Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Kota Musik Terkenal di Dunia yang Wajib Dikunjungi

Beberapa kota di belahan dunia seolah tidak bisa hidup bila tidak ada musik di dalamnya. Bahkan, kota tersebut banyak melahirkan banyak musisi hebat yang mendunia.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  18:23 WIB
Suasana jalan Thames yang sepi di London, Inggris, Bloomberg - Simon Dawson
Suasana jalan Thames yang sepi di London, Inggris, Bloomberg - Simon Dawson

Bisnis.com, JAKARTA — Setiap kota atau wilayah di suatu negara miliki daya pikatnya sendiri.

Ada yang terkenal dengan kulinernya, destinasi wisata alamnya, pusat perbelanjaan atau bahkan dengan musik.

Beberapa kota di belahan dunia seolah tidak bisa hidup bila tidak ada musik di dalamnya. Bahkan, kota tersebut banyak melahirkan banyak musisi hebat yang mendunia.

Terlepas dari genrenya, musik sudah menjadi magnet tersendiri dari kota-kota tersebut.

Para pencinta musik wajib mengunjungi kota-kota ini sebagai tujuan wisata.

Dilansir dari express, Jumat (9/7/2021) berikut deretan kota musik yang mendunia :

1. Nashville

Terletak di Amerika Serikat, kota ini adalah salah satu pusat musik paling berpengaruh di planet ini. Dikenal sebagai kota musik, Nashville adalah tempat bintang musik country global seperti Johnny Cash dan Dolly Parton. Kesuksesan mereka membuat jejaknya diikuti oleh Taylor Swift yang turut membawanya ke ketenaran pop global.

Band rock Kings of Leon juga memulai debutnya di Nashville. Band tersebut open mic setiap malam hari di Bluebird Cafe. Tempat tersebut begitu terkenal untuk mendengarkan musik. Bahkan, para penulis yang akan datang untuk mencari inspirasi materi baru.

Untuk mencicipi beberapa musik terbaik lainnya di Nashville, kunjungi juga Auditorium Ryman yang dikenal sebagai Mother Church of Country Music.

Kemudian jangan lupa ke Country Music Hall of Fame. Itu merupakan rumah definitif musik Amerika dengan lebih dari 2,5 juta artefak, rekaman, foto, instrumen dan kostum panggung.

Lalu, ada Museum Nasional Musik Afrika Amerika yang sangat dinanti-nantikan di Nashville.

Baru diresmikan pada pada Januari 2021, museum ini sempat ditunda peluncurannya karena pademi.
Ini adalah museum pertama dan satu-satunya yang didedikasikan untuk mempromosikan warisan Musik Afrika Amerika di Amerika.

2. London

Suara musik telah berkumandang dari sudut jalanan di kota ini selama beberapa dekade. Kota ini telah melahirkan beragam musikus jenius yang menjadi magnet bagi pecinta musik di seluruh dunia.

Banyak penggemar musik telah melakukan perjalanan ke St John's Wood untuk mengambil langkah besar melintasi zebra cross ala The Beatles di album Abbey Road mereka.
Atau, berpose di tangga Stables Market di Camden seperti The Clash di sampul album debut mereka.

Bagi para penggemar Britpop, mungkin lebih suka diayunkan di troli belanja di River Way, Greenwich, seperti yang terlihat dalam video Parklife Blur.

Atau, cukup berjalan-jalan di jalanan yang terinspirasi dari lagu-lagu seperti Waterloo Sunset dari The Kinks, Electric Avenue milik Eddy Grant, dan Baker Street karya Gerry Rafferty.

Jika sudah ada di kota London, carilah bekas rumah Jimi Hendrix dan George Frideric Handel di Brook Street. Kemudian melihat plakat biru milik Keith Moon di situs Marquee Club 90 Wardour Street di Soho.

Ziggy atau David Bowie bermain gitar pertamakali pada usia 23 tahun di Heddon Street. Pada sampul The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars karya David Bowie ada plakat di atasnya
nama jalan tersebut.

Sebuah mural spektakuler di Tunstall Road, Brixton, daerah tempat ia dilahirkan, merayakan warisan seniman yang luar biasa.

Di Camden, The Dublin Castle telah melihat Travis, Blur dan Arctic Monkeys melewati pintunya. Panggung musik KOKO telah menjadi tuan rumah Madonna, Prince dan Coldplay, dan Dingwalls menggelar The Clash, Sex Pistols dan Amy Winehouse.

