Ilustrasi Hidangan Steak/eswete.com
Kuliner

5 Tips Membuat Steak Ala Restoran, Pas Buat Hari Raya Iduladha!

Meuthia Novianthree Nafasya
Senin, 19 Juli 2021 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hari Raya Iduladha identik dengan daging. Namun, hampir seluruh masyarakat akan membuat berbagai olahan dari daging seperti sate, gulai, tongseng dan lain sebagainya. Membuat olahan Steak bisa menjadi menu baru untuk hari raya tahun ini. 

Membuat hidangan sepiring steak dengan tingkat kematangan sempurna lalu disajikan dengan hiasan sayuran, kentang, dan saus berbumbu sangat menggiurkan. Pilihan daging steak dan cara memasak setiap orang memiliki caranya tersendiri. 

Melansir dari Times of India, berikut 5 tips dan trik membuat steak di rumah dengan cita rasa ala restoran. Cocok untuk dihidangkan saat Hari Raya Iduladha

1. Minyak Steak 

Setelah memilih potongan daging yang akan dimasak, cuci dengan bersih lalu keringkan. Selanjutnya, lumuri steak dengan sedikit minyak. Pastikan Anda memilih minyak dengan titik asap tinggi. Hal ini akan memastikan bahwa steak tidak menempel pada wajan saat dimasak atau dipanggang pada suhu tinggi. Ini juga dapat membantu daging matang lebih cepat. 

2. Bumbu Steak 

Bumbui steak dengan sedikit minyak dan lada. Bumbu atau garam dapat membantu sentuhan rasa yang lezat. Minyak dapat membantu menahan bumbu dan rasa. Anda juga dapat menambahkan saus, garam, atau bumbu steak lainnya saat sedang dimasak. 

3. Panaskan Alat Masak  

Untuk mendapatkan rasa asap yang sempurna, pastikan Anda memanaskan terlebih dahulu panggangan atau oven sekitar 200 derajat Celsius. Jika Anda menggunakan wajan, Anda dapat memeriksa panasnya menggunakan minyak. Hal ini dapat memastikan bagian luar daging dapat matang dengan sempurna. 

4. Letakkan Steak 

Penempatan Steak merupakan hal yang penting. Tempatkan steak di tengah panggangan atau wajan saat minyaknya sudah panas. Hal tersebut akan membuat asap dan mendesis untuk beberapa waktu. Biarkan daging selama dua menit lalu balik dagingnya agar matang sempurna. Sebelumnya daging dimasak, masukkan sedikit mentega untuk menambah rasa gurih. 

5. Uji Suhu 

Periksa suhu steak dengan menggunakan thermometer dapur dan pastikan bagian tengah daging bersuhu sekitar 5 fahrenheit atau 2,7 celsius. Angkat steik dari wajah apabila berada di bawah suhu target. Anda dapat memasak menggunakan suhu 55 derajat Celsius apabila menginginkan steak medium rare. Lalu, tambahkan lagi mentega apabila sudah dirasa empuk Anda dapat segera menikmatinya. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro