Sungai Nil
Travel

4 Sungai Terpanjang di Dunia, Sudah Tahu Belum?

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 16 Juli 2021 - 19:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sungai adalah aliran air yang memanjang, dapat menjadi tempat untuk menyegarkan mata dan memiliki banyak ekosistem.

Sungai adalah aliran air yang cenderung memanjang. Dalam beberapa sungai yang memiliki aliran yang panjang biasanya memiliki ekosistem yang kaya dan berperan penting bagi negara atau manusia.

Dilansir dari timesofindia, berikut 4 sungai terpanjang di dunia.

1. Sungai Nil

Berlokasi di Afrika, sungai ini merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil memiliki panjang 6.853 km. Selain di Mesir, sungai ini membentang melalui Kenya, Ethiopia, Uganda, Rwanda, Tanzania, Sudan, Burundi, dan Kongo-Kinshasa. Itu adalah sumber utama irigasi, dan air tawar di dinasti Mesir kuno.

2. Amazon

Amazon yang berlokasi Amerika Selatan adalah sungai yang terpanjang kedua di dunia. Sungai ini mengalir sepanjang 6.437 km, dan menjadi badan air yang penting bagi Kolombia, Peru, dan Ekuador. Sungai Ini juga melewati Brasil, Bolivia, Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis.

3. Yangtze

Sungai yang berada di Cina dan dikenal sebagai sungai Chang Jiang, merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Asia dengan panjang 6.380 km, dan berasal dari gletser Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. Sungai ini berjalan melalui banyak ekosistem di Cina, dan berperan penting bagi negara ini. Sungai ini juga membantu dalam kebangkitan Peradaban Timur Jauh dan memainkan peran penting dalam PDB negara.

4. Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson

Terletak di Amerika Utara, sungai ini menjadi sungai terbesar keempat yang mencakup total 6.275 km. Sungai Mississippi adalah yang terpanjang di Amerika Serikat, sedangkan Sungai Missouri adalah yang terpanjang kedua di negara ini. Dengan adanya sungai Jefferson, maka jika dikelompokan sungai ini menjadi sungai terbesar keempat. Sungai ini dikelompokan karena Sungai Missouri bertemu dengan Sungai mississippi dan kemudian menyatu dengan Sungai Jefferson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro