Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Lokasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Dieng

Dataran Tinggi Dieng memiliki objek wisata yang indah dan juga suhu sejuk, bahkan sering juga mencapai minus.
Anissa Putri
Anissa Putri - Bisnis.com 07 Juli 2021  |  15:00 WIB
Pemandangan Gunung Prau dari Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. - Anissa Putri
Pemandangan Gunung Prau dari Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. - Anissa Putri

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena alam sering kali ditemukan pada musim kemarau. Saat suhu udara mencapai titik terendahnya, di beberapa lokasi kawasan yang berada di ketinggian cukup tinggi seringkali ditemukan oleh para wisatawan.

Salah satu tempat wisata dataran tinggi tersebut berada di Dieng. Di Dataran Tinggi Dieng sering ditemukan kristal es yang menempel pada permukaan tanah pada saat pagi hari saat mengalami suhu terendah.

Dataran Tinggi Dieng memiliki kecantikan alam yang sangat indah dan sempurna, serta suhu sejuk. Kawasan wisata yang berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah bisa dibilang sebagai destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Banyak pula wisatawan mancanegara yang datang karena tertarik dengan keindahan seperti berada di Negeri Kahyangan.

Bisnis.com telah merangkum beberapa destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng yang wajib dikunjungi :

1. Kompleks Candi Arjuna

Dataran Tinggi Dieng memiliki kawasan candi yang terkenal dan sangat luas. Dari sekian banyak candi yang ada Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas dan terkenal.

Kompleks Candi Arjuna terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Dengan luas sekitar 1 Hektar, di dalam kompleks tersebut terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

candi arjuna dieng

Lokasi Candi Arjuna di Dieng memiliki suhu minus 1 derajat celcius./Antara

2. Telaga Warna

Berlokasi di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Telaga Warna merupakan salah satu ikon dan merupakan destinasi wisata andalan Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, keindahan bentang alam di telaga warna ini sangat menarik perhatian para wisatawan. Telaga Warna juga dikelilingi oleh beberapa tempat keramat seperti Goa Pengantin, Batu Tulis, Goa Jaran, dan Goa Sumur.

Telaga Warna memiliki keunikan tersendiri, yaitu warna pada permukaan air telaga bisa berubah setiap waktu yang dipengaruhi oleh cuaca, sudut pandang, serta jarak pandang. Permukaan air Telaga Warna seringkali terlihat berwarna hijau, biru laut, putih kekuningan, dan berwarna-warni seperti pelangi. Tingginya kandungan sulfur di dasar telaga menjadi faktor utama warna telaga tersebut mengalami perubahan. 

3. Kawah Sikidang

Terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Kawah Sikidang menyuguhkan pemandangan aktivitas vulkanik yang menyatu dengan keindahan hamparan bukit hijau serta tanah kapur di sekitarnya.

Keunikan kawah ini adalah fenomena kolam kawahnya yang bisa berpindah atau melompat dalam satu kawasan yang luas. Perpindahan ini terjadi pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun.

Kawah Sikidang memiliki kandungan sulfur atau belerang, serta zat beracun lainnya. Sangat disarankan untuk mengenakan masker saat berkunjung ke Kawah Sikidang agar tidak terjadi keracunan gas. Wisatawan juga dilarang untuk menerobos pagar di sekitar kawah demi menjaga keamanan para pengunjung kawah tersebut.

4. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir Dieng terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Bukit yang terletak di ketinggian 2.200 mdpl ini menjadi salah satu wisata favorit para wisatawan dikarenakan merupakan spot melihat matahari terbit atau sunrise dengan warna sinar matahari yang kekuningan.

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dapat merasakan pemandangan sunrise dengan menapaki anak tangga ditemani udara dingin khas Dieng.

Saat sudah mencapai puncak bukit, pengunjung juga bisa melihat pemandangan delapan gunung, diantaranya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, dan Gunung Merapi.

bukit sikunir dieng

Bukit Sikunir Dieng./Pegipegi

5. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan salah satu tujuan wisata utama di kawasan wisata Dieng yang terletak di empat wilayah administratif, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal. Gunung Prau merupakan gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.590 mdpl.

Dari ketinggian Gunung Prau ini dapat terlihat bentang alam yang memukau saat cuaca sedang cerah. Pada malam hari juga terlihat lukisan langit yang bertabur bintang (Milky Way).

Selain itu, pengunjung dapat melihat pemandangan lima gunung secara langsung dari arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Sedangkan jika melihat ke arah barat, akan terlihat Gunung Slamet.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa tengah dieng Suhu udara
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top