Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadi Saksi Bisu Perang Dingin hingga Dikelola 5 Generasi, Ini 10 Hotel Tertua di Dunia

Selain sejarah pembangunan yang dimilikinya, menginap di hotel tua tentu menawarkan pengalaman yang unik.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 21 Juli 2021  |  17:30 WIB
Jadi Saksi Bisu Perang Dingin hingga Dikelola 5 Generasi, Ini 10 Hotel Tertua di Dunia
Nishiyama Onsen Keiunkan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menginap di hotel yang memiliki bentuk bangunan dan fasilitas yang serba modern.

Namun, tidak ada salahnya untuk sesekali menginap di hotel yang telah berusia cukup lama. Selain sejarah pembangunan yang dimilikinya, menginap di hotel tua tentu menawarkan pengalaman yang unik.
 
Melansir Travel Channel, berikut 10 hotel tertua yang ada di dunia.
 
1. Nishiyama Onsen Keiunkan (Yamanashi, Jepang)

Guinness World Records mencantumkan Nishiyama Onsen Keiunkan sebagai hotel tertua di Jepang. Penginapan tradisional Jepang ini telah dimiliki oleh 52 generasi dari keluarga yang sama. Didirikan pada tahun 705 M, para tamu terkenal termasuk Tokugawa Ieyasu, shogun pertama Negeri Matahari Terbit, dan Kouken, kaisar ke-46-nya sudah pernah berkunjung ke tempat ini.
 
2. Maids Head Hotel (Norwich, Inggris Raya)

Maids Head Hotel memiliki sejarah 800 tahun yang lalu. Penyebutan paling awal  tempat ini adalah pada tahun 1287, ketika catatan pengadilan Norwich mengungkapkan bahwa "Robert si penangkap burung mencuri barang dari pemilik penginapan tersebut di Cook Rowe." Bagian tertua dari bangunan saat ini berasal dari abad ke-15, termasuk kamar oak berpanel kayu yang indah, tempat teh sore hari disajikan.
 
3. Old Hall Hotel (Buxton, Inggris Raya)

Sebuah aula telah berdiri di lokasi Old Hall Hotel di Buxton, Inggris saat ini, selama lebih dari seribu tahun. Bagian tertua dari bangunan saat ini berasal dari struktur tahun 1573, yang awalnya merupakan bagian dari menara empat lantai yang memenjarakan Mary Queen of Scots atas perintah Ratu Elizabeth I. Sudah menjadi hotel sejak 1727—Daniel Defoe, penulis Robinson Crusoe, tinggal di sini selama tur Inggris Raya.
 
4. Jamaika Inn (Bolventor, Inggris Raya)

Dibuka pada tahun 1750 sebagai penginapan pelatihan—sejenis akomodasi untuk pelancong dan kuda mereka sebelum munculnya kereta api—penginapan ini mengembangkan reputasi sebagai tempat persembunyian bagi penyelundup minuman keras yang mendarat dengan hasil tangkapan mereka di pantai Cornish dan Devon. Beberapa orang menganggap nama penginapan itu merujuk pada sumber rum terlarang yang pernah melewati ambang batasnya.
 
5.  Gripsholms Värdshus (Mariefred, Swedia)

Gripsholms Värdshus dibangun di atas fondasi biara Carthusian yang dibangun pada tahun 1493, dan memulai kehidupannya sebagai rumah perawatan pada tahun 1609, menjadikannya hotel tertua di Swedia. Di sini, para tamu dapat tidur di tempat tidur yang terbuat dari kayu berusia 500 tahun yang digali dari bawah penginapan selama renovasi.
 
6. Pod Roza Hotel (Krakow, Polandia)

Hotel pertama di Krakow, Pod Roza Hotel telah menjamu tamu sejak abad ke-17, yang selama bertahun-tahun telah mencakup Balzac, Liszt, dan Tsar Alexander II. Meskipun melewati beberapa tahun masa sulit selama Perang Dingin, hotel ini telah dikembalikan pada kemegahan dengan lantai berpemanas, karpet Oriental, dan perabotan Italia.
 
7. Petit Palace Posada del Peine Hotel (Madrid, Spanyol)

Dibangun pada tahun 1610, Petit Palace Posada del Peine Hotel di Madrid mengklaim sebagai hotel tertua di Spanyol. Namanya diterjemahkan menjadi "Haircomb's Inn," diduga demikian karena setiap kamar awalnya menampilkan sisir yang dilekatkan pada seutas tali untuk mencegah pencurian.
 
8. El Convento (San Juan, Puerto Riko)

Sebuah hotel mewah dan klub pantai mewah, El Convento memulai hidupnya jauh lebih keras—sebagai biara Karmelit—pada tahun 1646 atas perintah Raja Phillip IV dari Spanyol. Selama 252 tahun, para biarawati Karmelit menyebut bangunan kolonial Spanyol yang indah ini sebagai rumah, tetapi bangunan itu menjadi rusak setelah biara ditutup pada tahun 1903. Pada tahun-tahun berikutnya, tempat itu menjadi tempat toko ritel, ruang dansa, dan bahkan flophouse. Saat ini, tempat tersebut telah sepenuhnya dikembalikan ke masa kejayaannya, dihiasi dengan kamar mandi marmer, lantai ubin Andalusia yang mewah, dan balok kayu mahoni yang terbuka.
 
9. Colonial Inn (Concord, Mass.)

Awal mula Colonial Inn membentang hingga tahun 1716, ketika yang pertama dari tiga bangunan didirikan. Properti ini telah menyaksikan bagian sejarahnya yang adil: Pada 19 April 1775, properti itu memainkan peran yang tak terlupakan dalam Revolusi Amerika ketika penduduk saat itu Dr. Timothy Minot Jr. untuk sementara mengubah rumahnya menjadi rumah sakit bagi tentara yang terluka, termasuk kamar operasi dan kamar mayat. Mungkin karena itulah penginapan ini dikabarkan begitu angker.
 
10. The Omni Homestead Resort (Hot Spring Water, Va.)

Selesai dibangun pada tahun 1766, properti yang sekarang dikenal sebagai Omni Homestead Resort — resor pertama di Amerika — awalnya merupakan hotel kayu dengan 18 kamar yang melayani pengunjung sumber air panas lokal, yang terkenal karena khasiat penyembuhannya. Selama bertahun-tahun, properti itu dibangun dan direnovasi dan dibangun kembali, menampung tokoh-tokoh terkenal termasuk presiden William Howard Taft dan Theodore Roosevelt. Ini juga rumah bagi tee golf tertua yang terus digunakan di Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel benda kuno
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top