Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Dapat Uang Saku di Kemanayo

Semua orang mungkin pernah memiliki pengalaman dalam membuat travel itinerary, namun tidak menyadari bahwa rencana perjalanan tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain dan menghasilkan. Terutama, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sebelum nantinya kita boleh berwisata lagi.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 26 Juli 2021  |  06:32 WIB
Traveling keliling dunia - istimewa
Traveling keliling dunia - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Platform Kemanayo, marketplace rencana perjalanan digital atau digital itinerary, besutan PT Mahitala Bramanta Digital mengajak masyarakat berkreasi, dan mendapatkan uang saku tambahan dari pengalaman jalan-jalan yang dimiliki.

Direktur Kemanayo Rizal Azhar mengungkap semua orang mungkin pernah memiliki pengalaman dalam membuat travel itinerary, namun tidak menyadari bahwa itinerary tersebut dapat bermanfaat bagi orang lain dan menghasilkan. Terutama, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sebelum nantinya kita boleh berwisata lagi.

"Masa pandemi saat ini, masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dan Kemanayo dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Berbeda dengan marketplace pada umumnya di mana harus ada barang yang dijual, di Kemanayo, setiap ide dan pengalaman bisa menjadi sesuatu hal yang menghasilkan, ungkap Rizal dalam keterangannya, dikutip Minggu (25/7/2021).

Melalui Kemanayo, setiap pengalaman tersebut dapat dituangkan dalam sebuah digital itinerary, di mana kemudian itinerary tersebut dapat dipasarkan ke masyarakat, dan berpotensi mendapatkan penghasilan karena travel contributor akan mendapatkan komisi 50 persen dari setiap itinerary buatan mereka yang terjual.

Setiap itinerary yang ada di dalam Kemanayo memang merupakan kreasi dari travel contributor, di mana masing-masing travel contributor menciptakan itinerary yang kemudian dapat diakses dan dibeli oleh masyarakat.

Sebagai travel itinerary marketplace pertama di Indonesia, Kemanayo menyediakan berbagai pilihan itinerary, dengan panduan travel lengkap, built-in digital map, serta detail kegiatan yang dapat dilakukan.

Rizal pun memberikan beberapa tips untuk para travel contributor. Pertama, manfaatkan pengalaman pribadi mengenai berbagai kegiatan dan destinasi wisata.

Caranya mudah, yaitu cukup mendaftar dengan masuk ke aplikasi Kemanayo yang dapat diunduh melalui Google Play dan Apple App Store. Lalu, pengguna dapat melakukan login ataupun membuat akun bagi yang baru pertama kali mengakses Kemanayo.

Setelah itu, pengguna dapat masuk ke menu profil dan memilih menu Be a Contributor. Untuk memulai membuat itinerary, travel contributor tinggal memilih menu Create New Trip Plan.

"Ada dua cara yang bisa Travel Contributor pilih dalam merancang itinerary, yaitu Create with Map dan Create with Exploring untuk memasukkan tempat wisata yang belum terjamah atau hidden gems," jelasnya.

Lewat Create with Map, travel contributor dapat memasukan tempat-tempat wisata yang sudah terdaftar di Google maps. Sementara dengan Create with Exploring, travel contributor dapat memasukkan 'hidden gems' yang tidak ditemukan di Google Map. Travel contributor dapat memberikan lokasi tempat wisata dan juga menentukan jalur yang harus dilewati traveler untuk sampai di destinasi.

Kemanayo pun terbuka bagi siapa saja yang hendak menjadi travel contributor. Mulai dari pemandu wisata, komunitas, travel blogger, jurnalis hingga masyarakat luas pada umumnya dapat membuat, menjual dan mendapatkan penghasilan melalui Kemanayo.

Selain itu, pelaku bisnis dan UMKM juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan layanan dan produk mereka kepada traveler melalui rangkaian itinerary yang mereka buat dan pasarkan di Kemanayo.

Setelah berhasil berkreasi dengan pengalaman jalan-jalan yang dimiliki, share itinerary sebanyak mungkin untuk memastikan itinerary diketahui banyak orang.

Travel contributor dapat membagikan itinerary mereka kepada teman, kerabat, maupun keluarga melalui berbagai platform media sosial. Travel contributor juga dapat membuat foto ataupun video teaser agar itinerary menjadi semakin menarik. Di samping itu, travel contributor juga dapat memiliki travel blog atau vlog untuk meningkatkan potensi pemasarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling market place
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top