Mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii
Kuliner

Warteg Kini Hadir di Tokyo! Dubes Ishii: Saya Sangat Suka Masakan Padang

Ni Luh Anggela
Selasa, 13 Juli 2021 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Warteg merupakan salah satu jenis usaha gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.  Warung Tegal atau Warteg bagi masyarakat Indonesia telah menjadi sebutan yang identik untuk warung makan murah di pinggir jalan. Pilihan menunya yang beragam dengan harga yang merakyat membuat warteg menjadi andalan kaum pekerja bahkan mahasiswa untuk mengisi perut.
 
Siapa sangka, warteg kini sudah go international. Salah satu warteg khas Indonesia dapat dinikmati di pusat kota Tokyo, tepatnya di Shinjuku. Warteg “Monggo Moro" ini dikelola oleh Ibu Retno diaspora Indonesia bersama suaminya yang asli Jepang.
 
Belum lama ini, melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (13/7/2021), Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi berkesempatan  mengajak sahabatnya, mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii untuk mencicipi hidangan di warteg  Monggo Moro pada Senin (12/07/2021). Keseruan makan siang Dubes Heri dengan Dubes Ishii di warteg Monggo Moro tersebut dibagikan dalam vlog perdana KBRI Tokyo yang dinamakan 'Subarashii Indonesia', atau dalam Bahasa Indonesia berarti Indonesia Hebat.
 
Dubes Heri mengatakan, pembuatan Vlog Subarashii Indonesia ini bertujuan untuk lebih mempromosikan beragam karya dan cerita kesuksesan Indonesia di Jepang.
 
“Untuk episode perdana, saya sengaja mengajak Dubes Ishii yang memang terkenal suka sekali dengan masakan Indonesia," kata Dubes Heri.
 
Dubes Ishii memang dikenal publik Indonesia gemar mengunggah menu makan siang di Instagram-nya saat menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia. Bahkan, kini setelah selesai menjabat, Instagram pribadi Dubes Ishiii telah memiliki lebih dari 62 ribu followers.
 
“Ketika saya menjabat sebagai Dubes Jepang, saya sering ditanya apa masakan Indonesia favorit saya. Kini rasanya saya bisa sampaikan jawaban yang lebih jelas, saya sangat suka masakan Padang!", ujar Dubes Ishii.
 
Banyak informasi menarik terungkap dalam vlog Subarashii Indonesia yang digagas oleh KBRI Tokyo. Salah satunya, Indonesia ternyata telah berhasil mengekspor beragam produk makanan Indonesia ke Jepang, seperti buah pisang dan nanas serta yang terbaru, durian asal Palu yang didatangkan langsung melalui penerbangan kargo Garuda Indonesia dari Manado ke Narita, Tokyo.
 
“Di tengah situasi pandemi saat ini, KBRI proaktif dalam mencari terobosan baru guna meningkatkan perdagangan Indonesia – Jepang. Salah satunya dengan mendorong penerbangan kargo ke Jepang yang membawa berbagai komoditas pertanian dan perikanan Indonesia,"tegas Dubes Heri Akhmadi.
 
Jepang, merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia. Berdasarkan data Kemendag, nilai perdagangan bilateral Indonesia Jepang bulan Januari hingga Mei 2021 telah mencapai US$11,8 miliar, meningkat 6,91 persen dari tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro