamanya menghubungkan Paddington, dan Farrington, dan itu adalah lokomotif uap. Kereta bawah tanah juga digunakan sebagai tempat perlindungan bom selama Perang Dunia II. Kereta bawah tanah bersejarah ini juga banyak didatangi sebagai tempat wisata oleh para pelancong yang mengunjungi London.

2. Metro Budapest

Sistem kereta bawah tanah tertua kedua di dunia, dengan Jalur M1 sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kereta bawah tanah ini pertama kali mulai beroperasi pada Mei 1886.

Jalur metro saat ini memiliki empat jalur, masing-masing dengan warna tertentu. Jika Anda pernah ke Budapest, Anda harus melihatnya, karena ini adalah Situs Warisan Dunia. Selain itu, situs ini juga memiliki museum, di mana Anda dapat belajar tentang sistem metro bersejarah ini.

3. Kereta Bawah Tanah Glasgow

Jaringan kereta bawah tanah tertua ketiga di dunia, yang satu ini dibuka pada Desember 1896. Salah satu kota yang paling banyak dikunjungi di Skotlandia, Glasgow tentu saja merupakan tujuan liburan yang luar biasa.

Jika Anda kebetulan berada di sini, akan menyenangkan untuk naik di sistem kereta bawah tanah yang lama. Kereta ini cukup efisien dan berjalan setiap 6-8 menit selama periode puncak.

4. Chicago "L"

Chicago L (L adalah singkatan dari layang) adalah nomor empat dalam daftar. Ini juga merupakan sistem transit terbesar keempat di Amerika Serikat. Kereta bawah tanah ini mulai beroperasi pada bulan Juni 1892, dan hari ini memiliki delapan garis yang dikenali oleh kode warnanya. Ini adalah salah satu keajaiban terbesar Chicago, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh Chicago Tribune pada tahun 2005.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api tertua di dunia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top