Seorang personel Angkatan Pertahanan Australia membantu pengujian Covid-19 di Melbourne, Australia, pada 29 Juni 2020. /Bloomberg-Darrian Traynor
Travel

5 Negara yang Memberlakukan Pembatasan Gara-gara Virus Corona Varian Delta

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 Juli 2021 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dengan penyebaran cepat varian B.1.617.2 COVID-19, yang juga dikenal sebagai varian Delta, banyak negara kini memberlakukan pembatasan baru, dan mengubah opsi lockdown.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengungkapkan bahwa varian yang pertama kali diidentifikasi di India itu dilaporkan telah menyebar ke setidaknya 98 negara.

Berikut daftar negara yang telah mengumumkan pembatasan baru untuk menahan penyebaran virus seperti dilansir dari Times of India:

1. Australia

Cara Australia menangani virus corona, sebagian besar dipandang sebagai kisah sukses selama pandemi. Namun,mereka  telah mengumumkan lockdown di beberapa daerah ketika varian Delta mulai menyebar.

Perdana Menteri Australia menyatakan bahwa varian Delta terbukti menjadi elemen yang jauh lebih sulit dari virus ini daripada yang kita lihat hingga saat ini. Sesuai laporan, penguncian dua minggu di seluruh Greater Sydney telah diumumkan, termasuk Blue Mountains, Central Coast, dan Wollongong. Selanjutnya, perintah tinggal di rumah juga akan tetap berlaku pada 9 Juli.

2. Israel

Israel juga telah menerapkan kembali kewajiban pakai masker dalam ruangan dan langkah-langkah lain di tengah peningkatan kasus COVID-19, yang dikaitkan dengan varian Delta. Nachman Ash, Kepala gugus tugas tanggap pandemi Israel, mengatakan bahwa tindakan tersebut telah diberlakukan kembali setelah Israel melaporkan lebih dari 100 kasus COVID setiap hari selama empat hari berturut-turut.

3. Taiwan

Taiwan juga mencatat kasus meluas yang diakibatkan varian Delta, dan telah memberlakukan pembatasan perjalanan baru ke dan dari negara-negara tertentu, seperti Rusia, Inggris, dan Israel.

Pemerintah menyatakan akan memperketat kontrol perbatasan untuk mencegah varian Delta, sedangkan kedatangan dari lima negara akan diminta ditempatkan di fasilitas karantina terpusat. Selain itu, Taiwan akan memperketat tindakan pemantauan kesehatan bagi mereka yang memasuki Taiwan melalui bandara/pelabuhan mulai 2 Juli.

4. Indonesia

Indonesia juga telah mengumumkan pembatasan atau PPKM darurat di Jawa serta Bali karena lonjakan kasus COVID yang mengkhawatirkan. Sesuai laporan, Indonesia juga baru-baru ini mencatat dua juta kasus COVID, yang dikaitkan dengan peningkatan perjalanan liburan dan varian Delta. Peningkatan kasus mendorong pemerintah untuk mengumumkan pengetatan pembatasan di zona berisiko tinggi selama dua minggu.

5. Portugal

Mengacu pada peningkatan kasus COVID, Menteri Kabinet Portugal Mariana Vieira da Silva menyatakan memberlakukan pembatasan baru di wilayah Lisbon dan dua wilayah lainnya akibat meningkatnya kasus COVID. Sesuai laporan, Portugal telah mengalami lonjakan infeksi COVID setelah negara yang bergantung pada pariwisata itu dibuka untuk pengunjung dari Uni Eropa dan Inggris pada pertengahan Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro