Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! 4 Tips Menyimpan Daging Kurban Tetap Awet dan Tidak Bau

Simak 4 tips menyimpan daging kurban agar tetap awet dan tidak bau. Mulai dari cara pencucian hingga metode penyimpanan.
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 21 Juli 2021  |  15:21 WIB
Ilustrasi daging kurban - Freepik.com
Ilustrasi daging kurban - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Raya Iduladha ditunggu lantaran biasanya kita akan mendapatkan beberapa kilogram daging kurban untuk dikonsumsi. 

Sebagian warga akan langsung mengolah daging kurban, tetapi banyak juga warga yang memilih untuk mengolah daging kurban beberapa hari kemudian. Bahkan, menyimpan terlebih dahulu di dalam kulkas atau freezer. 

Namun, banyak orang yang mengeluhkan daging yang telah disimpan di dalam kulkas atau freezer menjadi bau dan tidak awet. Oleh karena itu, dibutuhkan cara penyimpanan daging kurban di kulkas atau freezer dengan baik dan benar. 

Melansir raillynews.com, berikut cara menyimpan daging kurban agar awet dan tidak bau:

1. Jangan Cuci Daging 

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan banyak orang adalah mencuci daging. Daging kurban yang dicuci sebelum disimpan di dalam kulkas atau freezer akan menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, air yang menyerap ke dalam daging setelah dicuci membuat kualitas daging menjadi menurun.

2. Daging Harus Dipotong Kecil-Kecil 

Pengawetan dan penyimpanan daging yang disembelih sangat penting bagi kesehatan manusia. Daging kurban harus dipotong kecil-kecil, tidak terlalu besar, lalu dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Selain bisa menghemat tempat, memotong daging akan memudahkan ketika akan mengolah daging setelah dibekukan.

3. Jangan Mencairkan Daging pada Suhu Ruangan

Pindahkan daging ke rak khusus yang berada di bawah freezer sebelum diolah dan biarkan mencair perlahan. Metode seperti memanaskan di atas kompor dan menyimpan pada suhu kamar yang bertujuan untuk mencairkan daging dengan cepat, akan membawa konsekuensi berbahaya bagi kesehatan manusia.

4. Simpan Daging dalam Suhu Rendah

Daging kurban harus disimpan di dalam freezer kulkas. Apabila daging ingin disimpan dalam waktu yang lama, daging dapat disimpan di dalam freezer selama beberapa minggu pada suhu minus 2 derajat.

Untuk waktu penyimpanan yang lebih lama dapat diukur pada suhu minus 18 derajat. Suhu tersebut dapat membekukan daging dan menidurkan bakteri di dalam daging yang membuat daging menjadi lebih awet.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi iduladha Resep masakan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top