Kota itu juga memiliki area yang menyaksikan kebobrokan para musisi terbentuk hingga terkenal, yaitu di East End London.

Mantan stasiun radio bajak laut Rinse FM, salah satu yang pertama menyuarakan artis seperti Dizzee Rascal, Skepta dan Wiley.

Kemudian, jangan lupa ke di The Old Truman Brewery di Brick Lane, di dekat bangunan itu ada toko kaset paling terkenal di London, Rough Trade East.

Untuk mendengar beberapa lagu lawas teratas, coba pergi Oslo di Hackney dan Fabric di Farringdon.

3. Seattle

Pada 1990-an, Nirvana dan Pearl Jam menguasai gelombang musik dunia.
Band tersebut menggembar-gemborkan Seattle sebagai rumah grunge yang tak terbantahkan.

Penggemar setia bisa mengunjungi peringatan Kurt Cobain tidak resmi di Viretta Park, di mana terdapat surat cinta dan lirik ditulis di dua bangku taman dekat bekas rumahnya.

Serta museum MoPOP yang memiliki pameran permanen yang didedikasikan untuk Nirvana.

Sebelum aliran grunge datang, ada Jimi Hendrix yang lahir dan besar di kota itu. Kemudian, Jimi Hendrix Park dibuka pada tahun 2017 dan didedikasikan untuk dewa gitar tersebut. Terdapat tugu peringatan, pahatan, dan lirik yang terukir di jalan setapak bermata ungu.

Hari-hari ini orang-orang seperti Fleet Foxes dan Death Cab for Cutie terhubung ke kota berkat label rekaman Sub Pop.

Tempat-tempat seperti The Crocodile, tempat Nirvana pernah tampil, dan The Showbox menawarkan hiburan malam yang luar biasa. Festival Bumbershoot dan ZooTunes di Seattle memamerkan panggung musik kota yang kini beragam.

4. Seoul

Tidak ada kota lain yang menganggap musik pop lembutnya seserius ibu kota Korea Selatan. Seoul menganggap serius musik pop yang lembut.

Daya tarik para idol yang manis, koreografi apik, dan kostum K-pop berwarna permen karet adalah bagian utama dari Korean Wave atau Hallyu.

Musik K-Pop menyebarkan budaya populernya ke seluruh dunia. Sekarang musik menjadi industri penghasil multi-miliar dolar dan ekspor terbesar Korea Selatan.

Nama-nama terkenal seperti BTS, BlackPink, Super Junior, EXO dan SuperM sudah tidak asing lagi.

Kemudian ada Psy dengan tembang Gangnam Style yang pada 2012 menjadi lagu hit nomor 1 di 27 negara.
Lagu Gangnam Style tetap menjadi salah satu video pop yang paling banyak dilihat di YouTube.

5. Detroit

Kota ini adalah rumah bagi empat pabrik mobil di AS. Detroit dijuluki kota Motor dan suara khas musiknya dikenal sebagai Motown.

Berry Gordy Jr mendirikan Motown Records, meluncurkan karir Stevie Wonder, The Jackson 5, The Temptations, The Supremes dan banyak lagi.

Penggemar musik dapat melihat bagaimana soul dan ritme dan blues Afrika-Amerika menyeberang ke budaya populer di The Motown Museum

di Detroit, bekas studio rekaman Motown yang dikenal sebagai Hitsville USA. Rapper Eminem adalah salah satu putra Detroit yang terkenal. Bekas rumahnya, 19946 Dresden Street, tampil di sampul album tahun 2000-nya Marshall Mathers LP dan Marshall Mathers LP 2 di 2013.

Dalam video untuk single Survival, dia berjalan melewati rumah berpagar. Tempat ikonik Detroit itu adalah The Masonic, kini tetap menjadi favorit di antara para musisi hebat.

6. Wina

Banyak komposer terkenal telah tinggal di sini daripada kota lain mana pun di dunia. Mozart, Beethoven, Haydn, Schubert, Mahler dan Brahms belajar dan menggubah musik di sini.

Anda dapat mengunjungi kediaman Mozart di Wina yang masih berdiri sampai sekarang. Meskipun mungkin terkenal dengan waltz-nya, kredensial musik Wina membentang jauh melampaui dunia klasik.

Ini adalah tempat peleburan untuk banyak genre, dengan jazz dan elektro yang berdenyut. Kota ini menawarkan 120 tempat musik dan teater, dan menyediakan ruang untuk 15.000 pertunjukan per tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota musik
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top